Penyebab Lampu Motor Redup

Mengenali beberapa penyebab lampu pada motor tiba-tiba redup

Penyebab Lampu Motor Redup – Berbagai komponen pada motor tentu saja terbilang cukup kompleks. Baik yang berkaitan dengan mesin maupun yang berkenaan pada sistem kelistrikan.

Nah, berhubungan dengan soal kelistrikan motor, tak bisa dipungkiri bahwa mayoritas model motor saat ini memiliki sistem kelistrikan yang kompleks namun juga cukup rumit sebagai konsekwensinya.

Selain lebih simple namun juga membawa dampak yang cukup rumit, apalagi ketika terjadi gejala kerusakan pada sistem kelistrikannya. Seperti gejala lampu redup pada sepeda motor.

Hal itu menandakan bahwa ada masalah yang dipicu pada bagian sistem kelistrikan daripada motor itu sendiri.

Penyebab Lampu Motor Redup

Lantas, kira-kira apa sih penyebab lampu motor redup? Tentu sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak setiap pemiliki kendaraan bermotor, khususnya motor matic.

Nah, mengenai hal tersebut, sebenarnya penyebab masalah tersebut tak lain terletak pada bagian yang berkenaan dengan kelistrikan. Hanya saja, detail letak kendalanya perlu untuk diraba agar mengetahui dimana letak titik masalahnya.

Berkaitan dengan itu, untuk mengenali masalahnya, Mas Sena akan berbagi informasi seputar penyebab lampu motor redup yang bisa dijadikan referensi untuk nantinya dilakukan perbaikan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Penyebab Lampu Motor Redup

Ada beberapa faktor pemicu yang jadi penyebab lampu motor redup. Antara lain di antaranya akan Mas Sena jelaskan seperti yang diulas di bawah ini.

Bohlam Lampu Motor Redup

Kualitas Jenis Bohlam Lampu

Pertama, penyebab lampu motor redup juga bisa dipengaruhi dari kualitas pada bohlam lampu itu sendiri.

Bila motor Anda sudah menggunakan tipe lampu LED maka sudah dipastikan bukan dari sektor ini penyebab pancaran cahaya lampu motor redup.

Akan tetapi, jika masih menggunakan tipe lampu bohlam maka bisa jadi Anda salah dalam memilih tipe atau jenis lampunya.

Untuk itu, gunakan lampu bohlam yang sesuai dengan standar rekomendasi dari pabrik. Umumnya mulai dari 24 watt 12 volt. 35 watt 12 volt, atau 55 watt 12 volt.

Di sisi lain, gunakan merk bohlam lampu pada motor Anda yang kualitasnya baik dan tinggi. Sehingga, akan membuat performa pencaran sinar yang dihasilkan menjadi semakin baik dan tidak redup.

Reflektor Lampu Sudah Berumur

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap perangkat elektronik, pasti memiliki masa pakai, begitu juga dengan sistem reflektor pada lampu.

Komponen yang satu ini sangat dimungkinkan sekali menjadi penyebab lampu motor redup. Bukan tanpa alasan mengingat semakin lama usia motor maka warna dari mika reflektor tersebut berubah menjadi buram sehingga membuat sinar cahayanya pun tampak kurang maksimal.

So, ganti reflektor lampu dengan yang baru jikalau memang sudah tampak buram dan tidak mampu memantulkan cahaya dari lampu bohlam.

Namun, perlu diingat bahwa untuk penggantiannya, usahakan menggunakan spare part yang original standar pabrik agar lebih awet dan memiliki masa pakai lebih panjang.

Soket pada Lampu Mulai Kendor

Di sisi lain, penyebab lampu motor redup tak tertutup kemungkinan bisa disebabkan akena soket lampu kendor.

Jika soket pada lampu kendor maka secara otomatis, tegangan dari arus yang disalurkan ke bagian bohlam pada lampu motor menjadi tidak maksimal.

Jadi, usahakan untuk melakukan pengecekan bagian soket lampu sebelum memastikan bahwa penyebabnya adalah pada bagian bohlam lampunya.

Karena, justru bisa jadi masalahnya ada pada pemasangan soket lampu yang kurang tepat atau mengalami kendor, bukan pada kualitas bohlam.

Anda bisa melakukan pengecekan ini secara mandiri. Akan tetapi, jika dirasa sulit, mintalah bantuan kepada mekanik saat melakukan service rutin.

Lampu Motor Tidak Terang

Fitting Lampu Sudah Tidak Layak Pakai

Kemudian, yang menjadi pemicu atau penyebab lampu motor redup bisa jadi karena fitting lampu pada motor sudah berumur dan tidak layak pakai.

Umumnya, masa pakai dari fitting lampu ini sudah habis jika tampak pada dudukan lampu yang mulai terbakar di area tembaganya.

Maka dari itu, guna mengembalikan performa pencahayaan pada lampu ini, Anda harus menggantinya dengan fitting yang baru. Sehingga, nyala lampu motor pun dipastikan akan kembali normal.

Tentu dengan catatan jika masalahnya sudah jelas pada masa pakai fitting lampu yang perlu untuk diganti.

Saklar Lampu Sudah Berumur

Selanjutnya, faktor penyebab lain yang membuat lampu pada motor menjadi redup pun juga bisa dipicu karena saklar pada lampu sudah berusia lama.

Pasalnya, dipastikan ada beberapa kotoran, seperti debu maupun korosi yang bisa menjadi pemicu fungsi saklar menjadi menurun.

Hanya saja, kondisi seperti ini sangat jarang ditemukan pada model motor saat ini. Karena, motor keluaran terbaru sekarang ini semuanya sudah menggunakan teknologi AHO yang mana secara otomatis membuat lampu pada motor menyala secara terus menerus.

Spul Penerangan Bermasalah

Komponen lain yang bisa jadi penyebab lampu motor redup adalah pada bagian spul penerangan yang mengalami masalah.

Untuk mengecek bagian ini, Anda harus membawanya ke bengkel karena harus mengukur tahanan spul dengan menggunakan alat khusus.

Maka dari itu, untuk mengetahuinya, sebaiknya bawa motor ke bengkel khusus perbaikan kelistrikan motor guna diperiksa kondisi pada spul penerangan.

Biasanya, dari pihak mekanik akan memberikan rekomendasi, apakah masih bisa diperbaiki atau sudah harus diganti.

Aki Mulai Melemah

Penyebab lampu motor redup lain yang banyak ditemui adalah karena pada bagian akinya sudah mulai melemah.

Sebagai sumber penyuplai arus, tentu saja aki sangat berperan dalam memberikan daya pada tiap komponen yang membutuhkan listrik, seperti pada lampu motor.

Bila kondisi lampu motor tiba-tiba redup maka kemungkinan aki pada motor Anda mengalami pelemahan daya yang berakibat pada suplai daya menjadi berkurang.

Namun, sebelum memutuskan bahwa pemicu lampu motor redup berasal dari aki, usahakan terlebih dahulu untuk memeriksa bagian aki itu sendiri.

Bisa jadi, kondisi aki masih bagus dan normal sehingga bukan di sini letak masalahnya. Namun, jika memang kondisi aki bermasalah maka sudah pasti kemungkinan besar penyebab utamanya terletak pada bagian aki itu sendiri.

Kinerja Kiprok Menurun

Sementara itu di sisi lain, yang menjadi pemicu atau penyebab lampu motor redup bisa dikarenakan pada kinerja kiprok yang mulai melemah.

Karena, kiprok di sini berperan penting dalam mengatur sekaligus mengubah arus AC yang berasal dari spul penerangan ke arus DC.

Nah, bila memang didapati bahwa kondisi kiprok motor sudah mulai menunjukkan gejala melemah, maka biasanya nantinya akan ada banyak masalah yang terjadi pada sistem kelistrikan, tak terkecuali pada sistem penerangan motor ini.

Dengan demikian maka Anda harus benar-benar memastikan bahwa kondisi pada kiprok motor selalu dalam keadaan baik.

Mengatasi Lampu Motor Yang Redup

Bagaimana kawan? Cukup lengkap bukan penyelasan mengenai penyebab lampu motor redup di atas?

Tentu saja, dengan mengenali beberapa faktor pemicu lampu pada motor redup sudah pasti Anda akan bisa mengecek bagian mana saja yang harus dilakukan pemeriksaan.

Demikian ulasan mengenai penyebab lampu motor redup yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan