Biar Tampil Menarik, Ini Langkah Merawat Eksterior Mobil yang Mudah dan Simple

Merawat sisi eksterior pada mobil tentunya menjadi pilihan terbaik untuk menjamin penampilannya. Anda pun bisa melakukannya dengan cara mudah dan sederhana

Merawat Eksterior Mobil – Dalam prosesnya, tentu pemeliharaan mobil menjadi sebuah aspek yang wajib diketahui sekaligus dipraktekkan oleh setiap pemiliknya.

Hal itu tentunya tak bisa dilepaskan dari potensi penampilan mobil yang akan menurun seiring bertambahnya usia dan penggunaan mobil itu sendiri.

Maka dari itu, diperlukan treatmen yang sudah barang tentu penting untuk dilakukan sebagai upaya dalam menjaga atau merawat sisi eksterior pada mobil Anda.

Yang menarik, selain membawa mobil ke salon khusus mobil, sebenarnya Anda pun bisa merawat eksterior mobil secara mandiri yang tentunya dengan langkah mudah dan sangat sederhana.

Merawat Eksterior Mobil

Sudah pasti, jika cara ini dilakukan maka Anda akan lebih bisa berhemat biaya karena tak perlu sering-sering membawanya ke salon mobil.

Lalu, apa saja sih cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tampilan atau sisi eksterior pada mobil itu?

Supaya Anda lebih jelas dan memahami, berikut ini Mas Sena akan berbagi tips mengenai bagaimana cara untuk merawat eksterior mobil dengan langkah tepat dan sederhana.

Perawatan Eksterior pada Mobil

Sebagaimana diketahui bahwa merawat bagian terluar dari mobil bukan hal yang sulit. Anda bisa melakukannya secara mandiri dengan beberapa langkah mudah dan sederhana tanpa membutuhkan biaya yang mahal. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan selengkapnya yang bisa Anda pelajari dan praktekkan.

Perawatan Eksterior Mobil

Hindari Memarkir Mobil di Luar tanpa Atap

Cara perawatan eksterior mobil yang perlu Anda lakukan adalah selalu memastikan bahwa mobil terparkir di dalam suatu ruangan atau garasi.

Usahakan memilih lokasi parkir di gedung atau bawah pohon. Jika sulit menemukan, tidak ada salahnya untuk menutup dengan cover mobil yang bagus.Namun, jangan terlalu sering karena akan membuat mobil lembab.

Hal ini tentu sebagai upaya dalam mencegah terik matahari agar tidak merusak cat mobil. Memang terkesan sepele namun bila permukaan mobil terlalu sering dan terus menerus terkena cahaya matahari maka akan membuat catnya pun mudah mengelupas.

Selain itu, perlu untuk diketahui juga bahwa Anda harus mengusahakan mobil tidak terlalu lama terkena air hujan.

Jikalau terpaksa parkir di luar saat hujan maka nantinya ketika hujan reda, sangat disarankan untuk membilas mobil dengan air bersih.

Kenapa hal ini perlu dilakukan? Tentu saja, air hujan yang menempel pada mobil, terutama pada bagian cat akan lebih memicu terjadinya masalah berupa jamur.

Bahkan, jika sudah terlampau parah, beberapa komponen pun juga akan terkena air hujan yang berdampak pada timbulnya proses korosi atau karatan.

Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali untuk selalu menjaga mobil agar selalu parkir di tempat teduh. Minimal di bawah pohon yang cukup kuat dan rindang untuk meminimalisir hal-hal tersebut.

Rutin Membilas dan Mencuci Mobil

Selain itu, hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga bagian eksterior pada mobil adalah dengan secara rutin dan rajin untuk mencuci mobil.

Bukan tanpa alasan, aktivitas yang mudah ini memang menjadi sebuah langkah sederhana dan mudah untuk menjaga agar permukaan eksterior mobil tetap tampak bersih.

Apalagi, di saat musim hujan yang sudah barang tentu mobil akan lebih sering terkena air hujan yang bila dibiarkan akan mempermudah proses korosi atau karatan maupun memicu timbulnya jamur.

Untuk itu, Anda harus sering-sering mencuci mobil. Paling tidak seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Namun, di saat musim hujan, Anda cukup membilasnya dengan air bersih untuk menghilangkan bekas air hujan yang menempel di bagian permukaan eksterior mobil itu sendiri.

Perlu untuk Anda ketahui pula bahwa saat mencuci mobil, hendaknya menggunakan sabun khusus pencuci mobil dan dikeringkan dengan kain kanebo.

Hindari untuk membiarkan mobil agar kering sendiri. Karena, justru air bilasan tersebut bisa memicu timbulnya jamur dan flek atau plak yang tentunya akan mengurangi daya tarik daripada penampilannya.

Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa pada beberapa bagian di sektor mobil, seperti bagian bawah dan sela-selanya ikut terbilas supaya tidak ada sisa-sisa kotoran yang menempel pada mobil.

Dengan mencuci sendiri secara efektif seperti ini, tentu saja akan banyak menghemat pengeluaran karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk mencuci mobil di tempat khusus pencucian mobil.

Merawat Bodi Mobil

Rutin Mengelap Mobil dengan Bahan Khusus

Di sisi lain, dalam proses perawatan efektif eksterior mobil, Anda juga perlu sekali untuk sesekali mengelap mobil dengan menggunakan cairan khusus atau wax.

Hal ini sudah barang tentu sebagai salah satu upaya guna menjaga sekaligus melindungi permukaan mobil dari efek radiasi lingkungan luar. Seperti sinar matahari yang mengandung UV serta air hujan yang asam.

Tentu saja, tak ada salahnya jika Anda sesekali, paling tidak sebulan atau dua minggu sekali untuk mengelap mobil. Tentunya dengan menggunakan kain lembut dan bersih agar tidak menimbulkan gesekan saat Anda mengusapnya.

Wax di sini juga berperan untuk mengkilapkan cat mobil sehingga akan jauh lebih tampak seperti baru. So, tak ada salahnya jika Anda sesekali dalam satu bulan.

Bahkan, pada bagian kaca mobil pun bisa Anda bersihkan dengan wax sehingga akan membuat kaca terlihat lebih bersih. Dengan begitu, pandangan saat menyetir mobil pun tak akan terganggu.

Jangan Lupa Bersihkan Velg Mobil

Selain itu, hal yang perlu untuk Anda lakukan adalah jangan lupa untuk membersihkan bagian velg mobil.

Sebab, velg mobil juga termasuk dari sisi eksterior pada mobil yang sudah barang tentu memerlukan perhatian sekaligus perawatan.

Apalagi, velg juga sangat rentan terhadap kotoran mengingat selalu berdekatan dengan medan jalan. Sehingga, akan banyak kotoran yang menempel.

Cara membersihkan velg sebagai bagian dari merawat eksterior mobil pun juga tak berbeda jauh saat Anda membersihkan bagian eksterior mobil.

Hanya saja, yang perlu Anda lakukan dalam merawata velg adalah dengan memastikan selalu tidak ada kotoran, seperti pasir atau bekas lumpur yang menempel. Terutama di dekat area sela ban mobil.

Bukan tanpa alasan mengingat kotoran berupa partikel kecil tersebut sangat berpotensi sekali masuk ke ban melalui sela-sela yang berongga tersebut sehingga akan memicu ban mobil cepat bocor atau kempes.

Cara Merawat Eksterior Mobil

Oke kawan, apakah sudah memahami beberapa cara mudah perawatan eksterior pada mobil di atas? Tentu saja, semua langkah itu bisa dengan mudah Anda terapkan sendiri di rumah.

Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa sesekali paling tidak dua bulan sekali dengan perawatan eksterior secara intensif, Anda juga perlu membawanya ke salon mobil untuk mendapatkan treatment yang lebih eksklusif.

Tak lain tujuannya tentu sebagai langkah efektif guna menjamin mutu maupun kualitas eksterior mobil itu sendiri.

Yapz, tampaknya sampai di sini dulu ya kawan. Semoga, informasi mengenai langkah teknis merawat eksterior mobil di atas bisa menjadi sumber inspirasi yang berguna buat teman-teman semua.

Bagan