Penyebab Lampu Mobil Redup dan Kurang Terang

Mengenal beberapa penyebab lampu mobil tampak kurang terang atau redup

Penyebab Lampu Mobil Redup – Komponen lampu pada mobil, adalah salah satu sistem penerangan kendaraan yang memiliki peran sangat penting dalam menunjang berkendara.

Bukan tanpa alasan mengingat lampu utama pada mobil nyatanya tak cukup hanya bertindak sebagai penghias mobil akan tetapi juga berfungsi sebagai active safety system.

Dimana, lampu utama pada mobil ini sangat dibutuhkan, terutama ketika sedang berkendara di malam hari pada lokasi atau jalan yang minim penerangan.

Nah, salah satu masalah dari lampu mobil ini adalah cahaya yang dirasa tidak terang atau redup. Tentu saja, kita harus mencari tahu apa penyebab lampu mobil redup.

Karena, redupnya cahaya lampu utama pada mobil, bisa dipicu oleh beberapa faktor, khususnya yang berkaitan dengan sistem kelistrikan.

Penyebab Lampu Mobil Redup

Maka dari itu, sangat perlu sekali bagi Anda para pemilik mobil untuk benar-benar mengenal penyebab lampu mobil redup. Sehingga, bila sudah diketahui penyebabnya maka perbaikannya pun akan lebih mudah.

Misalnya saja, jika masalahnya terletak pada bohlamnya maka Anda tinggal mengganti dengan bohlam baru. Begitu juga bila kerusakan terjadi pada komponen lain.

Dari sini, tentu saja kita harus bisa mengetahui dimana letak kerusakannya. Sehingga, penanganan yang dilakukan pun menjadi lebih mudah.

Nah, untuk lebih jelas dan detail terkait penyebab lampu mobil redup, berikut akan Mas Sena sajikan informasinya secara lengkap sebagai bahan referensi untuk teman-teman semua.

Penyebab Lampu Mobil Redup

Salah satu perawatan lampu pada mobil adalah dengan mengetahui beberapa penyebab lampu mobil redup. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

Mengatasi Lampu Mobil Yang Redup

Relay Lampu Alami Kerusakan

Kemungkinan yang pertama pada soal penyebab lampu mobil redup, bisa juga dikarenakan adanya kerusakan pada relay lampu itu sendiri.

Dimana, relay di sini memiliki peran sebagai penghubung bagi arus listrik yang berasal dari baterai agar bisa masuk ke sistem lampu sehingga akan terjadi proses pengubahan tenaga dari listrik ke sistem cahaya.

Nah, ketika saklar dinyalakan otomatis sistem utama pada relay ini nantinya akan segera terhubung sehingga lampu pun akan bisa menyala secara otomatis.

Hanya saja, masalah pada komponen ini umumnya disebabkan karena kontak yang berada pada relay tersebut pemasangannya longgar.

Sehingga, dengan begitu maka bersamaan ketika kontak di dalam relay renggang maka secara otomatis tenaga arus listrik yang sampai ke lampu tersebut pun menjadi lebih sedikit. Dampaknya, sinar lampu menjadi redup.

Untuk mendeteksi apakah relay pada lampu utama ini rusak atau tidak, Anda bisa mencoba menyentuh bagian atas relay headlamp.

Jika terasa sangat panas maka dipastikan ada kebocoran elektron yang diakibatkan karena kontak yang longgar.

Maka dari itu, Anda perlu memperbaiki kontak di dalam relay lampu agar arus listrik yang masuk bisa langsung menuju ke arah bohlamp sehingga cahaya yang dihasilkan lebih terang.

Soket pada Lampu Meleleh

Hal lain yang menjadi penyebab lampu mobil redup adalah disebabkan soket pada lampu mulai meleleh.

Lelehan yang terjadi di sekitar soket lampu tersebut memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap kelancaran arus lsitrik yang menyebabkan lampu redup. Mengingat, lelehan pada soket tersebut bisa sebagai penghambat listrik.

Soket lampu yang meleleh, bisa diawali dari soket yang kurang klop atau kurang masuk ke dalam terminal lampu. Sehingga, akan memicu adanya loncatan elektron yang dipicu dari dua konduktor yang memiliki gap.

Nah, loncatan elektron tersebut akan meninggalkan suhu panas yang mana bakal bisa melelehkan area pada terminal lampu. Sehingga, membuat arus listrik yang mengalir pun menjadi terhambat dan membuat tenaga arus kurang maksimal ketika sampai ke bohlamp lampu.

Dalam soal ini, tak bisa dipungkiri bahwa sektor soket di sini perlu mendapat perhatian khusus jika terjadi kondisi lampu mobil yang tiba-tiba redup mengingat bisa jadi di sini letak masalahnya.

Kualitas Aki Mobil Menurun

Tak hanya itu saja, bahkan penyebab lampu mobil redup bisa saja dikarenakan adanya masalah pada aki mobil itu sendiri.

Yang mana, kemungkinan aki mobil mulai melemah tegangannya sehingga tenaga listrik yang disalurkan pun tidak akan maksimal.

Maka dari itu, jika tidak ada kendala pada sistem kelistrikan maka bisa dimungkinkan bahwa penyebab daripada lampu mobil kurang terang bisa jadi bersumber pada menurunnya kualitas aki mobil.

Sehingga, untuk memastikannya, Anda perlu mengecek aki mobil. Untuk itu, ada baiknya lakukan pengecekan di bengkel yang memiliki alat lebih lengkap.

Bohlam Lampu Mobil Tidak Terang

Mika pada Lampu Mulai Kusam

Ternyata, kondisi mika pada pelapis lampu utama yang kusam, juga bisa membuat cahaya lampu pada mobil menjadi redup.

Dengan demikian maka pancaran cahaya atau sinar yang dihasilkan oleh lampu yang berasal dari dalam headlamp pun akhirnya tidak mampu terpancar keluar secara sempurna. Hal itu disebabkan karena kotoran yang menyelimuti mika lampu tidak bisa ditembus cahaya.

Salah satu cara atau solusi untuk mengatasinya yakni dengan mencuci mika pada lampu mobil. Hanya saja, untuk melepas lampu perlu teknik khusus karena pengunci mika ini cukup kuat.

Nah, akan lebih baik bilamana Anda meminta mekanik untuk membuka mika lampu saat sedang service sekaligus meminta untuk membersihkannya agar nantinya cahaya lampu yang terpancar dari bohlamp tidak terhalang.

Kerusakan pada Bohlam Lampu

Selanjutnya, penyebab lampu mobil redup atau tidak terang, kemungkinan bisa terjadi karena adanya kerusakan pada bohlam lampu itu sendiri.

Terkadang, lampu headlamp pada mobil tampak ada bagian yang gosong karena filamen (kawat tipis) yang ada dalam lampu tersebut bocor.

Sehingga, membuat cahaya lampu yang berasal dari sumber tenaga arus listrik menjadi kurang maksimal. Ini lah yang menyebabkan penerangan sinar pada lampu mobil menjadi rdup.

Jika kondisi ini mulai terjadi sebaiknya ganti bohlamp lampu tersebut dengan yang baru. Mengingat, bila dibiarkan maka kemungkinan bohlamp yang redup tersebut tak akan bertahan lama.

Ini yang menjadi masalah umum sebagai faktor pemicu kenapa sinar lampu menjadi kurang terang atau redup. Hanya saja, tak menutup kemungkinan beberapa penyebab lain di atas juga turut andil menjadi faktor yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Lampu Mobil Kurang Terang

Bagaimana kawan? Apakah sudah cukup jelas penjelasan mengenai penyebab lampu mobil redup? Jika sudah jelas, tentunya teman-teman bisa mendeteksi satu per satu, mana komponen bermasalah pada sistem kelistrikan yang terkait dengan lampu mobil.

Hanya saja, satu yang perlu dicatat bahwa jika ada satu komponen yang memang menjadi penyebabnya namun Anda tak bisa menangani, sangat disarankan untuk diperbaiki di bengkel saja. Karena, dikhawatirkan justru akan merusak komponen lain yang terkait.

Nah, kiranya sampai di situ dulu ulasan mengenai berbagai macam penyebab lampu mobil redup atau kurang terang yang telah Mas Sena sampaikan. Mas Sena sendiri berharap bahwa informasi ini semoga bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa ya kawan.

Bagan