Mau Beli Motor Bebek? Perhatikan Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan motor bebek yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli

Membeli Motor Bebek – Di tengah ramainya motor matic (skutik) yang sedang ngetrend dan digemari masyarakat, tentu motor bebek masih menjadi kendaraan pilihan bagi sebagian orang.

Kendaraan bermotor yang sempat mendominasi pasar otomotif nasional di awal tahun 2000-an tersebut, tampaknya masih meninggalkan kesan menarik bagi beberapa kalangan.

Hanya saja, di tengah kecanggihan dan efektivitas dalam berkendara, tentu persaingan motor bebek masih berada di bawah motor matic.

Meskipun demikian, tak bisa dipungkiri bilamana saat ini masih ada beberapa peminat motor bebek. Baik motor bebek baru maupun motor bebek second atau bekas.

Membeli Motor Bebek

Kondisi tersebut tentunya membuat beberapa perusahaan kendaraan bermotor sampai detik ini tetap masih mengeluarkan motor bebek sebagai pilihan alternatif.

Di samping harganya yang relatif lebih murah, tentu ada beberapa kelebihan lain yang turut menjadi perhitungan.

Jika Anda punya minat untuk membeli motor bebek, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan motor bebek yang bisa Anda jadikan pertimbangan mendalam sekaligus untuk membandingkan dengan skutik.

Kelebihan Motor Bebek

Sempat mendominasi di eranya, tentu saja ada beberapa keunggulan khusus yang dimiliki motor bebek. Di antaranya adalah sebagaimana yang akan dijelaskan di bawah ini.

Kelebihan Motor Bebek

Tarikan Lebih Ngegas

Salah satu yang turut jadi pertimbangan dalam membeli motor bebek adalah soal tarikan atau akselerasinya yang dirasa lebih bertenaga.

Bukan tanpa alasan mengingat Motor bebek sendiri memang saat diproduksi sudah dibekali dengan fitur kopling.

Yang mana, sudah baran tentu fitur ini menjadikan akselerasi sepeda motor bebek lebih halus dan cepat bila dibandingkan dengan motor matic.

Sistem akselerasi ini menjadikan motor bebek lebih responsif dalam menyesuaikan kecepatan dengan putaran mesin pada masing-masing gigi.

Dengan akselerasi yang bertenaga, tentu saja akan sangat menguntungkan bagi para pengguna yang membutuhkan efisiensi waktu saat berkendara, motor bebek juga lebih cocok untuk jalanan curam, seperti di pegunungan.

Sehingga, dengan berbagai kelebihannya itu, Anda bisa mempertimbangkannya.

Konsumsi Bahan Bakar Lebih Hemat

Tak bisa dipungkiri bahwa motor bebek memang dikenal sebagai kendaraan bermotor yang mana memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang rendah.

Dimana, motor ini memiliki mekanisme pengoperasian mesin kecepatan yang mana dilakukan oleh fitur akselerasi gigi dan kopling.

Dengan mekanisme tersebut maka sudah barang tentu proses pembakaran mesin pada motor bebek menjadi lebih efisien.

Sistem operasi mesin ini tentu saja sangat berbeda sekali dengan motor matik yang menggunakan putaran gas lebih banyak dan menghasilkan pembakaran yang tidak efisien.

Maka dari itu, tak heran jika konsumsi bensin pada motor bebek dinilai lebih hemat. Bahkan, ruang pembakarannya pun dikenal sangat awet dan tahan lama.

Suku Cadang Mudah Didapat

Tak sampai di situ saja, pertimbangkan mendasar lain yang perlu Anda perhatikan dalam membeli motor bebek adalah soal suku cadangnya yang tentu lebih mudah didapat.

Bukan tanpa sebab mengingat jika dikomparasikan dengan skutik, motor bebek lebih menyerupai bongkar pasang. Sehingga satu suku cadang bisa dipakai di motor yang berbeda asalkan memiliki bentuk dan nuansa yang serupa.

Rangkaian seperti ini jelas akan banyak berpengaruh pada proses service maupun penggantian part-part suku cadang secara lebih mudah dan tidak rumit.

Bahkan, harga dari setiap suku cadang motor bebek pun relatif lebih terjangkau dibandingkan genuine part moto matic.

Tentu saja, kelebihan motor bebek yang satu ini memang layak dipertimbangkan secara mendalam sebagai pilihan kendaraan altrnatif.

Harga Lebih Terjangkau

Di pasaran, tentu bukan hal yang aneh lagi bilamana harga motor bebek jauh lebih murah ketimbang motor matic.

Wajar, dominasi pasaran motor bebek yang tak setinggi motor matic, tentu memicu penurunan harga jualnya.

Bahkan, untuk harga motor bebek bekas pun juga relatif lebih stabil dibandingkan skutik. Sehingga, soal harga motor bebek yang sedemikian murah pun dalam hal ini bisa jadi pertimbangan bagi Anda.

Kekurangan Motor Bebek

Di samping memiliki daya unggul, tentu ada aspek lain yang perlu dipertimbangkan. Seperti beberapa kekurangan atau kelemahannya.

Kekurangan Motor Bebek

Kurang Efisien

Dalam aspek pengendaraan, tentu saja motor matic lebih mudah dikendarai dibandingkan motor bebek.

Karena, dalam proses pengendaraannya, motor bebek harus memainkan persneling atau mengganti gigi saat berkendara.

Selain itu, dibanding motor matic, bentuk rangka motor bebek pun juga dinilai kurang efisien jika digunakan untuk membawa barang. Karena, tidak ada pihakan kaki sebagaimana motor matic.

Maka, bagi sebagian orang, agaknya motor bebek akan lebih mudah membuat berkendara lebih terasa capek jika dibandikan dengan motor matic.

Apalagi, jika kondisi jalanan sedang macet. Tentu akan melelahkan bagi pengemudinya karena harus memainkan persneling saat akan melajukan motor.

Kondisi seperti ini tentu akan jadi pertimbangan mendalam, khususnya bagi orang yang suka berkendara praktis.

Bagasi Kurang Luas

Dengan rangka paten motor bebek, tentu saja akan membuat ruang bagasi menjadi kurang leluasa. Sehingga, tak banyak barang bawaan yang bisa masuk ke dalam bagasi.

Belum lagi ketika akan membawa dua mantol, biasanya bagasi motor bebek hanya cukup untuk satu mantol saja. Itupun sangat ngepres sekali.

Maka dari itu, dari segi efisiensi membawa barang bawaan, agaknya motor bebek dirasa kurang efektif.

Kaki Sering Lelah

Karena, harus mengendalikan persneling maka berkendara menggunakan motor bebek tentu saja akan membuat pengemudi lebih cepat merasa lelah. Terutama di bagian kaki.

Oleh karenanya, dari segi kemudahan dalam berkendara, tampaknya motor bebek kalah fungsi dengan motor matic yang hanya tinggal tarik gas saja.

Sistem berkendara dengan persneling yang mengharuskan kaki bermain pada motor bebek seperti ini, bagi beberapa orang tentu akan sedikit merepotkan.

Hanya saja, jika sudah terbiasa dengan motor bebek, sudah pasti tak akan mudah merasa lelah pada bagian kaki.

Kalah Pasar dengan Skutik

Melihat dari segi pasaran, agaknya motor bebek masih berada jauh di bawah motor matic. Mengingat, minat pasar kini masih cenderung pada motor matic yang lebih praktis.

Nah, kondisi kalah dominasi pasar seperti ini tentu membuat pabrikan lebih cenderung untuk mengembangkan motor matic daripada motor bebek.

Sehingga, model motor bebek yang dijual pun hanya seperti itu saja. Tidak ada pengembangan lebih jauh seperti motor matic.

Harga Motor Bebek

Nah, dari sekian poin mengenai keunggulan dan kelemahan motor bebek yang diuraikan di atas, teman-teman yang berminat membeli motor yang sempat ngetren di era tahun 2000-an tersebut tentunya bisa mempertimbangkan beberapa aspek.

Dimana, secara keseluruhan, motor bebek memang jauh lebih irit. Namun, dari segi efisiensi, tentu motor matic lebih praktis dibandingkan motor bebek.

Dengan berbagai aspek atau poin pertimbangan kelebihan dan kekurangan motor bebek tersebut, setidaknya teman-teman akan lebih mudah dalam memperhitungkan sebelum membeli motor bebek.

Bagan