Motor Matic Tiba-Tiba Mogok? Mungkin Ini Penyebabnya

Motor matic Anda mogok dan tak bisa distarter? Ketahui penyebabnya dan cara pencegahannya.

Motor Matic Mogok – Motor matic memang saat ini menjadi kendaraan favorit masyarakat Indonesia untuk menunjang kebutuhan transportasi.

Praktis dan efisien menjadi faktor utama yang memicu banyak konsumen lebih menjatuhkan pilihan kendaraan mereka ke motor matic. Apalagi, motor matic didukung pula dengan segala fitur yang memang fungsional serta sesuai kebutuhan pasar saat ini.

Maka, tak heran jika kondisi pasar motor bertransmisi otomatis tersebut masih terus bertahan di pasar otomotif Tanah Air hingga kini.

Meski demikian, tetap saja diperlukan langkah perawatan terbaik guna menjaga agar motor matic Anda selalu prima dan nyaman dikendarai dimana saja dan kapan saja.

Motor Mtic Mogok Tiba Tiba

Sebab, jika tak dirawat secara intens maka akan berpotensi memicu kerusakan pada beberapa bagian. Seperti motor matic yang tiba-tiba mogok tanpa sebab.

Bahkan, pada beberapa kasus, motor tak bisa distarter sama sekali. Tentu saja, kondisi tersebut menjadi sebuah masalah yang perlu mendapat perbaikan.

Nah, sebagai bahan pertimbangan dan tambahan pengetahuan, ada beberapa penyebab yang memicu kondisi motor matic mogok secara tiba-tiba. Yuk, kita simak ulasan lengkapnya bersama.

Penyebab Motor Matic Mogok Tiba-Tiba

Ada akibat, tentu saja ada sebabnya. Nah, penyebab motor matic yang secara tiba-tiba mesinnya mati/tak bisa dihidupkan, biasanya dipicu oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Penyebab Motor Matic Mogok

Mesin Terlalu Panas

Satu faktor yang sangat mungkin terjadi sebagai penyebab motor matic mendadak mati, bisa dikarenakan kondisi mesin yang terlalu panas (overheat).

Biasanya kondisi seperti overheat ini terjadi akibat dari motor yang tidak pernah berhenti atau digunakan secara terus menerus selama 24 jam lebih tanpa berhenti.

Maka, tak heran jika kondisi tersebut pun memicu sistem pembakaran ataupun gesekan antara piston dengan liner nya terlalu panas.

Dengan demikian maka akan menyebabkan kondisi mesin mengalami kenaikan suhu secara drastis akibatnya piston dan liner boring menjadi macet.

Solusi untuk mencegahnya, sebaiknya istirahatkan motor beberapa menit atau beberapa jam jika dalam kondisi sedang menempuh perjalanan jauh. Hal ini untuk mengembalikan performa piston dengan linernya yang sudah mengalami kenaikan suhu akibat terus dipaksa bekerja.

Namun, bila kondisi kemogokan motor masih terus berlanjut, sebaiknya bawalah segera motor matic Anda ke bengkel untuk dicek secara lebih mendalam.

Tangki Bahan Bakar Kemasukan Air

Masalah lain yang memicu terjadinya motor mogok, tentu saja disebabkan karena adanya kandungan air di dalam tangki bahan bakar.

Hal seperti ini memang jarang terjadi namun bisa saja menimpa pada motor matic Anda. Sehingga, Anda perlu memastikannya apakah benar tangki kemasukan air.

Pasalnya, dengan adanya kandungan air di dalam tangki yang bercampur dengan bahan bakar, tentu saja secara otomatis akan mengganggu jalannya proses pembakaran di ruang bakar bensin.

Ini berakibat motor menjadi mogok atau gejala kecilnya motor seperti terasa ndet-ndetan ketika dikendarai.

Untuk memastikannya, tentu Anda harus mengecek tangki di bengkel guna memastikan bahwa tangki bahan bakar benar-benar kemasukan oleh air.

Disarankan pula untuk menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi, seperti Pertamax misalnya. asalnya semakin tinggi nilai oktannya.

Maka pembakarannya akan lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan menjadi lebih kecil. Sehingga tidak akan menyebabkan motor menjadi lebih mudah untuk mogok.

Setelan Klep Kurang Tepat

Di sisi lain, pemasangan atau setelan klep yang tidak tepat, bisa berpotensi memicu gejala motor matic Anda mengalami mogok.

Klep yang pemasangannya tidak sesuai standar prosedur manufaktur, tentu saja akan membuat mesin tak mampu beroperasi secara maksimal. Dengan demikian maka akan membuat suhu dalam mesin meningkat.

Biasanya, pemasangan klep yang tidak tepat dikarenakan service di bengkel non-resmi. Sehingga, pemasangannya pun asal-asalan saja yang membuat posisi klep tidak presisi atau sesuai prosedur.

Maka dari itu, jika mendapati motor matic mogok, Anda bisa mengecek bagian klep pada motor di bengkel resmi. Bukan tanpa alasan mengingat sangat mungkin sekali dan bisa jadi klep yang pemasangannya kurang tepat bisa menjadi faktor pemicu kondisi motor matic yang sering mogok.

Motor Matic Mogok Tiba Tiba

Kualitas dan Volume Oli Menurun

Kemudian, penyebab lain yang mungkin saja memicu kondisi motor matic yang tiba-tiba mogok, bisa dikarenakan kualitas maupun volume oli yang menurun.

Kualitas kadar oli di sini berkenaan dengan kinerjanya dalam menjaga setiap sela komponen di dalam ruang mesin motor.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa selain sebagai pelumas, tentu saja oli juga berfungsi sebagai penstabil suhu dalam mesin ketika mesin bekerja/dihidupkan.

Kualitas oli yang menurun tentu akan berdampak pada hasil pelumasan maupun suhu mesin yang kurang terkontrol.

Selain itu, volume oli yang berkurang pun juga bisa menjadi pemicu masalah motor matic mogok. Sebab kapasitas oli yang dibutuhkan tak sesuai.

Maka dari itu, pastikan Anda untuk selalu memilih oli mesin motor matic yang memiliki grade tinggi dan sesuai dengan spek motor.

Lalu, jika volume oli menyusut, usahakan untuk menambah volumenya sampai pada batas indikator oli tersebut.

Radiator Tak Berfungsi

Suhu mesin yang panas pada mesin motor tentu saja diperlukan pendinginan yang cepat agar tidak mengalami overheat.

Sebab, sebagaimana kita tahu bahwa kondisi mesin motor yang overheat akan memicu keadaan mesin mogok secara tiba-tiba.

Maka dari itu, diperlukan pengecekan radiator sebagai salah satu komponen penting yang berperan dalam menjaga suhu mesin dalam mesin.

Bukan tanpa sebab, karena sektor radiator di sini menjadi sangat penting, apalagi jika mesin motor sudah mulai sering mengalami mogok secara tiba-tiba.

Di dalam radiator, ada cairan coolant sebagai cairan pendingin. Artinya, Anda harus mengecek bagian cairan coolant pada radiator motor matic tersebut guna memastikan bahwa kondisi motor matic tetap dalam keadaan prima dan mesinnya terjamin tak akan mogok.

Oleh sebab karena hal tersebut, wajar jika Ana sebagai pemilik kendaraan bermotor untuk selalu memastikan kondisi radiator motor untuk mengontrol kondisinya. Termasuk kapasitas coolant di dalam tangki cairan pendinginnya.

Di sinilah letak pentingnya bagi Anda untuk selalu mengecek kondisi radiator pada motor matic Anda selain dari beberapa komponen yang tersebut sebelumnya.

Mengatasi Motor Matic Mogok

Satu hal yang jelas dan pasti bahwa kondisi motor matic yang seringkali mengalami mogok seperti itu tentu saja tak akan jauh-jauh dari masalah yang ada pada bagian mesin maupun ruang pembakaran.

Oleh sebab itu, beberapa penyebab di atas selalu berkaitan dengan sistem operasional mesin pada kendaraan matic Anda.

Tak sampai di situ saja, dalam hal lain pun tak menutup kemungkinan bahwa kondisi motor matic yang sering mogok menjadi pertanda bahwa sudah waktunya turun mesin. Khusunya, motor matic yang sudah berusia lama.

So, dengan informasi mengenai berbagai penyebab motor matic mogok-tiba-tiba di atas, Mas Sena berharap bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kawan-kawan semua.

Bagan