Penyebab Kelistrikan Motor Matic Mati

Ada beberapa faktor yang memicu kelistrikan pada motor matic mati total.

Penyebab Kelistrikan Motor Matic Mati – Di dalam sebuah motor matic, tentu sistem kelistrikan merupakan bagian yang penting dalam menunjang kinerja motor.

Ini semua tak lepas dari kebutuhan beberapa komponen di dalam menjaga performa motor, khususnya yang berkenaan erat dengan mekanisme kelistrikan.

Contohnya seperti busi yang tentu akan membutuhkan sokongan daya listrik agar bisa memercikan api saat akan menghidupkan mesin motor.

Lalu bagaimana jika kondisi kelistrikan motor tiba-tiba mati dan tidak berfungsi? Sudah barang tentu kinerjanya akan terhambat.

Penyebab Kelistrikan Motor Matic Mati

Maka dari itu, Anda sebagai pemilik kendaraan matic (skutik), setidaknya mengetahui penyebab kelistrikan motor matic mati.

Sebab, dengan memahami beberapa faktor pemicunya, setidaknya Anda bisa mengenali bagian mana yang perlu mendapat perbaikan dari sistem kelistrikan pada motor matic yang mengalami masalah tersebut.

Wajar saja, karena sistem listrik di dalam motor terbilang cukup rumit dan perlu ketelatenan ketika Anda akan memperbaikinya.

Nah, di sini Mas Sena memiliki informasi penting untuk Anda pahami mengenai penyebab kelistrikan motor matic mati yang bisa dijadikan bahan referensi ketika kondisi ini dialami pada motor matic Anda.

Penyebab Kelistrikan Motor Matic Mati

Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya kelistrikan pada motor matic mengalami masalah. Di antaranya adalah sebagaimana yang akan Mas Sena jelaskan berikut ini.

Motor Matic Mati Total

Kondisi Aki Motor Melemah/Tekor

Salah satu penyebab kelistrikan motor matic mati yang utama adalah kondisi aki yang sudah mulai melemah atau tekor.

Kondisi aki yang lemah tentu akan membuat gangguan suplai tenaga listrik pada beberapa komponen. Mengingat, sebagai komponen utama penyimpan arus maka tugasnya menyuplai daya.

Jadi, bila lampu, klakson, elektrik starter tidak bisa beroperasi, maka itu tandanya aki pada motor matic Anda mengalami masalah atau sudah tekor.

Apalagi, bila motor Anda sudah berusia lama di atas 5 tahun dan belum pernah mendapat penggantian aki. Maka, bisa dipastikan bahwa kondisi aki tersebut perlu mendapat penggantian yang lebih baru agar bisa bekerja sebagaimana mestinya untuk menyuplai arus atau daya listrik ke setiap komponen.

Sekring Putus

Di sisi lain, faktor pemicu lain yang menyebabkan sistem kelistrikan pada motor matic mengalami kendala, juga bisa disebabkan karena sekring putus.

Karena, secara fungsional, sekring sendiri berperan sebagai komponen pengaman rangkaian kelistrikan motor ketika ada arus daya yang besar masuk.

Dengan kata lain, keberadaan sekring pada motor matic dipastikan bakal mampu meminimalisir jika adanya gejolak aliran listrik berampere tinggi yang sangat berpotensi sekali membakar kabel-kabel kecil pada rangkaian kelistrikan motor.

Ketika kelistrikan motor mulai terindikasi mati dan mesin juga tidak bisa hidup meski pakai kick start, tak menutup kemungkinan bahwa sekringnya putus.

Tak sampai di situ, perlu Anda ketahui juga bahwa pada motor terdapat beberapa sekring yang keberadaannya berfungsi untuk menjalankan tiap-tiap komponen.

Jika lampu mati tetap elektrik starter masih normal dan klakson masih bisa berbunyi maka itu tandanya sekring yang tersambung dengan lampu putus.

Terjadi Korsleting

Kondisi lain yang perlu diwaspadai ketika ada kendala dalam sistem kelistrikan, Anda harus benar-benar jeli mengecek, apakah ada korsleting yang terjadi di dalam sistem listrik motor matic.

Umumnya, korsleting seperti ini terjadi ketika motor dicuci atau menerjang banjir. Air yang masuk dan mengenai kabel kelistrikan, tentu berpotensi memicu adanya arus pendek yang menyebabkan korsleting.

Jika hal demikian terjadi maka cek pada apakah ada kabel terkelupas yang menempel pada body/frame motor. Mengingat, biasanya korsleting seperti ini terjadi pada beberapa kabel motor yang memiliki peluang terkena air.

Kelistrikan Motor Injeksi Mati Total

Kerusakan pada Spul Motor

Penyebab kelistrikan motor matic mati selanjutnya bisa dikarenakan adanya kerusakan yang bersumber pada bagian spul motor.

Spul di sini menjadi komponen penting karena fungsinya sebagai pengubah putaran mesin menjadi listrik yang mana tenaga tersebut kan disuplai pada saat mesin mulai hidup.

Biasanya, kejadian ini umum terjadi pada beberapa motor matic yang sudah berusia lama. Karena putaran spul sudah tidak optimal lagi sebagaimana pada awal kondisi yang masih baru.

Maka, jika masalah ini terjadi, Anda harus segera memperbaikinya mengingat komponen ini berperan dalam memproduksi sistem kelistrikan pada motor matic. Jika tidak segera diperbaiki maka mesin motor Anda tidak akan bisa hidup.

Kiprok Sudah Mulai Melemah

Kejadian lain yang bisa memicu kerusakan pada kelistrikan motor matic adalah terjadinya masalah pada kiprok, yakni sudah lemah atau rusak.

Kiprok di sini bertugas untuk meregulasi tegangan yang telah dihasilkan dari putaran spul agar tidak lebih dari 14 V. Artinya, kiprok berperan untuk mengatur besaran tenaga.

Nah, ketika kiprok pada motor Anda sudah melemah maka secara otomatis tegangan yang dikirim ke kelistrikan motor juga semakin lemah “bisa dibawah 10 V”.

Umumnya, kerusakan kiprok maupun spul memiliki indikasi yang hampir sama. Maka, untuk mendeteksi agar tepat dimana letak kerusakannya, Anda harus mengeceknya dengan multimeter yang disediakan di beberapa bengkel khusus aki.

Kabel Putus

Di samping itu semua, kondisi sistem kelistrikan pada motor matic yang mati, juga tak menutup kemungkinan adanya masalah pada kabel tertentu yang putus.

Jika aki masih berfungsi, kiprok dan spul juga masih normal namun motor tidak bisa distarter atau lampunya mati maka itu tandanya adalah problem pada bagian kabel.

Untuk mengetahuinya cukup sulit mengingat rangkaian kabel pada motor matic ini sangat rumit dan bersinggungan antara satu kabel dengan kabel lainnya.

Sehingga, untuk mengeceknya, Anda perlu membawa motor ke bengkel yang khusus menangani sistem kelistrikan pada motor matic Anda.

Hindari mengecek sendiri bila Anda masih merasa belum ahli. Karena, untuk mengecek kabel, bukan hal yang coba-coba mengingat bila ada kesalahan sedikit saja maka bisa menimbulkan kerusakan pada bagian komponen kelistrikan lain.

Sistem Kelistrikan Motor Matic

Jika melihat beberapa faktor penyebab kelistrikan motor matic mati di atas, tampaknya memang bukan hal yang mudah untuk mengenali indikasinya.

Bukan tanpa alasan mengingat setiap sistem kelistrikan di dalam motor matic memiliki fungsi masing-masing dan sambungan yang berbeda-beda.

Bahkan, dari tiap kabelnya pun juga memiliki fungsi berbeda meskipun masih dalam satu rangkaian. Ini tentu membuat cara untuk mengetahui di mana letak kerusakan sistem kelistrikan di dalam sebuah motor matic terbilang cukup sulit dilakukan.

Namun, jangan khawatir. Solusinya Anda bisa mendatangi mekanik yang benar-benar ahli dalam bidang sistem kelistrikan motor.

Nah, demikian tadi beberapa faktor yang memicu kerusakan pada sistem kelistrikan dari motor matic (skutik) yang bisa Anda jadikan sumber referensi yang menjanjikan. Sehingga, bisa Anda jadikan patokan untuk memahami dan mengetahui bagaimana kerusakan itu terjadi.

Semoga artikel mengenai penyebab kelistrikan motor matic mati ini membawa manfaat untuk Anda semua. Sekian dan sampai berjumpa lagi di lain topik otomotif.

Bagan