Penting! Lakukan Hal Ini Setelah Beli Mobil Bekas

Beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan sesaat setelah membeli mobil bekas

Setelah Membeli Mobil Bekas – Saat ini, kebanyakan orang masih lebih cenderung memilih mobil bekas ketimbang membeli mobil baru.

Hal itu sebenarnya wajar saja mengingat salah satu faktor yang membuat orang lebih memilih mobil bekas, tentu saja dari faktor harganya yang jauh lebih terjangkau.

Di sisi lain, membeli mobil bekas pun juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang terbatas akan budget. Sehingga, dengan budget yang ada, Anda bisa memilih mobil second dengan harga yang sesuiai budget.

Meski demikian, tentu saja ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebagai konsekwensi membeli mobil bekas.

Perawatan Mobil Bekas

Nah, perlu untuk Anda ketahui bahwa salah satu kelemahan membeli mobil pre-owned adalah adanya kemungkinan beberapa parts atau komponen yang sudah tak layak pakai karena sudah kadaluwarsa.

Bila hal tersebut dibiarkan saja, sangat berpotensi sekali nantinya justru akan memberikan dampak yang lebih luas lagi.

Ini tentu berbeda ketika Anda membeli mobil baru, yang tinggal pakai saja tanpa perlu ada pengecekan mendalam mengingat kondisinya jelas semua dalam kondisi baru.

Oleh karena itu, sebagai pembeli mobil second, hendaknya Anda tetap perlu melakukan beberapa langkah penting setelah membeli mobil bekas. Berikut ulasan lengkapnya.

Hal Perlu Diperhatikan setelah Membeli Mobil Second

Tak seperti membeli mobil baru yang tinggal langsung pakai, Anda tentunya memerlukan beberapa langkah  penting saat membeli atau setelah membeli mobil second sebagai langkah perawatan. Antara lain adalah sebagai berikut :

Langkah Penting Setelah Membeli Mobil Second

Segera Ganti Oli dan Pilih yang Berkualitas

Langkah pertama yang sudah barang tentu harus dilakukan setelah membeli mobil bekas adalah Anda harus segera ganti oli dan seluruh cairan mekanikal.

Kenapa demikian? Tentu saja, langkah seperti ini memang sudah  seharusnya dilakukan untuk mengenali secara detail bagaimana kondisi mesin mobil yang sebenarnya.

Bukan tanpa alasan mengingat tetap tak menutup kemungkinan berbagai pedagang mobil yang berlaku nakal yang menggunakan spesifikasi oli yang lebih kental dari rekomendasi pabrikan agar saat calon pembeli ingin test drive atau sekadar mendengarkan suara mesin mobil incarannya jadi terkecoh karena halusnya suara mesin.

Maka oleh sebab itu, sangat disarankan sekali untuk sesegera mungkin ganti oli sesuai dengan buku manual dan lakukan engine flushing.

Cek Cairan dan Ganti Jika Memang Perlu

Selain oli, beberapa komponen mobil yang bersifat cairan pun akan sebaiknya perlu untuk Anda cek untuk memastikan kondisinya.

Terkait soal itu, Anda harus benar-benar mampu memastikan bahwa semua cairan mobil sesuai standar.

Yakni mulai dari cairan rem dan pendingin mesin atau coolant. Bukan tanpa sebab mengingat tak bisa dipungkiri pula bahwa masalah pada kedua cairan tersebut dapat berakibat buruk pada keselamatan dan mesin. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem cairan tersebut.

Pengecekan seperti ini tentu saja sangat penting untuk Anda lakukan. Maka dari itu, akan jauh lebih baik jika ganti semua cairan, tak terkecuali oli mesin, coolant, minyak rem, dan lain sebagainya dengan cairan sesuai rekomendasi pabrikan.

Penggantian Filter

Selain itu, aspek lain yang perlu untuk Anda perhatikan adalah dengan mengganti filter pada bagian mobil itu sendiri.

Maka dari itu, Anda sebaiknya benar-benar memastikan bahwa semua filter dalam keadaan baik. Segera ganti semua filter yang sudah harus diganti, misalnya filter kabin, filter udara ke mesin, filter bahan bakar jika ada, filter oli dan lain sebagainya.

Pasalnya, filter di sini memiliki peran penting sebagai penyaring udara yang mana akan berakibat atau berpengaruh pada mekanisme sistem pembakaran mesin, terutama saat mesin mobil hendak dihidupkan.

Oleh sebab itu, akan jauh lebih baik jika dalam hal ini pun Anda melakukan penggantian filter pada mobil sebagai salah satu upaya dalam merawat mobil second sebelum mengalami kerusakan yang jauh lebih parah.

Tak hanya itu saja, dengan melakukan penggantian filter di sini pun juga secara tak langsung akan turut merawat bagin atau sistem pembakaran pada mobil second Anda. Jadi, pastikan selalu bahwa filter dalam kondisi yang normal selalu agar performanya tetap oke dan prima dalam segala kondisi.

Pengecekan Mobil Bekas

Cek Sistem Pengereman

Selanjutnya, aspek lain yang sangat penting untuk dilakukan pengecekan juga terletak pada sektor pengereman mobil second.

Bukan tanpa sebab mengingat dalam hal ini, tentu saja komponen bernama rem memiliki peran dan fungsi yang sangat besar pada keselamatan berkendara.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan sekali untuk selalu rutin melakukan pengecekan pada bagian rem. Walau terasa masih baik saat dicoba, sebaiknya periksa dan bersihkan rem.

Nah, bila memang benar-benar ditemukan komponen rem yang harus diganti, jangan tunda untuk menggantinya. Karena, jika Anda menunggu sampai resm benar-benar rusak maka justru akan membuat sistem pengereman menjadi rusak jauh lebih parah, bahkan tak bisa diperbaiki lagi.

Ini tentu hal yang tak seharusnya terjadi. Maka oleh sebab itu, Anda harus melakukan dan benar-benar memastikan bahwa pengereman pada motor ini benar-benar sesuai dan dalam kondisi normal.

Pastikan Kondisi Ban dalam Keadaan Normal

Di samping itu, Anda juga harus memastikan bahwa kondisi ban dalam keadaan normal setelah Anda membeli mobil bekas.

Bukan tanpa alasan mengingat ban sendiri memiliki aspek yang sangat berpengaruh pada keamanan sekaligus kenyamanan dalam berkendara.

Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar melakukan pengecekan mendalam apakah ban sudah waktunya diganti atau minimal kita jadi tahu kapan ban tersebut harus diganti di masa mendatang.

Spooring dan Balancing Wajib

Sementara itu di sisi lain, tak bisa dipungkiri juga bahwa setelah melakukan pembelian mobil, sangat disarankan untuk mengecek dan melakukan perbaikan kaki-kaki. Yang mana menjadi salah satu yang termasuk dalam perbaikan mobil paling memakan biaya.

Maka dari itu, sangat disarankan sekali agar kaki-kaki mobil tidak rusak, Anda sebaiknya ketika  langsung melakukan spooring dan balancing. Langkah ini ditujukan supaya nantinya mobil semakin siap dan nyaman untuk digunakan.

So, Anda harus benar-benar memastikan bahwa langkah seperti ini menjadi bagian penting yang perlu untuk menjaga agar mobil second yang hendak kita gunakan tetap dalam kondisi prima dan tidak sedang dalam keadaan rusak.

Cara Merawat Mobil Bekas

Jadi, sudah jelas bahwa ada beberapa langkah penting yang sudah barang tentu perlu untuk Anda lakukan sebagai cara dalam menjaga atau merawat mobil second pasca Anda beli.

Di antaranya yang paling penting adalah selalu cek oli, cek sistem kelistrikan, dan pastikan masuk dalam proses spooring & balancing. Mengingat, aspek tersebut akan sangat berpengaruh pada mekanisme perawatan itu sendiri.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ya teman-teman penjelasan di atas. Mas Sena sangat berharap bahwa ulasan mengenai beberapa langkah setelah Anda membeli mobil bekas di atas semoga bisa menjadi tips yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan