Penyebab Kondensor AC Mobil Rusak

Mengetahui dan memahami gejala adanya kerusakan pada kondensor AC mobil

Penyebab Kondensor AC Mobil Rusak – Kerusakan pada tiap bagian pada interior mobil memang menjadi hal yang membuat sebal setiap orang. Hal itu tentu saja tak lepas dari soal kenyamanan mengingat bila ada kerusakan sedikit saja maka akan mengganggu si pengemudi maupun penumpangnya.

Di satu sisi, tak bisa dipungkiri juga bahwa pada salah satu masalah yang terbilang cukup sering terjadi adalah pada bagian AC mobil. Dimana, ada beberapa indikasi yang cukup kompleks sehingga membuat AC mobil tidak bekerja secara maksimal.

Salah satunya yakni kerusakan pada kondensor AC mobil itu sendiri. Yang dalam soal ini, tentu saja ada beberapa penyebab kondensor AC mobil rusak sebagai pemicu atas kerusakan pada bagian AC mobil itu sendiri.

Umumnya, debu atau pun kerikil kecil adalah faktor yang membuat kerusakan pada bagian kondensor AC mobil. Dari sini, tentu saja perawatan AC yang tepat menjadi suatu hal yang wajib dan harus dilakukan atau diterapkan oleh setiap pemiliknya.

Penyebab Kondensor Ac Mobil Rusak

Karena, dari berbagai kondisi dan kejadian, AC pada mobil memang menjadi sektor yang sangat rentan terhadap kerusakan. Apalagi, bilamana bagian ini tidak mendapat perawatan sama sekali. Bisa dibayangkan bukan?

Nah, salah satu perhatian yang diperlukan adalah setidaknya Anda bisa mengenali dan memahami penyebab kondensor AC mobil rusak sebagai upaya untuk mendeteksi dimana letak kerusakan utamanya.

Dari situ, tentu akan membantu Anda lebih jelas dan mudah dalam mengenal faktor pemicu kerusakan yang terjadi di bagian kondensor AC mobil.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, berikut ini akan Mas Sena sajikan informasi mengenai penyebab kondensor AC mobil rusak yang bisa untuk Anda pahami secara lebih mendalam.

Penyebab Kondensor AC Mobil Rusak

Dari berbagai aspek yang saling terkait, ada ragam faktor pemicu yang menjadi penyebab kondensor AC mobil rusak. Di antaranya adalah seperti yang akan diungkap di bawah ini.

Kondensor Ac Mobil Rusak

Kebocoran pada Kondensor AC

Faktor pemicu pertama yang jadi penyebab kondensor AC mobil rusak adalah adanya kebocoran pada kondensor dari AC itu sendiri.

Umumnya, kebocoran seperti ini terjadi pada beberapa sektor dari bagian pipa sambungan yang turut menghubungkan kondensor dengan AC mobil itu sendiri.

Jika kondisi demikian terjadi maka proses penyaluran udara dalam sistem AC pun tidak akan bisa beroperasi secara maksimal.

Ini tentu menjadi salah satu penyebab daripada kondensor pada AC mobil mengalami kerusakan yang mana berimbas pada udara dari AC tidak sejuk/dingin tetapi justru terasa panas.

Nah, untuk soal tingkat kebocoran pada kondensor sendiri, mau besar atau kecil, tetap saja akan berakibat fatal yang mana membuat udara di dalam kabin terasa panas.

Ada Penyumbatan pada Kondensor AC

Di sisi lain, perlu untuk diketahui pula bahwa penyebab kondensor AC mobil rusak juga bisa dipengaruhi karena adanya penyumbatan pada kondensor itu sendiri.

Pada umumnya, penyumbatan yang terjadi dalam komponen ini sering diakibatkan dari menumpuknya debu maupun kotoran yang ada di dalamnya.

Di sini, tentu saja menjadi sebuah hal penting untuk selalu memperhatikan kondisi kabin dengan melakukan tindakan pencegahan rutin untuk mencegah debu masuk.

Karena, meski berbentuk partikel kecil, tetap saja jika sudah lama menumpuk akan masuk ke sela-sela kabin, termasuk kondensor AC yang membuat mampet.

Oleh sebab alasan itu, jikalau memang kondensor pada AC mobil sudah dipastikan mengalami penyumbatan maka segeralah untuk membersihkannya.

Hindari untuk membiarkan debu dan kotoran tersebut menempel terlalu lama. Karena, nantinya sistem AC yang dalam hal ini kondensor AC pada mobil pun bakal cepat rusak.

Kerusakan Pada Kondensor Ac

Suhu Kondensor Tinggi (Panas)

Tak sampai di situ saja, perlu untuk diketahui juga bahwa ternyata penyebab kondensor AC mobil rusak, dipicu karena suhu pada kondensor mengalami kenaikan atau panas.

Dengan kata lain bahwa saat mesin mobil dihidupkan maka secara otomatis, kondensor akan melakukan tugasnya dengan menghisap udara panas dalam kabin.

Nah, sampai pada kondisi seperti ini, biasanya suhu kondensor AC mobil mulai tidak stabil. Maka, tak jarang mengalami yang namanya overheating.

Adapun beberapa faktor yang membuat suhu kondensor tinggi yang membuatnya rusak adalah bisa disebabkan karena kipas yang tidak berfungsi, kotoran pada kondensor sendiri, oli kompresor melebihi kapasitas, cairan freon yang membludak, dan bisa juga dimungkinkan karena putaran visco fan radiator yang melemah.

Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan ekstra fan guna membantu pendinginan suhu pada kondensor sehingga tidak muda rusak yang dipicu karena panasnya suhu udara yang diserapnya.

Usia Kondensor yang Sudah Berumur

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap komponen memiliki masa pakai atau usia yang mana menginjak pada waktu tertentu, harus mendapatkan perbaikan atau penggantian.

Ini yang juga menjadi penyebab kondensor AC mobil rusak. Artinya bahwa usia penggunaan kondensor yang sudah lama tentu kinerjanya akan menurun dan melemah seiring dengan berjalannya waktu.

Nah, bilamana memng ternyata umur kondensor pada mobil Anda sudah tua maka disarankan agar kondensor tersebut segera diganti. Bukan tanpa alasan supaya nantinya putaran angin lebih maksimal yang berdampak pada suhu di dalam kabin pun menjadi lebih atau tetap terjaga.

Kondensor Berkarat

Penyebab kondensor AC mobil rusak lain bisa juga disebabkan karena adanya korosi atau karatan pada komponen tersebut karena banyaknya kotoran yang menumpuk dan mengendap.

Dimana, proses korosi yang terjadi pun bakal semakin cepat lantaran adanya tetesan air selama proses pendinginan yang membuat kondensor AC pada mobil menjadi melemah dan mengalami kerusakan.

Jika terjadi demikian maka sebaiknya bersihkan kondensor AC sampai benar-benar bersih. Bilamana memang sudah menurun kinerjanya, jangan tunggu berlama-lama, segera gantilah dengan yang baru.

Tanda Kondensor Ac Mobil Rusak

Nah, itulah kawan beberapa penyebab kondensor AC mobil rusak yang sangat perlu untuk kawan-kawan ketahui, kenali, dan tentunya dipahami secara mendalam sebagai referensi pengetahuan bagi teman-teman sekalian.

Sementara itu di lain sisi, jikalau melihat dan meneliti ulasan di atas tentunya bisa diambil sebuah ringkasan jika dalam hal ini, ternyata penyebab utama rusaknya kondensor mengingat menumpuknya kotoran,debu, serta pentalan kerikil kecil pada ac.

Dari menumpuknya debu dan kotoran dari berbagai arah tersebut, tentu saja sudah pasti akan menghambat kinerja kondensor. Tak terkecuali juga dengan komponen lainnya, seperti filter kabin atau evaporator.

Lalu, berkaitan dengan soal perawatan, ada baiknya untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin pada bagian kondensor AC mobil ini bersamaan saat service mobil. Anda bisa memnta tolong kepada mekanik sewaktu melakukan service. Agar, kondisi-kondisi ataupun berbagai kendala yang terjadi pada komponen ini bisa sesegera mungkin diperbaiki.

Oke kawan, sepertinya sampai di sini dulu ulasan atau topik otomotif mengenai penyebab kondensor AC mobil rusak beserta beberapa penjelasannya di atas. Semoga bisa menjadi informasi yang membawa manfaat bagi teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan