Penyebab Kaca Mobil Berembun dan Solusi Mengatasinya

Faktor penyebab kaca mobil sering berembun sekaligus cara untuk mencegah agar tidak mudah berembun

Kaca Mobil Berembun – Saat berkendara mobil, tentu Anda sudah pernah mengalami kaca mobil berembun, terutama saat musim hujan atau cuaca yang sangat dingin.

Dimana, hal ini tentu jika dibiarkan akan mengganggu pengendara karena pandangan tertutupi oleh embun. Ini tentu akan membuat pengemudi sulit melihat kondisi jalan di depan saat berkendara.

Kondisi soal embun pada kaca mobil ini tentunya akan selalu muncul jika tidak diketahui penyebab dan solusinya.

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Maka dari itu, Anda harus memahami apa saja penyebab kaca mobil berembun dan cara mencegahnya agar ke depan tidak terjadi lagi.

Karena, jika dibiarkan begitu saja, akan membuat kaca menjadi mudah kotor dan sekaligus membuat pandangan Anda terganggu saat menyetir mobil.

Nah, berikut ini akan Mas Sena sajikan informasi mengenai beberapa faktor yang jadi penyebab kaca mobil berembun dan juga cara mencegah atau mengatasinya. Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Mengenai soal kaca mobil yang sering mengalami berembun, tentu saja ada beberapa faktor pemicu. Antara lain adalah sebagai berikut.

Mengatasi Kaca Mobil Yang Berembun

Faktor karena Proses Kondensasi

Penyebab pertama yang membuat kaca mobil berembun, tentu saja disebabkan karena adanya proses kondensasi.

Dimana, proses kondendasi ini terjadi akibat dari adanya proses perubahan uap ke benda cair pada titik suhu udara tertentu yang membuat uap tersebut mencair dalam bentuk embun.

Dengan kata lain bahwa munculnya embun di bagian kaca pada mobil ini tentu saja tak lepas dari adanya perbedaan temperatur udara, yakni suhu udara di luar dan di dalam mobil.

Hal ini memang menjadi suatu kewajaran dikarenakan kondisi cuaca yang mengalami penurunan suhu.

Hanya saja, akibatnya adalah dengan adanya embun pada kaca mobil, tentunya akan mengurangi visibilitas pengemudi, khususnya saat dalam kondisi hujan deras atau kabut tebal.

Perubahan Suhu yang Drastis

Selain itu, faktor yang memicu terjadinya embun pada permukaan kaca mobil tersebut juga tak lepas dari adanya perubahan suhu yang drastis.

Yakni perubahan dari suhu panas ke suhu yang dingin, terutama jika perubahan ini terjadi dalam kabin mobil.

Bila memang benar demikian adanya, tentu saja faktor penyebab yang satu ini akan bisa diatasi dengan mencoba untuk menyeimbangkan kondisi suhu dalam kabin agar sesuai dengan suhu di luar kabin.

Misalnya saja, ketika hujan deras dengan suhu yang dingin, secara otomatis suhu di kabin akan mengikuti udara di luar yang mengandung kelembaban tinggi.

Tak hanya itu, hembusan nafas para penumpang dan juga pengemudi yang mengeluarkan udara hangat, akhirnya temperatur udara di kabin lebih hangat dan kemudian embun pun secara perlahan muncul.

Cara Mengatasi Kaca Mobil yang Berembun

Berikut ini adalah tips buat Anda sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kaca mobil yang mulai berembun.

Mencegah Embun Di Kaca Mobil

Manfaatkan Fitur Defrost/Defogger

Pertama, salah satu cara untuk mengatasi kaca mobil yang berembun, Anda bisa menggunakan fitur defogger yang tersedia pada mobil.

Fitur ini tentu saja sangat bermanfaat guna menghilangkan embun pada mobil dengan cara menstabilkan udara dalam kabin.

Lubang ventilasi pada defrost sendiri umumnya posisinya berada di kedua sisi paling ujung pada dashboard.

Sedangkan di lain sisi, jikalau embun yang terjadi di belakang mobil, Anda dapat menggunakan fitur defogger untuk menghilangkannya.

Tentu saja, hadirnya fitur defros atau defogger ini memang dihadirkan untuk mengatasi embun yang terjadi atau muncul di permukaan kaca mobil.

Hanya saja, tidak semua tipe mobil memiliki fitur seperti ini. Hanya pada tipe atau tahun pembuatan tertentu saja.

Gunakan Tombol Resirkulasi

Di samping itu, untuk mengatasi embun pada kaca mobil, Anda juga bisa menggunakan tombol resirkulasi.

Bila tombol ini diaktifkan maka nantinya sistemnya akan bekerja, yakni dengan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara tersebut tanpa mengubah suhu.

Sirkulasi seperti ini tentu saja sangat efektif dalam meminimalisir atau mencegah terjadinya perbedaan suhu, antara suhu luar kabin dengan di dalam kabin mobil itu sendiri.

Namun, satu yang perlu diingat bahwa untuk menggunakan tombol ini, gunakan saja hanya pada saat embun benar-benar tebal menutup kaca mobil.

Dan, bila embun sudah mulai menghilang, segera matikan fitur ini untuk mencegah udara dari luar yang masuk agar tidak kebanyakan mengingat tentu udara dari luar serta merta akan membawa debu atau kotoran ke dalam kabin.

Maka, untuk itu gunakan fitur tombol resirkulasi ini pada waktu yang tepat dan dibutuhkan saja.

Aktifkan AC dan Wiper

Perlu diketahui bahwa embun pada kaca mobil bisa juga terjadi dikarenakan suhu udara dalam kabin dingin di tengah suhu udara di luar yang panas.

Ini tentu akan memicu munculnya titik-titik embun pada kaca mobil. Sehingga, secara tak langsung pun akan membuat pandangan atau visibilitas pengemudi menjadi terganggu.

Nah, untuk mengatasi embun dengan kondisi suhu kabin mobil dingin, Anda bisa mengurangi temperatur udara pada AC.

Yang mana, jika dalam mobil bekerja dengan baik maka nantinya perlahan suhu otomatis menurun secara cepat. Dengan mengurangi kadar suhu AC mobil atau menghangatkan kabin mobil maka secara otomatis mengurangi embun yang menempel di permukaan kaca.

Selain dengan AC, Anda juga bisa mengatasi embun pada permukaan kaca mobil dengan menggunakan wiper.

Tentu saja, wiper di sini sudah pasti untuk menyeka permukaan mobil yang terkena embun tersebut.

Buka Jendela Mobil

Tips untuk menghilangkan embun di kaca mobil yang paling efektif adalah dengan membuka jendela.

Cara ini bisa dilakukan untuk membuat udara dalam kabin bisa seimbang atau sesuai dengan suhu di luar kabin.

Nah, jika terjadi kondisi kaca mulai berembun, segera buka jendela untuk beberapa waktu, paling tidak selama 5 – 10 menit dan pastikan embun menghilang.

Namun, saat membuka jendela, usahakan di lokasi yang tidak banyak berdebu atau di pinggir jalan. Karena, jika dilakukan maka akan sangat berpotensi sekali debu masuk ke dalam kabin yang justru akan membuat interior menjadi kotor dan penuh debu.

Menghilangkan Embun Di Kaca Mobil

Nah, itulah tadi beberapa penyebab sekaligus solusi untuk mencegah atau mengatasi kaca mobil berembun.

Dimana, beberapa langkah di atas bisa Anda terapkan satu per satu, dipilih mana yang sekiranya paling efektif untuk mengatasi embun pada mobil tersebut.

Di sisi lain, dengan penjelasan terkait beberapa penyebab di atas, sudah barang tentu Anda bisa memahami apa saja faktor yang memicu embun. Sehingga, jika diketahui penyebabnya maka solusinya pun bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya tersebut.

Demikian ulasan artikel mengenai penyebab kaca mobil berembun dan beberapa solusi untuk cara mengatasinya. Semoga, tips yang telah Mas Sena bagikan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi untuk teman-teman sekalian dan sampai jumpa.

Bagan