Merawat Motor Matic yang Jarang Dipakai

Tips jitu merawat motor matic yang lama tidak digunakan agar tetap dalam kondisi prima

Merawat Motor Matic Jarang Dipakai – Untuk Anda yang memiliki motor matic namun jarang digunakan, tak menutup kemungkinan justru akan berpotensi adanya masalah pada motor Anda.

Kondisi tersebut tentu tak bisa dilepaskan dari beberapa komponen pada motor matic yang memiliki kemungkinan mengalami kerusakan akibat mesin yang jarang dihidupkan.

Terutama sistem kelistrikan pada motor matic. Dimana, sistem daya pada aki akan mengalami penurunan kapasitas tegangan.

Sebab, saat mesin motor dihidupkan, tentunya daya pada aki akan ikut berputar dan melakukan pengisian melalui gerak kinetik pada sistem permesinan motor.

Cara Merawat Motor Matic Yang Jarang Dipakai

Maka, bila motor jarang digunakan, sudah barang tentu akan banyak memberikan masalah pada sistem aki atau kelistrikan motor.

Oleh karena hal tersebut, Anda harus tetap menjaga dengan melakukan perawatan rutin yang tepat agar motor tersebut dalam kondisi yang prima.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana caranya, simak saja ulasan dari Mas Sena berikut yang akan mengulas tips merawat motor matic yang sudah jarang dipakai atau digunakan supaya performanya tetap stabil.

Cara Merawat Motor Matic yang Jarang Digunakan

Dalam penerapannya sendiri, ada langkah-langkah tertentu yang perlu Anda terapkan sebagai upaya dalam menjaga agar motor matic bisa terawat sempurna meskipun sudah lama tidak digunakan. Nah, untuk lebih jelas dan lengkapnya, simak langkah-langkah perawatan sederhana berikut ini.

Perawatan Motor Matic Jarang Digunakan

Pastikan Mesin Motor Selalu Dipanasi

Aspek pertama dalam proses terkait dengan langkah untuk merawat motor matic yakni dengan cara rutin dalam memanaskan mesin motor setiap pagi.

Upaya ini merupakan tindakan awal yang perlu untuk Anda lakukan guna menjaga agar gerak mesin menjadi lebih lancar sekaligus memicu pelumas mesin agar mampu melapisi stiap sisi bagian dalam komponen mesin secara merata pada setiap sisi dan sela.

Mengingat, saat motor jarang digunakan atau dipakai maka kemungkinan besar pelumas atau oli akan mengendap. Sehingga, diperlukan proses penyebaran pelumas dengan cara memanaskan mesin motor secara berkala dan rutin pada pagi hari selama kurang lebih 5-7 menit saja.

Tentu saja, langkah ini terbilang efektif dalam menjamin penjagaan performa mesin motor agar selalu dalam keadaan prima.

Perhatikan Bagian Rantai

Selain itu, Anda juga harus jeli terhadap beberapa sektor pada motor yang jarang digunakan. Seperti pada bagian rantai motor.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa bagian rantai daripada motor ini sangat rentan terhadap proses korosi atau karatan. Apalagi, jika motor sudah sangat jarang digunakan atau dihidupkan sama sekali mesinnya.

Oleh sebab itu, sebagai pemilik, Anda harus terus memonitor ataupun mengontrol kondisi terkini pada bagian rantai motor.

Pastikan bahwa rantai motor Anda dalam keadaan normal. Artinya, tidak kendor dan masih dalam kondisi lembab.

Jika tampak kering, lapisi dengan pelumas khusus rantai motor untuk mencegah terjadinya korosi pada rantai motor Anda.

Tentu saja, upaya seperti ini sangat perlu untuk diterapkan sebagai langkah terbaik dalam menjamin kebutuhan akan kondisi motor yang lebih prima.

Motor Matic Jarang Digunakan

Kuras Tangki Bahan Bakar saat Motor akan Digunakan

Jika Anda punya rencana untuk tidak memakai kendaraan dalam waktu lama, maka Anda harus menguras tangki bahan bakar.

Bukan tanpa alasan mengingat menguras bensin kendaraan yang tidak digunakan dalam waktu lama tentunya akan bertujuan untuk mencegah atau menghindari endapan bensin basi di dalam tangki.

Dimana, perlu untuk Anda ketahui bahwa endapan bahan bakar seperti itu tentunya jauh lebih berpotensi dapat mengakibatkan kerusakan fuel pump pada tangki motor Anda.

Tak hanya itu, saat Anda akan menggunakan motor di waktu kondisinya sudah jarang digunakan pun, Anda juga perlu untuk melakukan pengurasan hal tersebut.

Sehingga, keadaan endapan di dalam tangki bahan bakar pun menjadi lebih bersih dan terbebas dari kondisi korosi maupun pengendapan.

Cabut Aki dan Pastikan Kabel Tidak ada yang Tersambung

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa aki merupakan salah satu komponen vital pada sepeda motor yang mana memiliki peran sebagai sumber listrik yang vital bagi kendaraan Anda.

Perlu untuk Anda ketahui bilamana kondisi aki rusak, maka electric starter tidak akan bisa digunakan atau dioperasikan. Dengan begitu maka sudah barang tentu motor tidak bisa dinyalakan.

Untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir hal tersebut maka sangat disarankan sekali untuk mencabut aki Anda pada motor jika memang tidak akan digunakan dalam waktu lama.

Bukan tanpa sebab karena pada saat kendaraan mati dan tidak digunakan dalam waktu lama, aki tidak mempunyai asupan listrik yang bisa menyebabkan soak.

Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memastikan bahwa aki dalam kondisi tak tersambung kabel apapun dengan kabel elektronik lain.

Karena, jika motor ditinggal atau jarang digunakan sudah barang tentu kondisi listrik atau daya dari aki tetap akan berjalan namun terbuang begitu saja.

Segera Ganti Oli yang Tepat dan Berkala

Selanjutnya, langkah merawat motor matic yang sudah jarang dipakai sama sekali adalah sesegera mungkin untuk mengganti oli mesin.

Kenapa begitu? Tentu saja dikarenakan oli mesin yang telah lama berada dalam mesin motor yang jarang dipakai, tentu akan mengendap dan menurunkan kualitas pelumasannya.

Sehingga, dikhawatirkan justru akan memicu terjadinya mesin mengalami overheat maupun sulit menjaga kondisi suhu di dalam mesin.

Oleh karena hal tersebut maka sangat disarankan sekali untuk segera mengganti oli mesin.

Tentu saja, oli yang dimaksud adalah oli yang berkualitas. Yakni, oli atau pelumas yang sesuai dengan standar atau rekomendasi dari pabrik.

Hindari menggunakan oli lain yang mungkin harganya jauh lebih murah namun kita tak tahu kualitasnya.

Sebab, penggunaan oli yang sembarangan, justru akan memicu kerusakan yang jauh lebih parah ke depannya. Karena, kandungan bahan aktif di dalamnya tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor itu sendiri.

Dengan begitu maka akan sangat dianjurkan sekali untuk selalu memastikan bahwa oli mesin atau pelumas motor matic Anda selalu terkontrol dengan penggunaan oli yang tepat dan efisien untuk menjaga performa pada motor matic Anda yang sudah jarang sekali digunakan.

Merawat Motor Matic

Bagaimana kawan? Apakah teman-teman semua sudah memahami beberapa langkah terkait perawatan yang dijelaskan di atas?

Tentu saja, beberapa langkah merawat motor matic yang sudah jarang digunakan di atas memang sekilas tidak berbeda jauh dengan cara merawat motor pada umumnya.

Namun, satu poin penting dan jelas bahwa ada beberapa sektor penting yang harus selalu mendapat perhatian. Seperti pada sistem aki, kelistrikan, dan tentunya penggantian oli.

Sebab, beberapa aspek di atas memiliki pengaruh dan peran penting yang tentunya sangat berdampak pada kondisi dimana performa motor tetap dalam kondisi yang prima.

Nah, sampai di sini dulu pembahasan terkait dengan cara merawat motor matic yang jarang dipakai. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Sampai jumpa.

Bagan