Penyebab Aki Mobil Sering Tekor yang Jarang Disadari

Mengenal faktor penyebab aki pada mobil sering tekor

Penyebab Aki Mobil Sering Tekor – Komponen yang bernama aki tentu saja adalah satu dari sekian banyak komponen yang kehadirannya sangat penting dan dibutuhkan oleh tiap kendaraan.

Salah satunya yakni kendaraan roda empat atau mobil. Apalagi, sistem pada mobil umumnya sangat mengandalkan kinerja aki untuk menjalankan beberapa aktivitas yang berkenaan dengan kelistrikan.

Contohnya saja seperti lampu pada mobil yang sudah barang tentu akan membutuhkan daya dari aki sebagai suplai utama agar menyala.

Oleh sebab itu, jika aki mobil mengalami masalah atau kerusakan maka sudah barang tentu akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

Penyebab Aki Mobil Sering Tekor

Jadi, tak heran bilamana kondisi aki yang sudah mulai menunjukkan adanya indikasi lemah daya atau aki mobil sering tekor, tentunya akan berdampak buruk pada mobil. Seperti tidak bisa distarter dan bagian lainnya tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Salah satu yang sering terjadi adalah aki mobil yang sering tekor. Tentu saja, dari hal tersebut, Anda harus memahami penyebab aki mobil sering tekor.

Mengingat, letak kerusakan pada aki mobil juga tergantung dari beberapa komponen lain yang mungkin terkait.

Jika letak kerusakannya sudah diketahui maka akan mempermudah proses perbaikannya. Ini tentu menjadi hal penting, terkhusus bagi Anda yang mobilnya sering mengalami masalah pada aki yang sering tekor.

Dalam kesempatan kali ini, Mas Sena pun akan berbagi informasi mengenai beberapa penyebab aki mobil tekor yang harus Anda pahami dan kenali agar bisa dilakukan perbaikan dini sebelum menjalar ke komponen lain.

Penyebab Aki Mobil Sering Tekor

Dalam beberapa kasus, ada kondisi dimana sistem kelistrikan pada mobil mengalami masalah. Yang mana pada umumnya dipicu pada sektor aki. Nah, berikut adalah penyebab aki mobil sering tekor yang perlu diketahui.

Penyebab Aki Mobil Sering Drop

Mobil Sangat Jarang Digunakan/Dipanasi

Hal pertama yang sangat memungkinkan menjadi penyebab aki mobil sering tekor, tentu saja tak bisa dikarenakan mobil yang jarang dipanasi atau tidak pernah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Mengapa demikian bisa terjadi? Perlu diketahui bahwa asupan suplai daya pada aki mobil didapatkan dari terjadinya kinerja mesin mobil itu sendiri.

Maka dari itu, jika mesin mobil tidak pernah dihidupkan atau digunakan dalam waktu lama maka aki tidak mendapat suplai kelistrikan yang cukup sehingga membuat kapasitas aki kurang optimal.

Solusinya, meski jarang digunakan, Anda tetapharus rutin memanasi mobil setiap pagi hari paling tidak selama 5-10 menit agar suplai daya listrik ke aki selalu terisi secara optimal. Dengan demikian maka secara otomatis membuat daya aki tidak mudah lemah dan tekor sekaligus masa pakainya lebih lama.

Frekuensi Penggunaan Mobil Tinggi

Mobil yang terlalu sering digunakan pun juga menjadi salah satu dari sekian banyak penyebab aki mobil sering tekor.

Karena, mobil yang digunakan terlalu sering maka secara otomatis akan memicu aki untuk bekerja lebih keras. Hal ini secara tak langsung akan mengurangi masa pakai dari aki itu sendiri.

Oleh sebab itu, jika intensitas penggunaan mobil tinggi, sebaiknya sisakan waktu satu hari saja untuk mendinginkan kondisi mesin mobil. Ibrat kata mengistirahatkan mobil agar kemampuannya kembali seperti sedia kala.

Hal ini perlu dilakukan guna menjaga agar performa dan kondisi aki mobil menjadi lebih stabil.

Aki Mulai Kehabisan Cairan

Air aki yang habis juga sangat berpotensi sekali menjadi penyebab aki mobil sering tekor. Apalagi, jika tidak pernah dicek.

Jika kondisi seperti ini dibiarkan saja maka kondisi aki justru akan mudah dan rentan mengalami tekor saat digunakan.

Dengan demikian maka sangat disarankan sekali bagi Anda untuk selalu mengecek air aki sebelum bepergian.

Jika air aki sudah berada jauh di bawah batas indikator maka itu tandanya Anda harus segera mengisinya dengan air aki baru. Hal ini tentu akan mencegah terjadinya aki melemah dikarenakan kekurangan air.

Maka dari itu, untuk langkah ini sangat disarankan untuk selalu melakukan pengecekan rutin pada bagian aki supaya kondisinya tetap terjaga dan bisa memberikan suplai daya listrik ke setiap komponen mobil.

Penyebab Aki Mobil Tekor Mendadak

Berlebihan dalam Menyematkan Aksesoris Mobil

Mobil hasil modifikasi tentu memiliki daya tarik sendiri bagi sebagian orang, terutama para penghobi.

Di antara penerapan modifikasi di sini seperti dengan menambahkan beberapa aksesoris, seperti lampu dan beberapa alat lain yang membutuhkan daya.

Bahkan, tak jarang yang menambahkan suplai power daya pada sistem audio, seperti dengan menambahkan speaker yang berdaya tinggi.

Sebenarnya hal ini sah-sah saja. Namun, jika tidak sesuai dengan kapasitas beban daya aki mobil maka beberapa aksesoris tersebut akan menyedot banyak daya sehingga membuat daya listrik pada aki menjadi cepat habis.

Bila kondisi seperti ini dibiarkan maka sangat berpotensi sekali memicu aki mobil yang cepat soak atau tekor meski belum lama pemakaiannya.

Aki Sudah Berumur

Pemakaian yang panjang dan lama tentu juga sangat berpengaruh pada kinerja atau performa aki mobil.

Ini juga menjadi penyebab aki mobil sering tekor. Karena, beban kerja yang sering digunakan atau pemakaian aki yang sudah lama membuat daya listriknya pun juga melemah.

Kalaupun bisa diperbaiki atau direka, tetap saja tidak akan banyak memberikan pengaruh. Apalagi, jika mobil sering digunakan.

Maka dari itu, salah satu solusinya yakni dengan menggantinya dengan aki yang lebih baru dan tentunya memiliki kualitas atau grade yang sesuai standar rekomendasi pabrik.

Untuk pencegahannya, disarankan lakukan penggantian aki setiap 2 atau 3 tahun sekali meski kondisinya masih bagus. Karena, sewaktu-waktu bila tidak diganti dengan usia aki yang sudah tua maka saat digunakan di jalan berpotensi mengalami gangguan sistem kelistrikan, seperti lampu tiba-tiba redup atau malah padam.

Gunakan Mobil Seperlunya

Seperti yang sudah diungkap sebelumnya, intensitas pemakaian mobil yang terlalu sering juga akan mengurangi masa pemakaian aki.

Oleh karena itu, sangat disarankan sekali untuk mengurangi penggunaan mobil. Gunakan mobil seperlunya atau sesuai kebutuhan saja untuk meminimalisir terjadinya aki soak.

Cara ini memang terbilang cukup efektif guna mencegah aki pada mobil menjadi tekor karena pemakaian yang jarang.

Namun, yang menjadi catatan penting, Anda tetap harus rutin memanaskan mesin mobil agar ada daya listrik yang masuk ke aki sewaktu mesin mobil dihidupkan.

Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Beberapa penyebab aki mobil sering tekor di atas tentu bisa Anda jadikan rujukan untuk mengenal apa saja faktor pemicu yang membuat aki menjadi cepat atau sering soak dan melemah.

Tentu saja, ada faktor lain yang bisa saja terjadi di luar pembahasan di atas. Namun, beberapa penyebab yang Mas Sena sebutkan di atas adalah penyebab yang sering dialami oleh banyak mobil yang mengalami masalah pada aki yang tekor.

Bagaimana kawan? Sudah cukup jelas bukan ulasan mengenai penyebab aki mobil sering tekor? Mas Sena berharap informasi ini bisa menambah wawasan Anda dalam merawat mobil, terutama pada sektor aki yang memang rentan mengalami masalah bila tidak mendapat perawatan serius.

Bagan