Penting! Kenali Ciri Shokbreaker Motor Bocor

Mengenali tanda khusus shockbreaker pada motor mengalami kerusakan atau bocor

Shockbreaker Motor Bocor – Shockbreaker pada motor tentu saja menjadi salah satu komponen penting dengan fungsinya yang sangat vital sebagai pengendali peredaman getaran motor saat melewati jalan yang bergeronjal.

Dengan kata lain, shock pada motor berperan menjaga kestabilan motor agar kondisi pengendara tetap dalam keadaan yang nyaman.

Maka dari itu, sangat penting sekali bagi Anda dalam menjaga sekaligus merawat shockbreaker motor supaya performanya tetap mampu beroperasi sebagaimana mestinya

Karena, jika shockbreaker sudah rusak maka kestabilan motor pun akan terganggu. Apalagi, ketika melalui medan jalan yang tak rata atau bergeronjal.

Tentu saja, getaran akan sangat terasa mengingat peredam kejut pada shock motor tak mampu berkinerja secara optimal sebagaimana mestinya.

Ciri Shockbreaker Motor Rusak

Tak sampai di situ saja, satu yang perlu dikenali adalah tanda jika shockbreaker mengalami kebocoran oli shock. Mengingat, ciri kebocoran oli shock ini jarang disadari oleh banyak orang.

Padahal, bila oli shock bocor maka peredam kejut pun tak akan mampu berperan secara maksimal. Bahkan, parahnya akan membuat as roda lebih berpotensi bengkok karena tekanan yang terjadi tak mampu dikendalikan oleh shock yang disebabkan oleh oli shock yang habis atau bocor.

Lalu, apa sih ciri oli shock pada motor mengalami kebocoran? Jangan bingung, berikut ini Mas Sena akan mengulas secara lengkap ciri shockbreaker motor bocor yang seringkali tak disadari oleh banyak orang.

Tanda Oli Shockbreaker Bocor

Dalam beberapa kasus, memang ada beberapa ciri yang ditunjukkan melalui gejala saat ada kebocoran pada oli shock motor. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Shockbreaker Motor Rusak

Mulai Terdengar Bunyi Decit dari arah Shock

Pertama-tama, ciri yang bisa Anda jadikan aspek atau patokan jika terjadi kebocoran pada oli shockbreaker, umumnya akan terdengar seperti bunyi berdecit ketika mtor melaju di medan jalan bergeronjal.

Biasanya, suara ini akan semakin terdengar keras saat Anda berboncengan mengingat ada tambahan beban yang harus diseimabngkan oleh bagian kaki-kaki motor.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa munculnya suara berdecit seperti itu tentu saja tak lain disebabkan karena gesekan yang terjadi antara as shock dan tulang kaki-kaki motor.

Dimana, decitan suaran menunjukkan bahwa gesekan seret tersebut tak terlumasi karena adanya kebocoran oli pada motor itu sendiri.

Nah, dengan demikian, tak bisa dipungkiri jika kondisi tersebut Anda alami berulang kali maka sangat besar kemungkinan telah terjadi kebocoran oli shockbreaker pada motor itu sendiri.

Untuk itu, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan lebih mendalam agar nantinya tidak merambat ke sektor lainnya. Karena, kondisi ini bila dibiarkan begitu saja justru akan memicu kerusakan lain. Khususnya kerusakan pada bagian atau area dalam rangkaian shockbreaker.

Muncul Rembesan Oli pada As Shock

Kemudian, ciri lain yang jelas menjadi tanda adanya kebocoran oli shockbreaker pada motor bisa dideteksi dari adanya bekas rembesan oli yang keluar di bagian as shock itu sendiri.

Rembesan seperti ini menunjukkan bahwa oli shock keluar melalui sela-sela yang ada di bagian as shock. Yang mana dikarenakan tidak ada karet seal yang mencegah oli shock keluar.

Jika hal ini terjadi maka sangat disarankan sekali bahwa Anda perlu untuk mengganti seal yang lebih baru guna mencegah terjadinya oli keluar.

Akan tetapi, bila solusi ini tak bisa menghilangkan rembesan oli maka Anda sebaiknya perlu membawa motor ke bengkel.

Bukan tanpa alasan mengingat kondisi tersebut tidak bisa dipungkiri merupakan sebuah tanda tak hanya oli yang bocor melainkan ash shock motor yang sudah mulai bengkok atau tak presisi.

Bahkan, bila pada bagian as shok terlihat ada bekas gesekan seperti terbaret, jelas sudah bila ada kebocoran yang terjadi pada bagian shockbreaker motor Anda.

Maka dari itu, sebaiknya hindari dulu mengendarai motor di medan jalan yang bergeronjal. Atau, bila memang terpaksa, kurangi kecepatan untuk meminimalisir gesekan pada as shock motor.

Dan, solusinya jelas Anda harus membongkarnya karena nantinya jelas akan diketahui dimana letak sumber masalah pada as shock motor tersebut.

Shockbreaker Terasa Mantul-Mantul

Di samping itu, shock yang mulai terasa mantul-mantul ketika melewati medan jalan bergeronjal pun juga merupakan sebuah tanda bahwa ada kebocoran oli shock yang perlu mendapat perhatian.

Secara fungsi, peran shockbreaker adalah menekan atau meminimalisir goncangan saat melewati jalan yang bergelombang. Namun, bila Anda justru merasa seperti mantul-mantul ketika berkendara maka itu pertanda oli shockbreaker sudah habis.

Bisa dikarenakan kebocoran atau memang kualitas oli shock yang mulai menurun karena intensitas penggunaan motor.

Namun, dari kebanyakan kasus, hal itu disebabkan karena adanya kebocoran oli shockbreaker. Sebab, kejadian seperti ini umumnya juga akan dibarengi dengan adanya rembesan oli yang keluar di bagian as shockbreaker motor.

As Shock Mudah Terbaret

Bila Anda perhatikan, biasanya oli shock yang mulai merembes keluar karena adanya kebocoran, sisi permukaan as shock akan muncul seperti goresan bekas gesekan keras.

Bila hal ini terjadi, itu tanda bahwa pelumas yang dalam hal ini oli shockbreaker motor tak mampu meminimalisir gesekan yang terjadi di dalam as shock saat motor dikendarai di medan yang bergelombang atau bergeronjal.

Shockbreaker Bocor

Solusi Pencegahan Kebocoran Oli Shockbreaker

Mengenai soal gejala, tentu saja beberapa tanda di atas merupakan ciri yang sangat jelas mengerucut pada masalah dimana kondisi oli shock yang mulai berkurang.

Oleh sebab itu, untuk menjaganya agar tidak semakin parah, Anda bisa segera melakukan pengecekan secara mendalam ke bengkel.

Namun, bilamana belum terjadi, sebaiknya Anda menerapkan langkah pencegahan kerusakan oli shockbreaker.

Seperti dengan rutin mengganti seal shock motor secara berkala, pengecekan kapasitas oli shock, dan berkendara secara perlahan ketika melewati medan jalan yang bergelombang.

Beberapa langkah di atas tentu sangat efektif untuk mengurangi atau mencegah terjadinya oli shockbreaker motor merembes atau bocor keluar.

Sehingga, sangat perlu sekali untuk selalu menjaga kondisi oli shockbreaker agar nantinya tidak ada kebocoran atau oli yang merembes keluar dikarenakan penggunaan motor yang kurang tepat atau perawatan yang salah.

Mengatasi Oli Shock Bocor

Bagaimana teman-teman? Apakah sudah cukup jelas penjelasan di atas? Tentu saja, dengan beberapa ulasan di atas, teman-teman pastinya akan jauh lebih bisa memahami apa saja gejala umum yang terjadi pada kondisi oli shockbreaker yang mengalami kebocoran.

Dimana, tanda kebocoran oli shock di atas setidaknya menjadi sebuah pengetahuan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada gejala awal yang mungkin saja merupakan sebuah pertanda dari adanya masalah di bagian area shockbreaker motor.

Selain itu, ada pula solusi sebagai cara untuk mencegah kondisi kebocoran oli shockbreaker itu sendiri. Sehingga, bisa dijadikan sebagai langkah preventif untuk menjaga agar tidak ada oli yang bocor.

Semoga, ciri oli shockbreaker bocor di atas bisa menjadi info yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan