Penting! Perhatikan Ini Sebelum Membeli Motor Bekas

Membeli motor bekas menjadi salah satu pilihan alternatif bagi banyak orang karena harganya yang lebih murah ketimbang motor baru.

Membeli Motor Bekas – Apakah Anda punya rencana untuk membeli motor bekas? Sudah ada incaran motor yang hendak Anda beli?

Jika sudah, jangan terburu-buru dulu ya kawan. Sebab, Anda tentu perlu untuk memahami beberapa aspek penting yang harus diperhatikan saat akan membeli motor second di pasaran.

Bukan tanpa sebab mengingat saat ini banyak sekali aksi nakal yang dilakukan oleh para penjual motor bekas. Jika Anda tidak waspada dan hati-hati maka besar kemungkinan bahwa motor tersebut merupakan barang yang tidak jelas.

Bisa hasil curian atau hasil perampasan. Bahkan, tak menutup kemungkinan motor tersebut mengalami kerusakan parah yang kemudian dipoles sedemikian rupa agar terlihat seperti normal.

Membeli Motor Bekas

Jika hal-hal tersebut lepas dari perhatian Anda maka potensi tertipu pun akan semakin besar. Sehingga, di sinilah letak perlunya bagi Anda untuk mengenali aspek apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli motor bekas.

Seperti dari sisi kualitasnya, tahun pembuatannya, kelengkapan surat-suratnya serta beberapa aspek lain yang tentunya saling terkait.

Nah, bila Anda masih sedikit awam dalam membeli motor bekas, tentunya Anda tak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut.

Pasalnya, kali ini Mas Sena sendiri akan berbagi informasi terbaru mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli motor bekas, baik motor matic maupun motor 4-tak.

Trik Cermat Membeli Motor Bekas agar Tak Tertipu

Hal utama yang perlu kita pahami mengenai bagaimana cara yang tepat serta persiapan apa saja yang diperlukan sewaktu akan membeli motor bekas tersebut.

Membeli Motor Second

Pastikan Tipe Motor yang Hendak Dibeli

Hal pertama yang jelas Anda perlu lakukan adalah menentukan tipe atau merk motor apa yang akan Anda beli.

Dalam menentukan merk atau tipe, sebenarnya bukan menjadi patokan. Semua tergantung dari kebutuhan maupun keinginan personal.

Mengingat, setiap tipe motor memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing yang patut diperhatikan.

Bisa motor bebek, motor trail, motor sport, atau motor matic (skutik) yang saat ini mendominasi pasar kendaraan roda dua di Indonesia.

Hanya saja, Mas Sena sarankan untuk membeli tipe motor yang benar-benar sesuai kebutuhan dan budget. Karena, dua hal itu merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan di atas selera dan gengsi.

Pilih Motor dengan Tahun Pembuatan Minim 5 – 6 Tahun

Maksudnya, Anda sebaiknya memilih motor bekas yang memiliki masa produksi 5 tahun dari tahun terbaru.

Misalnya, di tahun 2021 ini maka pilihlah motor yang produksi pembuatannya antara tahun 2016 atau paling tidak 2015.

Hal ini perlu dilakukan agar bila ada kerusakan, setidaknya masih lebih mudah diperbaiki. Dengan asumsi bahwa motor keluaran tahun di bawah 2015 tentu sudah tergolong motor yang memasuki usia tua.

Upaya ini setidaknya untuk menekan biaya yang keluar jika sewaktu-waktu motor mengalami kondisi kerusakan akibat penggunaan yang sudah lama.

Tentu saja, ini merupakan tips yang perlu untuk Anda pertimbangkan sebelum menentukan tipe motor apa yang nantinya akan dibeli.

Belilah di Dealer atau Penjual yang Sudah Memiliki Reputasi Tinggi

Memilih penjual yang benar pada saat Anda akan beli motor bekas tentu saja merupakan salah satu tips yang perlu dipertimbangkan. Meskipun, dalam prakteknya memang terbilang gampang-gampang susah.

Bukan tanpa sebab mengingat tak bisa untuk kita pungkiri bahwa untuk waktu-waktu ini tidak sedikit penjual nakal yang hanya bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi. Sehingga, bagaimana pun kondisi kendarannya, tetap dijual dengan harga yang sesuai keinginannya.

Sampai di sini, tentunya yang perlu Anda perhatikan dan telisik sebelum fix untuk beli motor bekas, sangat disarankan sekali untuk terlebih dahulu penjual motor bekas yang sudah memiliki reputasi baik atau bisa lewat teman yang memiliki koneksi ke para penjual motor bekas.

Tentu saja, hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir tindak penipuan yang seringkali dilakukan oleh para penjual nakal yang mana biasanya tidak memiliki reputasi yang baik.

Maka dari itu, sangat dianjurkan sekali bagi Anda untuk terus melakukan pengecekan mana agen dealer motor bekas yang benar-benar menjual motor second terbaik dan juga tidak melakukan aksi penipuan.

Motor Bekas Terbaik

Kenali Harga Pasaran Motor

Langkah selanjutnya sebelum Anda menentukan dan membeli motor second, tentu saja Anda harus memahami berapa kisaran harga pasaran motor yang Anda incar tersebut.

Sebab, harga pasaran seperti ini tentu akan lebih memudahkan Anda untuk menilai mana motor yang ‘beres’ dan mana motor yang ‘bermasalah’.

Bukan tanpa alasan karena biasanya motor yang dijual dengan harga sangat rendah, bahkan di bawah jauh dari harga pasaran, sudah barang tentu sangat dimungkinkan sekali bahwa motor tersebut bermasalah.

Itu artinya bahwa dengan mengenali harga pasaran maka Anda bisa lebih mudah mana harga yang memang benar-benar sesuai dengan pasaran pada saat itu.

Cek Kondisi Bodi Eksterior

Di sisi lain, Anda juga harus memastikan kondisi fisik pada motor tersebut dalam kondisi noromal atau baik-baik saja.

Pastikan bahwa sektor bodinya tidak ada bekas dempulan dan tidak ada keretakan yang mungkin saja diakibatkan karena tabrakan atau benturan keras.

Selain itu, perlu untuk Anda pahami bahwa beberapa bagian fisik motor yang harus Anda cek antara lain, yaitu seperti terkait dengan kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya. Usahakan anda mencari motor bekas yang seluruh bagiannya masih parts original.

Hindari bodi yang sudah mendapatkan banyak dempulan karena itu indikasi sebagai cara penjual untuk menutupi kerusakan akibat benturan yang parah.

Pastikan Rangka Motor Presisi

Di samping itu, untuk memastikan bahwa kondisi motor dalam keadaan yang masih normal saat Anda memutuskan membeli motor second, hendaknya untuk mengecek bagian rangka atau sasis.

Pengecekan seperti ini pada umumnya memang biasa dilakukan oleh beberapa orang. Caranya pun cukup mudah, karena Anda hanya cukup melihat kelurusan roda bagian depan dan belakang. Pastikan kondisi kedua ban tersebut dalam keadaan yang lurus.

Atau, Anda bisa juga dengan mengetes motor dengan mengendarainya di kecepatan 40Km jam lalu direm secara mendadak.

Bila stang mulai sedikit goyah maka itu tandanya ada sedikit masalah pada motor tersebut. Meskipun, masalah tersebut tak terlalu berdampak besar dan bisa diperbaiki.

Tips Membeli Motor Second

Bagaimana teman-teman? Apakah, setelah mengenal tips membeli motor second di atas kawan-kawan sudah bisa mengenali apa saja yang perlu diperhatikan?

Tentu saja, dengan berbagai penjelasan di atas, Mas Sena cukup yakin bahwa Anda pun bisa mengantisipasi beberapa kerusakan yang memang berpotensi mengalami kerusakan.

Namun, hanya saja dari beberapa penjelasan di atas, indikasi paling kuat dan sangat perlu untuk diperhatikan adalah soal sisi eksterior, kondisi mesinnya, dan tentunya harga jualnya di pasaran untuk saat ini.

Semoga, artikel mengenai beberapa persiapan sebelum membeli motor bekas ini bisa membawa manfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan