Penting! Ini Dia Komponen Mobil Paling Utama yang Harus Dirawat

Di dalam mobil, tentu ada beberapa komponen yang sangat berperan aktif dalam menjaga performa mobil. Beberapa di antaranya menjadi komponen utama yang perlu mendapat perawatan intens.

Komponen Mobil Paling Penting – Perawatan mobil secara rutin adalah hal wajib yang harus Anda lakukan secara rutin untuk menjaga agar performanya selalu dalam keadaan prima.

Di dalam proses merawat mobil, umumnya pemeliharaan terbatas pada sisi eksterior, interior, dan kap mesin. Begitu juga dengan sistem kelistrikan atau aki.

Namun, itu semua merupakan komponen dalam arti luas yang memang perlu mendapat perhatian untuk menjaganya agar mampu beroperasi sebagaimana mestinya.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada komponen mobil paling penting dan utama? Tentu saja, komponen ini harus mendapatkan sentuhan perawatan yang lebih intens dibandingkan beberapa komponen lain.

Ibaratnya, persentase prioritas perawatannya lebih tinggi dibandingkan dengan perawatan pada segmen lain.

Komponen Mobil Paling Penting

Alasannya bahwa beberapa sektor ini memegang peran penting yang tentunya berpengaruh pada kinerja dari mobil itu secara keseluruhan.

Lantas, apa saja sih komponen utama dan terpenting yang perlu mendapat perawatan intensif itu?

Jangan khawatir teman-teman, di bawah ini akan Mas Sena jelaskan beberapa komponen mobil paling penting yang harus Anda rawat dan jaga guna mempertahankan kondisi mobil supaya selalu dalam keadaan prima.

Komponen Penting Mobil yang Perlu Dirawat secara Intens

Di dalam mobil, ada beberapa komponen yang sangat penting mengingat memiliki peran dan tugas yang sangat berpengaruh pada kinerja dari mobil itu sendiri. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Fungsi Komponen Di Dalam Mobil

Aki – Sumber Tenaga sekaligus Pengolah Daya Listrik

Aki menjadi komponen penting mobil yang sangat perlu sekali mendapat sokongan perawatan intensif.

Mengingat, fungsinya yang sangat vital sebagai sumber daya listrik yang dibutuhkan oleh beberapa komponen lain, terutama aksesoris dalam interior maupun lampu mobil.

Mengenai soal ini, perawatan yang perlu Anda lakukan adalah mengecek kabel-kabel yang terkait dengan aki mobil.

Selain itu, Anda juga harus selalu membersihkan bagian aki itu sendiri yang kotor. Terutama di bagian kepala karena akan berpengaruh pada kelancaran arus daya listrik yang mengalir.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda selalu melakukan pengecekan rutin ke bengkel khusus aki agar kondisinya bisa selalu dalam kontrol. Sehingga, bilamana ada indikasi kerusakan sedikit maka bisa langsung dengan segera diperbaiki.

Sistem AC – Penjaga Kesejukan Suhu dalam Interior

Sementara itu komponen lain yang turut memegang peran penting dan perlu untuk Anda jaga dan rawat adalah AC mobil.

Bukan tanpa alasan karena AC sendiri jika mengalami kerusakan, tentu biaya perbaikannya juga terbilang cukup mahal. Maka dari itu, Anda harus rajin merawatnya.

Bagaimana caranya? Salah satunya yakni dengan membiasakan untuk menggunakan AC seperlunya saja dan di waktu yang tepat.

Jika kondisi dalam mobil panas maka Anda bisa menghidupkan AC mobil untuk membuat suhu dalam kabin menjadi sejuk.

Akan tetapi, saat AC dalam keadaan hidup, sebaiknya jendela ditutup rapat-rapat agar kinerja AC tidak berat. Mengingat, bila jendela mobil dibuka maka sensor AC akan terus bekerja mengingat suhu ruangan yang masih terasa panas karena suhu dari luar.

Di sisi lain, cek juga freon maupun selang saluran AC saat service rutin. Hal ini bertujuan supaya aliran cairan freon benar-benar bisa mengalir untuk diubah dalam wujud udara dingin.

Oleh karena itu, Anda harus selalu rutin mengecek AC ke bengkel AC mobil untuk menjaga dan mengontrol supaya kinerja sistem pendingin ini selalu dalam kondisi yang normal dan tidak mudah mengalami masalah. Terutama kebocoran pada selang freon yang memang rentan sekali mengalami kebocoran.

Sistem Transmisi

Di dalam sistem mobil, transmisi memiliki peran sangat penting sebagai alat yang berfungsi  untuk memindah tenaga mobil pada poros propeler.

Bagian ini merupakan salah satu yang sangat penting yang harus teman-teman perhatikan dan rawat.

Karena menjadi salah satu komponen penting dalam mobil, maka Anda harus rajin melakukan perawatan, setidaknya perawatan ringan.

Di antaranya yakni dengan rutin melakukan pengecekan sekaligus mengganti oli transmisi secara berkala. Karena, oli transmisi berperan sebagai pelumas sistem transmisi mobil guna mengurangi gesekan yang sangat berpotensi merusak jika tidak dilumasi.

Kemudian, penggantian oli transmisi di sini juga sangat berperan dalam menjamin kemudahan pengemudi ketika mengganti posisi gigi secara lebih nyaman untuk menghasilkan akselerasi yang lebih tajam.

Fungsi Kaki Kaki Mobil

Kaki-Kaki Mobil – Penopang Bodi Mobil dan Penjaga Kestabilan

Lalu, Anda juga harus turut memperhatikan kondisi kaki-kaki mobil Anda sendiri. Karena, sektor kaki-kaki di sini berperan penting dalam menjaga kestabilan sekaligus sebagai penopang daripada bodi mobil itu sendiri.

Komponen penting pada mobil ini bisa Anda rawat dengan cara memperlakukan mobil Anda dengan tepat. Seperti memposisikan roda lurus sejajar ketika berhenti, tidak ngebut saat melewati jalan bergeronjal, dan menghindari membawa barang bawaan berat yang melebihi kapasitas.

Tindakan ini meski terbilang sepele namun sangat efektif dalam menjaga keawetan dan daya tahan daripada kaki-kaki itu sendiri.

Jika tidak dirawat maka sudah jelas akan terjadi banyak masalah, terutama di beberapa sektor yang berkaitan langsung dengan sistem kaki-kaki ini. Sebut saja seperti roda mobil, suspensi, dan juga posisi rangka atas.

Ban Mobil yang Sesuai

Penggunaan ban mobil juga harus menjadi perhatian tersendiri bagi si pemilik mobil sebab sangat berpengaruh atau berkaitan erat dengan kenyamanan berkendara.

Maka, tak heran bilamana dalam soal ini, ban menjadi salah satu komponen yang perlu mendapatkan perawatan intensif juga.

Salah satu yang perlu untuk Anda lakukan adalah memilih ban yang sesuai dengan tipe mobil itu sendiri. Pasalnya, setiap ban memang dibuat untuk disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis mobil.

Jika Anda memiliki mobil MPV maka gunakan ban khusus MPV, bila mobil SUV gunakan juga ban yang khusus dibuat untuk mobil SUV.

Pemilihan ban yang tepat adalah standar wajib guna menyeimbangkan dengan tenaga mesin sekaligus bobot daripada mobil itu sendiri.

Tak hanya itu, komponen penting pada mobil ini juga perlu mendapatkan asupan angin yang ideal. Sangat disarankan untuk menggunakan nitrogen mengingat memiliki daya tekan yang lebih rata dibandingkan dengan penggunaan angin biasa.

Dengan demikian, jelas sudah jika ban adalah komponen yang sangat penting untuk menjamin kenyamanan dan keamanan para penumpang. Sehingga menjadi salah satu yang perlu mendapat perawatan prioritas.

Bagian Mobil Yang Perlu Dirawat

Menelaah berbagai komponen utama pada mobil di atas, agaknya teman-teman pastinya lebih bisa memahami kira-kira apa saja sektor atau komponen yang perlu mendapatkan perawatan serius.

Sebab, beberapa komponen vital pada mobil ini jika terjadi kerusakan maka biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan komponen lain.

Oke kawan, sampai di sini dulu topik otomotif mengenai komponen mobil paling penting yang sangat berpengaruh pada performa mobil. Semoga informasi ini bisa memberi manfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan