Mau Tahu Cara Merawat Motor RX King? Simak Tipsnya

Cara tepat merawat motor RX King dengan langkah sederhana agar performa gahar

Merawat Motor RX King – Siapa yang tak kenal dengan RX King? Yapz, motor legendaris yang sempat ngetrend di masanya tersebut, sampai detik ini masih banyak digemari konsumen.

Bagaimana tidak? Terbukti pasaran motor 2 tak buatan Yamaha di segmen motor bekas ini masih terbilang tinggi.

Wajar saja, tak bisa dipungkiri mengingat motor dengan oli samping ini selalu memanjakan para penggemarnya dengan akselerasinya yang sangat agresif dan galak.

Itu yang membuat motor gagah ini sampai saat ini masih bertahan di tengah ketatnya persaingan skutik yang mendominasi pasar kendaraan roda dua di Indonesia.

Cara Merawat Motor Rx King

Jika Anda ingin atau baru saja membeli motor RX King, tentu saja harus pandai-pandai dalam merawatnya. Apalagi, dengan usia motor yang sudah menginjak usia tua.

Tentu, membutuhkan perawatan ekstra dengan langkah yang sedikit berbeda dari motor 4 tak yang kini beredar di pasaran.

Nah, buat Anda yang ingin tahu bagaimana tipsnya, berikut Mas Sena akan menguraikan bagaimana cara merawat motor RX King yang tepat agar performanya tetap gahar dan awet sepanjang masa.

Perawatan Motor RX King

Adapun untuk langkah perawatan dari motor legendarsi RX King memiliki perbedaan dengan motor 4 tak atau motor matic. Untuk itu, Anda perlu memahami apa saja langkah yang tepat untuk menjaga agar performa motor buatan Yamaha ini tetap prima di tengah dominasi pasar skutik.

Merawat Motor 2 Tak RX King

Cek Selalu Oli Samping Motor

Sebagai kendaraan dengan mekanisme mesin 2 tak, tentu saja Yamaha RX King ini memiliki ketergantungan akan keberadaan dari oli samping motor.

Dimana, oli samping tersebut dibutuhkan guna menunjang proses pelumasan dalam proses pembakaran mesin.

Jika telat ganti oli samping atau kehabisan maka akan membuat piston pun menjadi kering. Kondisi minus oli samping sudah jelas akan membawa masalah pada motor 2 tak buatan Yamaha ini.

Dimana, nantinya seher akan terkena dampaknya yang kemudian akan merembet pada bagian stang seher dan juga pada bagian laker bandul.

Bahkan, lebih parahnya jika telat ganti oli samping maka akan sangat berpotensi sekali harus turun mesin.

Biasanya, indikasi kekurangan oli samping justru terletak pada gas pembuangan. Yang mana, seharusnya mengeluarkan asap namun karena telat ganti oli maka saat digas, motor tak mengeluarkan asap sama sekali dan itu menunjukkan adanya masalah pada sistem pembakaran mesin.

Dengan demikian, Anda harus selalu rajin untuk mengecek dan mengisi oli samping guna mencegah terjadinya masalah pada mesin 2 tak.

Pastikan Spare Part Masih Layak Pakai

Di satu sisi, perlu untuk Anda pahami bahwa RX King terkenal dengan ketangguhan dan keawetan dari sisi spare part.

Meski demikian, tentu saja ada masa pakai dari tiap-tiap komponen spare part yang dimiliki motor legendaris garapan Yamaha ini.

Maka, akan sangat disarankan sekali bagi Anda untuk selalu melakukan pemeriksaan atau pengecekan rutin pada setiap komponen atau spare part pada motor Yamaha RX King ini.

Khususnya, bagi Anda yang memiliki intensitas pengendaraan yang tinggi, Anda perlu mengecek beberapa bagian. Di antaranya seperti kampas kopling, laker bandul, dan oli mesin.

Pengecekan seperti ini tentunya diharapkan agar nantinya performa motor selalu terjaga dan awet. Sehingga, akan membuatnya tahan lama dan tidak mudah bermasalah.

Sebab, sekali saja mengalami kendala namun tidak segera diperbaiki, RX King akan mudah sekali rusak. Bahkan, parahnya harus turun mesin.

Perawatan Motor Yamaha Rx King

Hindari Membebani Mesin

Kemudian, untuk menjaga agar motor RX King Anda awet maka sebaiknya untuk mencegah atau menghindari motor terbebani.

Maksudnya, jangan terlalu sering memainkan gas atau menggunakan knalpot potongan. Misalnya untuk pawai.

Karena, hal tersebut akan membuat seher cepat tergerus mengingat pengapian akan menjadi lebih besar. Sehingga, akan memicu mesin menjadi cepat panas dan kering.

Oleh sebab itu, meski RX King memiliki daya tahan dan akselerasi yang galak, sebaiknya Anda selalu menjaganya agar terhindar dari kerusakan, terutama di sektor pengapian yang sangat rentan sekali jika sering memainkan gas.

Selain itu, ada kalanya Anda untuk tidak sering membawa beban berat menggunakan motor RX King.

Sebab, meskipun kuat namun mesin akan terbebani oleh beban berat yang membuatnya menjadi lebih cepat panas. Bahkan, bisa menjadi boros bahan bakar.

Istirahatkan Motor Selama 24 Jam

Tak sampai di situ saja, khusus bagi Anda yang memiliki intensitas penggunaan tinggi pada motor RX King ini, misalnya untuk touring ke luar kota. Sangat disarankan agar Anda mengistirahatkan motor selama 24 jam.

Hal ini tentu saja untuk menjaga agar kondisi mesin tetap terjaga kualitasnya. Mengingat, dengan intensitas mesin yang selalu bekerja maka seringkali membuat mesin panas.

Setidaknya, dengan mengistirahatkan motor selama 24 jam maka akan membuat suhu motor menjadi dingin.

Kendati demikian, tidak disarankan selama 12 jam penuh menghidupkan motor. Contohnya saja saat touring jarak jauh.

Disarankan saat touring, istirahatkan paling tidak setengah jam untuk mengembalikan suhu mesin agar lebih stabil dan tidak mudah mengalami overheat.

Hindari Bahan Bakar Limit

Maksudnya, saat bahan bakar motor RX King habis, sebisa mungkin untuk segera mengisinya dengan bahan bakar.

Jangan sampai motor Anda kehabisan bahan bakar yang tentunya akan membuat sistem pengapian menjadi terganggu.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda agar jangan telat mengisi bahan bakar sebagaimana jangan sampai telat dalam mengisi oli samping.

Karena, kedua-duanya sangat penting sekali dari segi atau aspek proses permesinan pada motor Yamah RX King.

Service Rutin ke Bengkel Resmi Yamaha

Meski saat ini banyak produk motor Yamaha skutik dan 4 tak namun bengkel resminya tetap menerima dan bisa melakukan service untuk motor RX King.

Oleh sebab itu, jangan malas untuk selalu melakukan service rutin agar kondisi motor tetap terjaga dan awet sepanjang masa.

Langkah ini juga perlu dilakukan juga untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan parah yang terjadi.

Sebab, saat service dilakukan, otomatis mekanik akan melakukan pengecekan mendalam dari tiap bagian di dalam motor. Jika ada masalah maka nantinya akan ada pemberitahuan dari pihak mekanik.

So, pastikan selalu untuk menjaga motor legendaris garapan Yamaha ini dengan rutin melakukan service.

Motor Rx King

Dari berbagai langkah perawatan di atas, tampaknya aspek pengecekan oli samping adalah hal yang paling penting untuk Anda perhatikan.

Bukan tanpa alasan mengingat bagian ini sangat identik dan memiliki pengaruh paling besar terhadap kinerja mesin motor sekaligus keawetannya.

Jika saja telat ganti oli samping maka siap-siap motor RX King Anda harus ganti beberapa spare part dan turun mesin.

Nah, itulah tadi kawan beberapa tips terkait cara merawat motor RX King yang tepat untuk menjaga performanya agar tetap agresif dan awet tahan lama. Semoga bisa menjadi tips yang bermanfaat bagi teman-teman semua.

Bagan