Mobil Bergetar saat Start Awal? Ini Penyebabnya!

Mengetahui faktor penyebab mobil bergetar ketika start awal atau saat dipanaskan

Penyebab Mobil Bergetar saat Start Awal – Masalah pada mobil tentu terjadi karena banyak faktor. Yang mana, salah satu yang menjadi kendala adalah saat mobil dalam keadaan diam atau dipanaskan.

Tak sedikit yang mengeluhkan saat mobil dalam keadaan dipanaskan, mesin mobil terasa bergetar kencang. Sehingga, membuat pemilik merasa was-was akan keadaan tersebut.

Memang, kondisi mobil bergetar saat start awal adalah salah satu problem yang tentunya memicu banyak pertanyaan di kalangan para pemilik. Termasuk Anda bukan?

Mobil Bergetar Saat Distarter Awal

Jika memang benar demikian, hal ini jangan dihiraukan begitu saja karena tentu ada masalah pada sektor mesin yang tentunya memerlukan perbaikan serius.

Mengenai hal ini, sebaiknya Anda perlu tahu faktor penyebabnya. Karena, solusi untuk mengatasi getaran mesin mobil yang bergetar tersebut satu satunya cara adalah dengan membawa ke bengkel mobil.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu penyebabnya, berikut beberapa faktor pemicu mesin mobil bergetar saat awal start yang patut untuk Anda ketahui.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat Start Awal

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya mesin mobil yang bergetar ketika start awal.

Penyebab Mobil Bergetar Saat Dipanaskan

RPM Mobil Mulai Tidak Sinkron

Kendala atau masalah yang terjadi ketika mobil mengalamai getaran ketika dipanaskan atau start awal, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa ada masalah pada hitungan putaran rpm per menit.

Karena, umumnya rpm yang ideal, tidak akan membuat mobil bergetar meskipun dalam kondisi diam atau saat dipanaskan.

Salah satu solusi untuk mengatasi mesin mobil bergetar karena kendala RPM, tentunya Anda harus melakukan tune up ke bengkel khusus.

Hal ini sebagai langkah untuk mengkalibrasi kondisi putaran agar sesuai dengan standar putaran mesin sehingga getaran mesin tak akan terasa ketika mesin dihidupkan saat awal start.

Busi Mengalami Aus

Dalam keadaan lain, perlu diketahui bahwa kondisi busi juga turut ambil bagian yang bisa memicu terjadinya getaran pada mobil saat mesin mobil dihidupkan dalam keadaan diam.

Dimana, proses pembakaran pada busi yang kurang maksimal dikarenakan kondisi yang aus, tentu saja tidak akan memberikan percikan api yang lemah.

Ini tentunya akan membuat pembakaran yang terjadi di ruang pembakaran menjadi melemah dan menurun.

Inilah yang kemudian menjadi penyebab mobil bergetar pada saat distater awal. Maka, Anda harus rajin cek lagi kondisi busi bila keadaan ini berulang kali terjadi pada mobil Anda.

Jika keadaan busi sudah aus dan tak layak lagi maka Anda harus menggantinya dengan busi baru yang tentunya memiliki kualitas terbaik sebagai langkah untuk menjamin pembakaran yang lebih sempurna.

Masalah pada Engine Mounting

Di sisi lain, pemicu kondisi mesin mobil mengalami getaran ketika distarter awal, biasanya juga bisa dipicu karena adanya problem atau kendala di bagian engine mounting.

Sebagai informasi untuk Anda bahwa engine mounting pada mobil sendiri memiliki tugas atau peran sebagai pengendali atau pereda getaran yang ada dalam kabin mobil itu sendiri.

Bila engine mounting rusak atau mengalami kendala, sudah barang tentu getaran yang berasal dari mesin mobil yang hidup pun tidak akan bisa diredam dengan sempurna.

Nah, terkait masalah pada engine mounting sendiri, biasanya dikarenakan pecahnya bantalan karet karena aus atau kendornya baut pada bagian ini.

Untuk mengatasinya, Anda harus membawanya ke bengkel guna dilakukan perbaikan oleh para mekanik. Jika mengalami kerusakan, sudah jelas harus ada penggantian komponen dengan yang lebih baru.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar

Piston Mulai Aus

Kemudian, masalah lain yang memicu mesin mobil terasa bergetar saat dihidupkan adalah dikarenakan piston yang sudah mulai aus.

Kondisi piston yang aus tentu saja gerakannya menjadi kurang terarah sehingga membuat tenaga mobil pun mengalami penurunan daya atau tenaganya menurun.

Gerakan pada piston yang aus ini lah yang membuat kondisi mobil bergetar ketika distarter atau saat akan dipanaskan.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya yakni dengan mengganti piston dengan yang baru. Karena, piston yang sudah mulai aus karena faktor pemakaian, tidak bisa diperbaiki secara maksimal.

Untuk penggantian, Anda harus melakukannya ke bengkel mengingat pemasangannya membutuhkan alat bengkel yang lengkap.

Kampas Kopling Aus

Tak sampai di situ saja, ternyata kampas kopling yang sudah mulai aus pun bisa memicu terjadinya getaran di dalam kabin saat mesin dihidupkan atau distarter awal.

Lebih parahnya lagi, kampas kopling yang sudah aus juga bisa menyebabkan mobil mogok secara tiba-tiba.

Maka dari itu, ketika mobil Anda terasa bergetar saat dinyalakan, Anda bisa mencoba untuk melakukan pengecekan di bagian komponen ini.

Jika terlihat sudah aus, segera ganti dengan kampas kopling baru tanpa perlu menunggu waktu lama.

Karena, jika dibiarkan saja, masalah yang muncul tak hanya soal getaran mesin mobil yang sampai dalam kabin saja melainkan juga sangat berpotensi merusak sistem transmisi pada mobil itu sendiri.

Jadi, dalam hal ini bila memang kondisi kampas kopling sudah aus, segera gantilah dengan yang baru untuk mencegah atau menekan masalah lain yang mungkin saja berpotensi merusak sistem mesin pada mobil Anda.

Mobil Jarang Dipanaskan

Nah, jika Anda sesekali mengalami kondisi dimana ada getaran dari mesin saat mobil dihidupkan maka ada kemungkinan lain selain daripada beberapa kendala yang disebutkan sebelumnya.

Yang mana, kemungkinan besar bila mobil tiba-tiba bergetar saat dihidupkan maka itu pertanda bahwa mobil jarang dipanaskan oleh si pemilik.

Kenapa demikian? Karena, pergerakan oli mesin pada mobil belum merata melumasi setiap celah maupun sisi pada mobil itu sendiri.

Sehingga, gesekan antar komponen di dalam mesin mobil pun memicu atau memancing adanya kontraksi getaran yang membuat getarannya sampai pada ruang kabin.

Jika demikian adanya maka Anda harus lebih rajin memanasi mesin mobil, paling tidak setiap pagi selama 10 menit saja.

Akan tetapi, yang perlu dicatat bahwa penyebab ini biasanya terjadi dengan indikasi getaran pada mesin mobil yang terasa hanya sesekali saja.

Namun, jika sudah berkali-kali maka masalahnya bukan karena jarang dipanaskan melainkan pada sektor lain yang mungkin berkenaan dengan komponen mesin.

Masalah Mesin Mobil Bergetar

Bila menelaah berbagai faktor yang memicu adanya getaran pada mobil saat distarter atau ketika mesin dihidupkan, tentu saja masalah utamanya selalu terkait pada sistem permesinan dan transmisi.

Sedangkan, untuk faktor lain atau eksternal, biasanya dikarenakan adanya masalah pada engine mounting yang fungsi atau perannya sebagai peredam getaran mengalami gangguan.

Selain itu, tak bisa dipungkiri juga bahwa mobil yang jarang dipanaskan maka juga sangat berpotensi sekali mengalami hal yang sama seperti itu.

Jadi, dengan berbagai ulasan di atas, setidaknya teman-teman bisa mengenal apa saja penyebab masalah getaran pada mesin yang terasa sampai kabin.

Semoga, artikel mengenai penyebab mobil bergetar saat start awal ini bisa menjadi sumber informasi yang memberikan inspirasi untuk teman-teman semua.

Bagan