Penyebab Mesin Mobil Cepat Rusak yang Perlu Diketahui

Ada beberapa penyebab mesin mobil cepat rusak yang patut dipahami beserta komponen mesin mobil yang sering bermasalah

Penyebab Mesin Mobil Cepat Rusak – Jika Anda mencari penyebab mesin mobil cepat rusak, maka kehadiran Anda di situs Semisena ini sangat tepat.

Sebab, melalui topik kali ini, Mas Sena akan membahas tentang beberapa penyebab kerusakan yang sering terjadi pada mesin mobil. Dimana, sedikit orang yang memahami akan adanya kerusakan tersebut.

Padahal, sebelum kerusakan mesin mobil terjadi, ada beberapa penyebab yang menjadi alasan logis yang mana membuat performa mobil menurun jauh dari kata normal. Sehingga, perlu Anda perlu waspada sekaligus memahami letak dari beberapa penyebabnya untuk mendiagnosis kerusakannya.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Rusak

Di sisi lain, penyebab mesin mobil cepat rusak pun juga tak jarang terjadi pada mobil baru maupun mobil bekas. Hal ini bisa jadi karena beberapa faktor, seperti penggunaan serta perawatan mesin yang minim pengetahuan. Sehingga, memicu terjadinya kerusakan di sektor mesin mobil.

Oleh karena itu, tak heran bila kini tak sedikit beberapa orang yang mencari beberapa alasan kenapa mesin pada mobil cepat mengalami kerusakan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, Mas Sena akan membahas tentang beberapa penyebab mesin mobil cepat rusak. Namun, sebelumnya perlu diketahui dulu beberapa komponen mesin mobil yang sering bermasalah.

Komponen Mesin Mobil yang Sering Bermasalah

Ada beberapa sektor komponen mesin mobil yang sering bermasalah. Berikut Mas Sena akan ungkap ragam komponen tersebut.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Rusak Yang Harus Dipahami

Koil

Komponen yang satu ini merupakan komponen yang dinilai sering mengalami masalah. Dimana, fungsinya sendiri sebagai pembangkit listrik.

Jika komponen koil ini mengalami kerusakan maka secara otomatis sistem pengapian tak akan mampu berjalan normal sebagaimana mestinya.

Busi

Selain itu, komponen mesin mobil yang sering bermasalah yakni busi. Busi sendiri umumnya sering mengalami kerusakan, seperti aus yang bisa dideteksi dari bentuk kepala busi yang renggang.

Jika terjadi masalah pada komponen ini maka Anda harus sesegera mungkin menggangi busi mobil satu set

Injeksi

Injeksi sendiri juga menjadi komponen mesin mobil yang sering bermasalah. Memang, dalam prakteknya, komponen yang satu ini jarang mengalami kerusakan namun justru tak jarang memicu beberapa gejala, seperti tersumbat.

Fungsinya sendiri sangat penting yakni sebagai penyuplai bahan bakar pada silinder mesin. Jika terjadi kerusakan, umumnya mesin akan terasa ada getaran yang cukup kasar ketika dinyalakan. Jika ini terjadi, segera cek ke bengkel resmi mobil Anda.

Karburator

Memiliki fungsi yang sama dengan injeksi, komponen karburator sendiri juga tak jarang mengalami kerusakan.

Komponen ini memiliki sistem kerja yang mirip dengan mobil bersistem injeksi hanya saja, untuk karburator sendiri cara kerjanya secara manual.

Tanda kerusakan pada karburator jika pengaturan pada idle katup terlalu tinggi. Dimana, hal ini akan membuat katup karburator tidak bisa menutup secara sempurna saat terjadi suplai bahan bakar.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Rusak

Di bawah ini adalah beberapa tanda penyebab mesin mobil cepat rusak yang harus diketahui secara detail untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang parah.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Adanya Kebocoran pada Radiator dan Selang Radiator

Pertama, penyebab mesin mobil cepat rusak adalah terjadi kebocoran di sektor radiator. Dimana, tak menutup kemungkinan kerusakan mesin pada mobil disebabkan karena adanya penyumbatan di selang radiator.

Jika komponen ini rusak maka akan memicu mesin mobil yang cepat panas sehingga membuat mesin mobil cepat rusak.

Selain itu, penggunaan cairan radiator yang asal-asalan pun tak menutup kemungkinan menjadi pemicu mesin mobil cepat panas dan rusak.

Bila Anda menemui kondisi seperti ini, segeralah menemui teknisi mesin di bengkel mobil untuk mengecek apakah ada terjadi kerusakan di bagian radiator atau tidak.

Oli Mobil yang Kurang Berkualitas

Oli sendiri merupakan komponen utama pada mesin mobil untuk mengontrol panas mesin. Ini tentu menjadi bagian yang sangat penting.

Karena, bila dalam hal ini oli yang digunakan kurang berkualitas maka sudah barang tentu tidak mampu menahan panas yang sebelumnya telah dihasilkan mesin. Dengan begitu maka dipastikan bakal memicu terjadinya volume oli mobil yang cepat berkurang.

Imbasnya, kinerja mesin mobil terganggu dan menyebabkan overheating yang berlebihan.

Kerusakan pada Thermostat

Penyebab mesin mobil cepat rusak yang cukup jadi alasan adalah adanya masalah pada Thermostat dalam mobil yang mana memiliki fungsi sebagai pengukur suhu.

Sebagai pengukur suhu, Thermostat sendiri memang jadi komponen penting dalam soal engine cooling. Bila thermostat pada mobil rusak tentu sudah barang pasti bakal memicu terjadinya  pengukuran temperatur yang tidak tepat.

Penggunaan Bahan Bakar yang Kurang Tepat

Mesin mobil yang mengalami kerusakan juga bisa disebabkan karena penggunaan BBM yang dirasa kurang tepat atau tidak sesuai standar pabrik.

Berkenaan dengan soal ini, kadar oktan yang terkandung dalam BBM yang digunakan sangat berpengaruh pada sistem pembakaran. Jika tidak sesuai standar spesifikasi maka akan memicu terjadinya knocking pada mobil.

Kondisi seperti ini jika dibiarkan berlarut-larut maka akan memicu terjadinya overheating sebagaimana penggunaan oli yang tidak tepat.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi penyebab mesin mobil cepat rusak yang satu ini maka usahakan untuk menyesuaikan BBM dengan kadar oktan yang direkomendasikan oleh spesifikasi mobil yang Anda gunakan.

Masalah pada Kipas Radiator

Di lain sisi, yang menjadi penyebab mesin mobil cepat rusak adalah adanya keruaskan pada kipas radiator yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika sistem kerja pada kipas radiator ini tidak berfungsi dengan benar maka akan memicu kerusakan pada sensor switching. Yang mana berimbas pada tidak akan dapat membaca tindakan yang sesuai.

Artinya, jika switching ini rusak maka akan membuat kipas pendingin pada radiator ini tidak berputar dengan normal.

Untuk mencegah hal tersebut maka Anda bisa melakukan perawatan rutin dengan selalu mengecek kipas radiator ini secara berkala. Seperti dengan membersihkan kotoran dan debu yang sering memicu masalah pada kipas radiator ini.

Tidak Diservice secara Berkala

Nah, penyebab mesin mobil cepat rusak yang sering terjadi karena soal perawatan yang kurang maksimal, salah satunya service.

Jika Anda jarang menyervice mobil maka kondisi mesin mobil akan cepat mengalami kerusakan. Hal ini agaknya dianggap sepele padahal bila service tidak rutin dilakukan maka kita tak akan bisa mendeteksi kerusakan dini terkait di sektor permesinan.

Oleh sebab itu, lakukanlah service rutin berkala pada mobil Anda untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap optimal sebagaimana mestinya.

Penyebab Mesin Mobil Cepat Mengalami Kerusakan

Dari sekian penyebab mesin mobil cepat rusak di atas, tentunya diperlukan juga perawatan ringan yang harus dilakukan. Seperti memanasi mobil secara rutin tiap pagi dan menjaga sektor kap mesin tetap terkontrol.

Selain itu, selalu sigap dan responsif terhadap berbagai perubahan kondisi pada mobil juga sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Agaknya sampai di sini dulu ulasan mengenai beberapa alasan penyebab mesin mobil cepat rusak yang Mas Sena utarakan di atas. Semoga bisa bermanfaat.

Bagan