Motor Matic Susah Hidup? Berikut Penyebabnya

Apakah Anda pernah mengalami kondisi dimana motor matic susah dihidupkan? Jika benar demikian, Anda perlu tahu beberapa faktor penyebabnya sebagai bahan pertimbangan.

Penyebab Motor Matic Susah Hidup – Pernahkah Anda mengalami kondisi motor matic yang tiba-tiba susah dihidupkan? Jika memang demikian, tentu ada beberapa masalah yang terjadi pada motor Anda.

Karena, motor yang prima dan normal, menghidupkannya pun sangat mudah, hanya tinggal pencet tombol starter atau dengan engkol samping (kick starter) saja, mesin akan segera menyala.

Hanya saja, terkadang memang dalam beberapa kondisi, memang ada masalah yang tentu saja mengharuskan Anda untuk mengecek bagian atau komponen mana yang mengalami kerusakan sehingga motor sulit sekali untuk dihidupkan.

Penyebab Motor Matic Susah Hidup

Jika memang benar demikian, Anda harus melakukan beberapa pengecekan, terutama di bagian starter dan beberapa komponen yang masuk dalam rangkaian kelistrikan.

Karena, sistem kinerja motor matic, hampir seluruhnya dioperasikan melalui sistem kelistrikan yang terintegrasi dengan baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan penyebab motor matic susah hidup.

Faktor Penyebab Mesin Motor Matic Sulit Dihidupkan

Mengenai soal kendala, tentu saja ada berbagai permasalahan yang menjadi penyebab kondisi dimana motor matic mengalami macet yang mesinnya susah sekali untuk dihidupkan. Untuk itu, berikut beberapa penyebanya yang patut Anda pelajari.

Solusi Motor Matic Yang Mogok

Kondisi Aki Melemah

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagaimana yang sudah Mas Sena ungkap di atas bahwa hampir 80% lebih, setiap komponen pada motor matic ini dioperasikan dalam satu sistem kelistrikan.

Maka dari itu, hampir semua komponen yang terintegrasi satu sama lain sangat bergantung akan sistem kelistrikan daripada motor matic itu sendiri.

Nah, salah satu komponen paling penting dalam kelistrikan motor adalah soal aki motor. Yang mana, aki motor di sini memegang peranan penting dalam menyuplai tegangan listrik ke setiap komponen sesuai dengan daya yang dibutuhkan.

Begitu juga dengan kondisi pada mesin yang susah dinyalakan, kemungkinan besar, tenaga atau daya aki yang lemah. Sehingga, kinerja perangkat elektronik akan menurun, termasuk sistem starter mesin.

Untuk itu, salah satunya cara adalah menggunakan kick starter dan jika sudah hidup, biarkan mesin terus menyala supaya terjadi pengisian daya aki melalui pergerakan mesin.

Jika hal ini masih belum bisa mengatasi, kemungkinan aki pada motor sudah mulai drop atau soak dan harus segera diganti dengan yang baru.

Terjadi Korsleting pada Sistem Listrik

Kemudian di sisi lain, untuk soal penyebab terjadinya mesin motor susah hidup, sangat dimungkinkan telah terjadi adanya korsleting pada sistem kelistrikan.

Dimana, kemungkinan ada hubungan arus pendek yang memicu kerusakan pada bagian sistem starter motor Anda.

Kondisi seperti ini tentu dikarenakan adanya gesekan antara starter yang berdekatan dengan komponen lain berbahan material logam yang mana secara tak sengaja terhubung dengan arus negatif dari aki.

Nah, jika memang demikian adanya, Anda harus melakukan pengecekan dan memastikan kondisinya. Umumnya, arus pendek atau korsleting seperti ini bisa diketahui dari adanya bekas terbakar pada pada area yang terkena korsleting.

Untuk solusi mengatasinya, Anda bisa dengan mengganti sekring yang baru guna menjaga atau mencegah adanya hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan.

Kerusakan pada Relay Starter

Penyebab mesin motor matic susah hidup bisa dipicu karena adanya masalah pada bagian relay starter.

Tak bisa dipungkiri bahwa relay sendiri berfungsi sebagai komponen pengalir arus utama yang berasal dari aki ke bagian motor starter.

Pada saat relay mengalami kerusakan, tentu saja motor starter tak akan bisa digunakan atau berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika demikian adanya, sudah jelas dan pasti sumber daya atau listrik yang berasal dari aki akan terhambat arusnya karena masalah pada relay ini sehingga membuat mesin motor matic Anda menjadi susah untuk dihidupkan.

Motor Matic Susah Dihidupkan

Rasio Kompresi yang Rendah

Nah, bila Anda mengalami kondisi motor tak bisa dihidupkan hanya pada saat tertentu, seperti saat mesin dingin atau di pagi hari maka itu menandakan bahwa ada masalah di bagian rasio kompresi motor pada bagian silinder.

Apalagi, jika mesin masih tetap bisa dihidupkan dengan menggunakan kick starter atau engkol berkali-kali.

Bila kondisi demikian terjadi maka mesin memerlukan tekanan kompresi untuk membuat bahan bakar dapat terbakar.

Hanya saja, bilamana kondisi daripada rasio kompresi terlalu renda maka hal itu sangat berpotensi membuat mesin akan sulit hidup khususnya di pagi hari saat mesin masih dingin.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa membawa motor ke bengkel untuk dilakukan perbaikan. Karena, perbaikan rasio kompresi biasanya membutuhkan alat yang lengkap untuk membongkar silinder. Sehingga, jika dilakukan mandiri di rumah, kemungkinan akan sulit.

Masalah pada Bagian Busi Motor

Busi yang bermasalah tentu saja bisa menjadi salah satu kendala utama yang membuat mesin pada motor matic susah untuk dihidupkan.

Bagaimana tidak? Secara fungsi sendiri, busi berperan penting dalam proses pembakaran, lebih tepatnya sebagai pemicu percikan api yang dikeluarkan untuk menghidupkan mesin.

Bilamana dalam kondisi ini busi bermasalah maka percikan api yang ditimbulkan sangat kecil atau bahkan mati/tidak ada percikan api sama sekali.

Busi dengan kondisi seperti ini biasanya karena ada banyak kotoran yang menumpuk dan mengendap di bagian kepalanya. Sehingga, Anda harus membersihkannya dengan menggunakan amplas maupun kain lembut.

Namun, bila sudah dibersihkan namun masih saja mengalami kendala maka itu tandanya busi sudah tidak mampu menjalankan performanya.

Jika demikian adanya, segera gantilah busi dengan yang baru. Pilih busi yang berualitas dan orisinil sehingga akan membuatnya lebih awet dan tahan lama.

Endapan Kotoran di Tangki

Siapa sangka, ternyata endapan kotoran di bagian tangki bahan bakar juga bisa memicu terjadinya mesin susah dinyalakan.

Tak bisa dipungkiri bahwa kotoran dalam tangki, tentu akan berpotensi menghambat jalur atau masuknya cairan bensin ke bagian ruang pembakaran.

Bila ini terjadi, sudah jelas akan membuat sistem pembakaran di ruang bakar pada motor matic Anda menjadi bermasalah.

Jika demikian adanya, salah satu solusinya yakni dengan menguras bensin dari tangki dan bersihkan kotoran yang mengendap tersebut sampai hilang.

Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau meminta bantuan ke bengkel untuk melakukannya tentunya dengan biaya tambahan.

Mesin Motor Matic Susah Hidup

Setelah melihat dan memahami beberapa faktor di atas, tentu saja Anda bisa mengenal apa saja faktor yang memicu terjadinya mesin motor yang tiba-tiba sulit dihidupkan.

Salah satunya dari faktor aki dan juga pencegahan terhadap terjadinya korsleting pada kabel maupun relay motor.

Mengingat, kedua hal tersebut merupakan faktor utama yang sering memicu terjadinya proses mesin terhambat untuk dihidupkan.

Selain itu, busi juga termasuk komponen penting untuk dirawat dan dijaga karena berkenaan dengan sistem pembakaran. Jika sistem pembakaran terhambat karena kondisi busi yang rusak maka mesin motor juga berpotensi sulit untuk dihidupkan.

Oke kawan, demikian tadi beberapa faktor penyebab mesin motor matic susah hidup. Smeoga, informasi ini membawa manfaat untuk teman-teman semua.

Bagan