Jangan Disepelekan! Kenali Penyebab AC Mobil Bau Apek

AC mobil tercium bau apek? Jangan disepelekan, kenali penyebab AC mobil yang bau apek.

Penyebab AC Mobil Bau Apek – AC mobil menjadi bagian atau komponen penting dalam menjamin kenyamanan para penumpangnya.

Dimana, fungsi AC mobil sendiri memang sebagai pengendali suhu dengan mengeluarkan hawa sejuk pada setiap lubang AC yang ada dalam mobil. Tentu saja ini akan membuat sirkulasi udara dalam mobil tetap sejuk sehingga membuat penumpang pun nyaman.

Maka dari itu, jika ada masalah sedikit pada komponen ini, tentu saja kenyamanan dalam kabin mobil pun akan banyak berkurang karena tidak ada sirkulasi udara yang masuk.

Salah satu masalah yang tak jarang terjadi adalah munculnya bau apek yang tak enak secara tiba-tiba saat AC mobil dihidupkan.

Penyebab AC Mobil Baru Apek

Alih-alih udara kabin jadi sejuk. Justru, dengan bau apek yang dikeluarkan akan membuat penumpang merasa tak nyaman sama sekali.

Ini tentu menunjukkan bahwa ada yang salah dari kinerja AC mobil itu sendiri. Sehingga, perlu cara untuk mengatasi masalah pada AC mobil yang bau tersebut sekaligus apa saja yang memicu adanya bau pada AC mobil.

Nah, jika pada mobil Anda mengalami hal yang demikian, Anda haru tahu dulu apa saja yang menjadi penyebab AC mobil bau apek yang mungkin saja dipicu oleh berbagai faktor. Tak perlu berlama-lama, mari kita simak saja ulasan lengkapnya.

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau

Dalam beberapa kasus, memang tak bisa dipungkiri bahwa AC mobil terkadang mengalami masalah dalam hal kinerjanya, seperti secara tiba-tiba mengeluarkan bau apek yang tak enak dihirup. Untuk itu, Anda perlu tahu penyebabnya yang akan Mas Sena jelaskan di bawah ini.

Perawatan Ac Mobil

Kapasitas Freon Akan Habis

Satu faktor paling utama yang kemungkinan besar menjadi penyebab adanya bau yang keluar dari lubang AC terletak pada masalah freon.

Yang mana, dalam hal ini terindentifikasi jika freon AC mulai habis. Sehingga, akan memicu munculnya bau yang mungkin saja bau tersebut berasal dari selang yang kering atau kotor akibat tidak ada gas freon yang melewatinya.

Solusi untuk mengatasi hal ini sudah barang tentu adalah dengan mengecek terlebih dahulu. Apakah benar-benar freon AC mulai habis atau belum.

Jika memang terindikasi habis maka segera isi ulang freon AC. Jangan lupa, saat pengisian freon di bengkel khusus AC mobil, mintakan kepada mekanis untuk mengecek pada bagian saluran, apakah ada yang bocor atau tidak.

Banyak Kotoran di Bagian Filter AC Mobil

Tak bisa dipungkiri bahwa debu maupun kotoran di dalam kabin mobil, sangat dimungkinkan sekali ikut masuk oleh AC melalui filter.

Sehingga, kotoran atau debu tersebut tentunya akan menempel pada filter tersebut. Yang bila dibiarkan saja akan mengendap dan lengket.

Filter yang kotor seperti ini tentu saja akan membuat udara yang keluar dari lubang AC mobil menjadi bau apek.

Apalagi, kotoran tersebut sangat berpotensi sekali mengandung bakteri maupun kuman yang jelas-jelas akan memicu timbulnya bau tidak enak.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan meminta bantuan ke tukang service AC mobil agar semua kotoran yang ada pada filter AC mobil dapat dibersihkan.

Cara ini tentu lebih efektif jika memang benar-benar kondisi filter kotor dan penuh dengan debu lengket.

Muncul Jamur di Bagian Evaporator

Kemudian, faktor lain yang tentunya memicu AC mobil mengeluarkan bau adalah karena adanya masalah di bagian evaporator.

Umumnya, evaporator ditumbuhi jamur yang membuat AC mobil mengeluarkan bau sedikit asam.

Wajar saja, mengingat kelembaban pada evaporator sendiri tidak bisa dilepaskan dari prosesnya ketika mendinginkan suhu udara.

Maka dari itu, dengan suhu dingin dan udara yang lembab, tentu akan berpotensi sekali jika komponen evaporator pada AC mobil ini ditumbuhi oleh banyak jamur.

Nah, untuk mengatasinya, tentu tak ubahnya dengan filter AC tadi. Anda sebaiknya membawa mobil ke bengkel khusus AC agar dilakukan pembersihan secara total pada bagian evaporator ini.

Tambahan, sebaiknya jika AC mobil mengeluarkan bau asam seperti ini, hendaknya segera dilakukan pengecekan dan pembersihan. Karena, bila dibiarkan berlarut-larut, tentu saja akan sangat berpotensi memicu kerusakan pada bagian komponen AC lain.

Ac Mobil Mengeluarkan Bau

Grill atau Lubang AC Mobil Berdebu

Masalah lain yang ditimbulkan oleh AC mobil yang bau, umumnya juga disebabkan karena ada kotoran yang menempel pada lubang atau grill AC.

Bisa jadi, kotoran tersebut debu atau mungkin remahan makanan yang tak sengaja masuk ke dalam sela-sela lubang tersebut.

Anda bisa mengeceknya dengan melihat permukaan pada grill atau lubang AC tersebut. Jika disentuh ada kotoran atau debu yang lengket maka tak menutup kemungkinan di dalam lubang juga banyak debu.

Solusinya, Anda perlu membersihkannya dengan menggunakan kemoceng atau kain basah bersih untuk menghilangkan debu tersebut.

Disarankan pula untuk menyedot debu yang ada di dalam kabin mobil dengan vacuum cleaner. Karena, debu yang menempel di permukaan grill AC tersebut juga bisa menjadi indikasi bahwa kabin sudah mulai banyak debunya.

AC Tidak Pernah Dirawat

Salah satu penyebab umum yang membuat AC mobil bau adalah dikarenakan adalah soal perawatan yang tidak rutin.

Atau, dengan kata lain AC mobil jarang mendapat perawatan mendalam dan intensif sehingga lebih mudah memicu masalah, seperti munculnya bau yang keluar dari AC.

Jika memang benar demikian maka sebaiknya Anda harus meningkatkan intensitas pemeliharaan bagian AC mobil ini agar tidak menimbulkan masalah baru yang sangat benar-benar membuat kabin tidak nyaman akibat dari udara yang berbau tidak enak.

Bila Anda tak bisa merawat atau membersihkan secara mandiri, sebaiknya Anda bisa membawa ke bengkel khusus AC mobil agar bisa dibersihkan oleh si mekanik secara profesional.

Ac Mobil Bau

Dari berbagai penyebab di atas, tentu saja Anda kini sudah bisa memahami apa saja yang menjadi pemicu terhadap masalah pada AC mobil yang mengeluarkan bau apek.

Dimana, beberapa penyebab di atas juga tak bisa lepas dari intensitas perawatan, baik dari komponen AC-nya sendiri maupun perawatan dalam kabin. Mengingat, debu dalam kabin juga berpotensi membuat AC pada mobil mengeluarkan bau yang tak enak.

Di samping itu, salah satu penyebab yang perlu disoroti adalah soal freon yang mulai habis ataupun bagian evaporator yang memang sangat berpotensi sekali ditumbuhi jamur.

Kedua komponen ini menjadi bagian yang seringkali memicu masalah pada udara AC yang tidak sejuk maupun terindikasi bau apek.

Maka dari itu, akan lebih baik jika intensitas perawatan AC mobil lebih ditingkatkan untuk memperhatikan pada dua komponen dalam rangkaian AC tersebut.

Oke teman-teman, tampaknya sampai di sini dulu ulasan mengenai penyebab AC mobil bau apek atau mengeluarkan udara yang tak sedap dihirup. Semoga saja, artikel ini bisa menjadi tambahan pengetahuan Anda semua dalam menjaga sekaligus merawat AC mobil supaya masalah-masalah tersebut tidak muncul lagi.

Bagan