Mobil Sering Macet? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Mengenali faktor penyebab mobil sering macet yang seringkali tidak disadari para pemiliknya

Mobil Sering Macet – Mobil yang sering mengalami kendala, umumnya dipicu oleh banyak faktor. Hanya saja, terkadang beberapa orang belum menyadari apa yang membuat masalah pada mobil.

Salah satu kendalanya adalah kondisi mobil sering macet yang tentunya menjadi sebuah indikasi jika ada masalah tertentu yang terjadi pada kendaraan roda empat ini.

Namun, tak banyak orang yang tahu apa saja faktor pemicu kemacetan mobil. Apalagi, jika mobil tersebut macet secara tiba-tiba.

Penyebab Mobil Sering Macet

Jelas, jika Anda mengalami hal tersebut, sudah barang tentu Anda harus mengenali apa saja aspek terpenting yang umumnya diabaikan namun justru sangat berpotensi menjadi faktor penyebab mobil seringkali mengalami macet.

Nah, untuk menjawab hal tersebut maka Anda harus memahami beberapa hal yang bisa jadi landasan bagi Anda dalam menentukan kemunginan-kemungkinan faktor yang memicu kondisi macet pada mobil.

Untuk lebih jelasnya, berikut Mas Sena akan berbagi beberapa alasan yang menjadi penyebab mobil sering macet. Mari, kita simak bersama.

Penyebab Mobil Sering Macet

Dalam beberapa aspek, sudah barang tentu masalah mobil macet menjadi hal yang patut untuk diperhitungkan. Karena, kondisi tersebut bisa jadi dipicu oleh beberapa faktor. Di antaranya yakni :

Ciri Mesin Mobil Overheat

Oli Gearbox Menipis

Hal pertama yang perlu Anda cek saat kondisi mobil sering macet atau mendadak mogok adalah pada bagian gearbox.

Dimana, gearbox pada mobil atau transmisi ini memiliki peran utama yang sangat vital dan penting, yaitu sebagai komponen pengatur atau kontrol kendali dari mobil itu sendiri.

Di dalam gearbox, tentu saja ada pelumas khusus untuk memberikan kelancaran pada setiap prosesnya. Jika pelumas atau oli transmisi habis maka akan membuat transmisi sulit untuk dioperasikan.

Ini yang menyebabkan seringnya mobil tiba-tiba macet saat Anda mengendarainya di medan jalan atau ketika Anda hendak memasukkan gigi.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa oli pelumas pada gearbox ini masih dalam kondisi normal dan pada batas volume standar untuk mencegah terjadinya kendala berupa gearbox macet yang otomatis akan memicu mesin mobil menjadi mogok.

Jarang Memanaskan Mesin Mobil

Perlu untuk Anda tahu bahwa kondisi mobil yang jarang dipanaskan mesinnya, tentu menjadi faktor yang membuat mobil mudah mogok atau macet secara tiba-tiba.

Itu menjadi hal yang wajar mengingat jika mesin mobil jarang dipanaskan, komponen di dalam mesin mobil akan saling bertabrakan yang membuat gesekan menjadi kasar akibat tidak adanya pelumas atau oli belum merata melumasi setiap sela-sela komponen mesin mobil.

Sehingga, kondisi tersebut akan menyebabkan mesin mudah macet dikarenakan gesekan yang kasar dan seret.

Maka dari itu, sangat disarankan sekali untuk selalu rutin memanaskan mobil, terutama saat pagi hari selama 5 menit.

Cara ini tentu saja sebagai upaya untuk membuat suplai sirkulasi oli menjadi lebih merata melumasi setiap sisi atau sela pada komponen mesin mobil itu sendiri.

Radiator Bermasalah

Salah satu kendala atau penyebab kenapa mobil sering mogok atau macet, sangat dipengaruhi oleh kondisi dimana radiator mengalami penurunan volume airnya.

Pasalnya, cairan radiator pada mobil ini berfungsi untuk menstabilkan suhu di dalam mesin saat mobil dikendarai.

Jika radiator tak mampu mengendalikan suhu panas mobil, tentu saja mobil akan lebih berpotensi mengalami overheat.

Kondisi overheat inilah yang akan memicu kemacetan mesin mobil karena suhu di dalam mesin yang sangat panas.

Dari hal tersebut maka jelas sekali bahwa peran dan fungsi radiator sangat penting sehingga perlu untuk mendapat perhatian dari para pemiliknya.

Usahakan untuk selalu menggunakan cairan radiator khusus pada mobil untuk memaksimalkan proses pendinginan suhu.

Sebab, jika menggunakan air biasa maka dikhawatirkan akan memicu kerak dan karat yang merupakan akibat dari proses korosi akibat pertemuan air dan bahan material besi.

Maka dari itu, Anda harus selalu rutin mengecek dan memastikan bahwa volume cairan radiator tetap dalam keadaan yang full guna memaksimalkan proses pendinginannya.

Mengatasi Mobil Mogok

Adanya Kotoran di Ruang Bahan Bakar

Disisi lain, faktor yang juga sangat berpengaruh terhadap kondisi mobil yang seringkali mogok atau macet, terletak pada adanya kotoran di dalam tangki bahan bakar.

Bukan tanpa alasan mengingat kotoran yang mengendap di dalam tangki bahan bakar sangat berpotensi sekali menyebabkan kesumbatan, terutama di bagian selang penghubung antara tangki bahan bakar dan ruang pembakaran.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk selalu menguras bagian tangki bahan bakar pada mobil untuk mencegah terjadinya pengelupasan kerak yang menyebabkan penyumbatan di area selang sirkulasi bahan bakar.

Untuk itu, Anda harus selalu rutin memastikan bahwa bahan bakar dalam kondisi penuh atau full sehingga akan mencegah terjadinya karat atau kerak akibat kondisi dinding tangki yang kosong akibat dari tidak penuhnya volume bahan bakar.

So, adanya kotoran yang mengendap pada sektor tangki bahan bakar ini, sangat berpotensi menjadi penyebab mobil macet. Sehingga, Anda disarankan untuk selalu mengeceknya secara rutin dengan cara menguras bahan bakar untuk membuang kotoran yang menempel di tangki bahan bakar tersebut.

Masalah pada Bagian Alternator

Sementara itu di sisi lain, faktor lain yang tentunya menyebabkan kondisi mobil sering macet, juga bisa disebabkan karena adanya kendala di bagian alternator mobil.

Sebagaimana perannya, fungsi alternator sendiri dalam hal ini sebagai komponen yang bertugas memberikan suplai listrik ke bagian aki.

Di sini, alternator pada mobil sendiri juga dinilai sangat penting untuk mengubah energi gerak yang dihasilkan oleh mobil menjadi sebuah energi listrik.

Jika ada kendala pada alternator maka secara otomatis akan sangat berpengaruh pada kondisi aki yang tak terisi oleh tegangan listrik.

Sehingga, aki yang seharusnya berperan dalam memberikan suplai tenaga listrik pun akibatnya tak sanggup memberikan tenaga listrik yang maksimal.

Dengan demikian tak bisa dipungkiri jika nantinya mesin mobil akan mati secara mendadak mengingat tidak ada dorongan atau suplai listrik yang dipasok oleh aki mengingat alternatornya mengalami masalah.

Nah, guna memastikannya, tentu saja Anda perlu melakukan pengecekan secara lebih mendalam dengan membawa mobil ke bengkel agar bisa diketahui kondisi alternator dan bisa segera diperbaiki jika memang mengalami kerusakan.

Bagaimana? Apakah teman-teman semua sudah memahami dan mengenal penyebab keadaan mesin mobil yang sering mogok?

Dari berbagai alasan di atas, jelas bahwa kondisi mobil yang sering macet memiliki faktor yang sangat banyak sekali.

Disisi lain, dengan beberapa penjelasan terkait penyebab mobil yang tiba-tiba macet di atas, setidaknya Anda sudah bisa mengenali apa saja komponen yang biasanya menjadi pemicu utama dari adanya kondisi mesin mobil macet.

Oke teman-teman, tampaknya sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena mengenai beberapa faktor atau penyebab mobil macet atau mogok. Semoga bisa menjadi informasi penting yang bisa Anda terapkan. Sampai jumpa kawan.

Bagan