Pengertian Mobil SUV yang Wajib Anda Pahami

Informasi mengenai penjelasan soal seluk beluk mobil SUV sebagai kendaraan multiguna di atas mobil MPV

Pengertian Mobil SUV – Berbagai macam mobil yang dijual di masyarakat memang memiliki berbagai jenis dengan sebutan berbeda-beda yang didasarkan atas fungsinya. Sebut saja seperti jenis SUV, MPV, hatchback, dan coupe.

Dari keempat jenis atau sebutan mobil tersebut, agaknya MPV dan SUV adalah dua model mobil yang kini paling banyak diburu oleh publik otomotif Indonesia. Namun, tak jarang masyarakat Indonesia yang belum terlalu memahami perbedaan dari beberapa jenis mobil tersebut.

Maka dari itu, melalui topik kali ini kita akan membahas bersama-sama terkait pengertian mobil SUV yang bisa menjadi patokan yang informatif bagi Anda yang mungkin sedang mencari tahu seluk belum mobil ini.

Perlu dipahami mengenai pengertian mobil SUV, kata SUV sendiri merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle yang mengedepankan konsep berkarakter tangguh serta komponen berkarakter kuat.

Pengertian Mobil Suv

Hal ini tak lepas dari sasaran target pasar pengguna mobil SUV yang diperlukan sebagai kendaraan multifungsi untuk melewati berbagai medan jalan, tak terkecuali medan tak rata seperti off-road atau jalan desa yang berlubang banyak.

Maka dari itu, tak heran jika mobil SUV dari pengertiannya tersebut menjadi model kendaraan kekinian yang kehadirannya di Indonesia begitu dipertimbangkan konsumen.

Nah, dalam pembahasan mengenai pengertian mobil SUV di sini, Mas Sena juga akan memberikan ulasan mengenai kategori mobil SUV sendiri. Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Kategori Mobil SUV

Dalam pengertian mobil SUV, ada beberapa kategori mobil SUV yang patut untuk Anda ketahui dan pahami. Antara lain adalah sebagai berikut ini.

Ciri Ciri Mobil Suv

Compact SUV

Mobil compact SUV merupakan salah satu tipe mobil SUV yang mana mengusung konsep crossover nan kuat. Umumnya, bodinya sedikit lebih minimalis dibanding model SUV lain dengan kapasitas 4 penumpang.

Mobil SUV kompak seperti ini sebagian besar memang disukai oleh masyarakat urban/peroktaan yang sangat identik dengan keramaian dan jalanan yang padat.

So, dengan bodinya yang gagah namun minimalis ini, tentunya membuat mobil Compact SUV ini sangat mudah sekali bermanuver, terutama ketika berada di jalanan yang tengah macet. Contohnya saja seperti Honda HR-V.

Medium SUV

Kategori mobil SUV yang ke dua yakni Medium SUV. Umumnya tipe SUV ini mengusung ukuran dimensi bodi yang jauh lebih besar dan berkesan berbobot dibandingkan dengan Compact SUV.

Dimana, kapasitas daya tampungnya pun juga lebih banyak hingga 7 penumpang dengan kondisi kabin nan lega dan senyap.

Medium SUV yang dijual di pasar otomotif Indonesia seperti Chevrolet Captiva, Honda CR-V, dan Nissan X-Trail.

Biasanya, kategori mobil SUV seperti ini banyak dipilih oleh orang dengan frekuensi perjalanan jarak jauh yang tinggi, dari pedesaan ke perkotaan atau sebaliknya.

Big SUV

Model kategori mobil SUV yang terakhir adalah Big SUV. Dari namanya saja sudah jelas bahwa kategori yang satu ini mengusung bodi bongsor.

Umumnya, tipe mobil SUV seperti ini dijadikan sebagai mobil-mobil menerjang di area pegunungan atau bisa juga digunakan di perkotaan.

Sementara itu, di Indonesia sendiri saat ini ada dua mobil Bigs SUV yang cukup laris di pasaran, antara lain yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang mana keduanya saling bersaing dalam satu segmen yang sama.

Pengertian Mobil SUV

Dari segi definisi, pengertian mobil SUV sendiri adalah kendaraan yang identik dengan Station Wagon dengan ciri khas bodi besar dan performa mesinnya sangat tangguh.

Desain mobil SUV sendiri juga umumnya lebih sporty dengan lekukan bodi tegas mengesankan akan ketangguhan dan ketahanannya dalam melalui medan jalan off road maupun jalan perkotaan.

Sementara itu di sisi lain, untuk kapasitas mesinnya pun rata-rata mengusung kapasitas lebih dari 1.500 cc dengan ruang bagasi lebar, fitur kenyamanan lebih lengkap dibanding MPV serta dibekali suspensi kokoh guna meredam getaran secara maksimal saat melewati medan jalan terjal dan bergelombang.

Tentu saja, dengan dukungan spek yang serba gahar, harga mobil SUV pun dinilai jaug lebih mahal dibanding MPV. Bahkan, bisa menyentuh angka hingga miliaran rupiah.

Nah, pengertian mobil SUV sendiri bisa ditelisik dari ciri-cirinya. Yang mana terjabar sebagai berikut.

Desain Mobil Suv

Platform Kokoh

Dari pengertian mobil SUV sebagai kendaraan yang tangguh, tentunya platform yang digunakan SUV ini umumnya juga sangat kuat.

Dimana, hal itu tak lepas dari gabungan antara sasis ladder dan monokok yang membuatnya sanggup menahan beban secara maksimal sekaligus memiliki tampilan visual rangka yang lebih tinggi.

Ground Clearance

Di lain sisi, ground clearance atau jarak terendah ke tanah dari mobil SUV pun juga rata-rata dibuat lebih tinggi dibandingkan mobil MPV.

Yang mana, umumnya memiliki ketinggian mencapai 210 mm. Hal ini tentunya sebagai penunjang agar bagian bawah dari mobil ini lebih aman ketika melewati medan pegunungan atau pedesaan yang bergeronjal dan bebatuan.

Diameter Ban Besar

Selain itu, pada umumnya mobil SUV mengusung diameter velg antara 15 inci hingga 17 inci ke atas.

Velg pada mobil SUV tersebut juga pada umumnya sudah mendapat lapisan ban berprofil besar yang membuatnya tampak kokoh dan memiliki kekuatan tarikan roda yang lebih kuat.

Ini sangat sesuai dengan target medan jalannya ketika melewati medan yang bergeronjal atau off-road.

Dimensi Bodi Relatif Besar

Sebagai mobil berkesan gagah, tentu saja pada umumnya dimensi bodi dari mobil SUV ini dirancang tinggi, kekar, besar, dan berkesan maskulin.

Hal tersebut sudah barang tentu menjadi ciri khas dari mobil SUV sebagai kendaraan sporty yang memberikan kesan siap dalam menghadapi berbagai medan jalan yang akan dilalui.

Bahkan, besarnya bodi tersebut memberikan tingkat keseimbangan yang jauh lebih maksimal dan tidak mudah goyah ketika dikendarai dengan mode kecepatan tinggi.

Fender Besar

Ciri mobil SUV berikutnya yakni pada desain wajahnya yang mengusung ukuran fender besar dan berwibawa.

Penggunaan ukuran fender yang berukuran besar seperti ini tentu saja akan membuat citra visual kendaraan SUV semakin terlihat tinggi dan kentara.

Kabin Luas dan Suspensinya Tangguh

Tak hanya tangguh, bahkan mobil SUV diklaim memiliki ruang kabin yang lega dan leluasa untuk menjamin kenyamanan para penumpangnya.

Bahkan, tak lupa suspensi yang digunakannya pun sangat tangguh dengan daya rdam goncangan yang relatif mumpuni untuk menjamin kestabilan nan maksimal.

Jenis Mobil Suv

Nah, dari sekian penjelasan mengenai pengertian mobil SUV di atas, sudah barang tentu akan menjadi informasi bagi Anda untuk memperjelas bagaimana ciri khas dari mobil SUV itu sendiri.

Selain daripada itu, ada pula beberapa kategori mobil SUV yang merupakan bagian dari penjelasan mengenai pengertian mobil SUV sebagai bahan informasi untuk mengenali lebih jauh terkait kendaraan off-road urban ini.

Bagaimana kawan? Sudah jelas bukan ulasan mengenai pengertian mobil SUV ini? Semoga saja informasi yang Mas Sena uraikan tersebut menjadi topik yang informatif dan bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Sampai jumpa.

Bagan