Penting! Ini Faktor Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Mengenali faktor penting yang menjadi penyebab air radiator pada mobil tiba-tiba cepat habis

Air Radiator Mobil Cepat Habis – Dalam rangkaian komponen mobil, tentu saja radiator menjadi salah satu bagian yang memiliki peran penting dalam sektor permesinan.

Bukan tanpa alasan mengingat radiator sendiri berperan sebagai komponen guna mendinginkan atau menjaga suhu dalam mesin mobil agar tidak mudah panas atau mengalami overheat.

Dimana, komponen ini mengandung air radiator yang akan mengaliri setiap bagian di sektor permesinan guna menyejukkan suhu dalam mesin agar proses gerak mesin tetap bergerak sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, Anda sebagai pemilik mobil harus benar-benar memberikan perhatian perawatan pada komponen radiator ini karena perannya yang begitu penting dalam proses pengendalian suhu panas di dalam ruang mesin.

Air Radiator Mobil Cepat Habis

Sebab, terkadang ada beberapa masalah yang mungkin ditemui oleh beberapa pemilik mobil terkait komponen ini. Yakni air radiator mobil cepat habis secara tiba-tiba meski baru saja diisi dengan cairan yang baru.

Jika hal ini terjadi maka sudah pasti ada masalah pada bagian radiator atau komponen lain yang terkait. Sehingga, Anda harus segera melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara mendalam.

Nah, untuk itu, sebaiknya Anda kenali beberapa faktor penyebab air radiator mobil cepat habis yang bisa Anda jadikan referensi dalam merawat komponen ini.

Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Mengenai soal air radiator pada mobil yang cepat habis, tentu saja ada beberapa faktor penyebabnya yang harus Anda ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

Air Radiator Cepat Habis

Tutup Radiator Mulai Rusak

Hal yang jadi pemicu masalah pada air dalam radiator mobil cepat surut, bisa jadi karena adanya masalah pada tutup radiator itu sendiri.

Dimana, umumnya hal ini disebabkan karena adanya kerusakan pada karet yang mana letaknya tepat pada bagian tutup radiator yang dapat membuat air lebih cepat habis dibandingkan biasanya.

Dikarenakan tutup air radiator yang sudah rusak maka akan memicu arus air jauh lebih cepat mengalir ke bagian tabung cadangan.

Solusinya, tentu saja dengan mengganti bagian penutup karet air radiator ini dengan penutup yang baru.

Adanya Kebocoran di Bagian Water Pump

Di sisi lain, jika air radiator mobil cepat habis tentu ada kemungkinan hal itu bisa disebabkan karena adanya masalah kebocoran yang terjadi di komponen water pump.

Karena, water pump sendiri bertugas sebagai pendorong pompa sekaligus untuk sirkulasi air yang ada di dalam mesin.

Apabila ada masalah serius pada komponen ini sudah barang tentu bakal menyebabkan penurunan volume air radiator yang sangat besar.

Tak sampai di situ saja, tak menutup kemungkinan pula bahwa kondisi kebocoran yang disebabkannya akan sangat besar mengingat kondisi arus air yang mengalir akan cukup deras.

Pada umumnya, kondisi water pump yang bermasalah dan tidak bisa memompa sikulasi air radiator dikarenakan usia pemakaian yang sudah lama.

Bila masalah ini tak kunjung dengan segera untuk diperbaiki maka akan sangat berpotensi sekali membuat suhu mesin mudah meningkat atau panas.

Sebagai solusinya, Anda disarankan harus melakukan perawatan dengan langkah yang tepa, seperti menguras air radiator mobil dalam kurun waktu sekitar dua bulan sekali sebagai upaya mencegah endapan yang kemungkinan mulai berkarat.

Di sisi lain, sangat disarankan untuk menggunakan air yang berkualitas atau carian khusus radiator mobil agar kinerja water pump menjadi maksimal dan tidak mudah keropos karena termakan usia.

Sirip Air Radiator Bocor

Tak hanya itu, penyebab air radiator mobil alami kebocoran bisa jadi dipicu karena adanya masalah pada sirip air radiator yang mengalami kebocoran.

Indikator komponen ini alami kebocoran biasanya sulit diketahui secara pasti. Mengingat, air yang bocor mudah menguap dan kering.

Oleh sebab itu, Anda harus rutin melakukan pengecekan pada bagian sirip di bagian air radiator ini. Jadi, bila terjadi ada indikasi kebocoran, bisa langsung diperbaiki.

Karena, komponen ini memiliki peran sangat penting dalam proses pendinginan suhu mesin yang terkait dengan sistem radiator mobil.

Cairan Radiator Coolant Mobil

Selang Air Radiator Merenggang

Jika Anda mulai merasa air pada radiator mobil tiba-tiba cepat surut atau habis maka itu bisa menandakan jika ada kebocoran di bagian selang air radiator itu sendiri.

Hal itu tentu saja dipicu karena kurang rapatnya selang yang terpasang di bagian komponen radiator pada mobil.

Adanya celah pada selang yang renggang ini tentu akan mempermudah cairan radiator meluap keluar. Ini sangat berpotensi sekali membuat volume air radiator mobil banyak berkurang.

Maka oleh sebab itu, sangat disarankan sekali untuk rutin memeriksa bagian selang radiator ini. Pastikan tidak ada selang yang renggang, terutama yang terhubung langsung dengan radiator agar air tidak mudah keluar.

Selain itu, selalu gunakan selang yang berkualitas jika sewaktu-waktu Anda mengganti selang radiator dengan yang baru. Upaya ini tentu saja sebagai langkah untuk mencegah terjadinya kebocoran karena adanya celah di bagian selang yang tersambung di bagian radiator.

Ada Kerusakan/Masalah pada Penutup Ruang Pembuangan Air Radiator

Selain beberapa faktor penyebab di atas, tak bisa dipungkiri bahwa ada faktor lain yang membuat air radiator mobil cepat mengalami penyusutan volume.

Salah satu di antaranya yakni kerusakan pada penutup pembuangan air radiator yang biasanya letaknya berada di bagian bawah.

Jika kurang rapat maka wajar jika air radiator keluar dari penutup ini sehingga membuatnya cepat habis.

Namun, bila penutupnya sudah rusak atau ada sedikit celah maka tentunya akan membuat air radiator pun akan terus keluar melalui celah kecil tersebut.

Oleh sebab alasan itu maka sebaiknya Anda menambal bagian penutupnya atau menggantinya dengan penutup baru yang lebih rapat.

Hanya saja, masalah pada penutup pembuangan air radiator ini sangat jarang terjadi. Meskipun demikian, Anda tetap perlu untuk memperhatikan kondisinya.

Tidak Menggunakan Cairan Coolant

Jika Anda mengalami kebocoran air radiator, tentu saja faktor yang memicu bisa dikarenakan masalah pada cairan itu sendiri.

Dimana, bila Anda menggunakan air mineral biasa maka akan memicu terjadinya korosi di beberapa bagian/komponen terkait dengan rangkaian sistem pendingin.

Korosi tersebut menyebabkan adanya karat yang bisa merusak atau memicu timbulnya lubang/celah yang memicu terjadinya kebocoran.

Oleh karena hal tersebut maka sebaiknya gunakan cairan khusus (coolant) khusus sebagai cairan radiator mobil. Karena, radiator coolant ini tentunya sudah diformulasi khusus untuk menyerap panas dan mencegah korosi (karatan) pada material silinder mesin.

Adapun kandungan utama dari cairan pendingin, yakni air tanpa mineral, zat anti-beku propylene glycol, dan pencegah karat.

Perawatan Radiator Mobil

Nah, itulah tadi beberapa faktor yang memicu atau penyebab air radiator mobil cepat habis secara tiba-tiba.

Tentu saja, dengan pengetahuan tersebut, Anda sudah bisa memahami bagamana solusi untuk mencegah atau mengatasinya. Sampai di sini dulu ya kawan dan semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua.

Bagan