Penyebab Mobil Mogok dan Tips Mengatasinya

Mengetahui faktor penyebab mobil mogok dan tidak bisa distarter

Mobil Mogok – Mogok tampaknya sudah menjadi hal yang cukup sering dialami oleh para kalangan beberapa pemilik kendaraan roda empat. Khususnya mobil yang sudah lanjut usia.

Tak heran jika saat ini banyak yang merasa khawatir jika sewaktu-waktu mobil kesayangan mengalami mogok secara tiba-tiba.

Tentu saja , itu menjadi sesuatu yang wajar. Mengingat, tak menutup kemungkinan, mobil yang masih baru pun bisa mengalami hal serupa seperti itu.

Maka dari itu, diperlukan pengenalan apa saja faktor yang menyebabkan mobil mogok serta bagaimana cara untuk mencegah atau mengatasi mobil yang sering macet tiba-tiba.

Penyebab Mobil Mogok Tak Bisa Distarter

Dimana, dengan mengetahui penyebab dan cara untuk mencegah atau menangani mobil mogok, tentu saja Anda lebih bisa mengambil sikap untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu mobil mogok di jalan.

Nah, berhubungan dengan soal itu, berikut di bawah ini Mas Sena akan berbagi beberapa faktor penyebab sekaligus cara untuk mengatasi maupun mencegah mobil mogok yang bisa Anda pelajari dan terapkan secara mandiri.

Penyebab Mobil Mogok

Pertama, tentu saja kita harus memahami apa saja aspek penting yang memicu terjadinya kemogokan mesin mobil secara tiba-tiba. Yang mana, ada beberapa faktor yang mungkin saja belum Anda ketahui sama sekali. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, berikut ulasan dari Mas Sena.

Mobil Mogok Di Jalan

Ada Penyumbatan pada Filter Bahan Bakar

Faktor pertama yang sangat mungkin sekali menjadi aspek pemicu kemogokan pada mesin mobil adalah filter bahan bakar yang mengalami penyumbatan.

Pada umumnya, tak banyak yang tahu bahwa filter bahan bakar pada mobil yang tersumbat pada mobil biasanya dipicu oleh proses saat Anda mengisi bahan bakar.

Dimana, dalam hal ini tangki gas sangat mungkin mengalami kontaminasi bersamaan saat Anda tengah mengisi bensin. Sehingga, berdampak pada penyumbatan yang muncul yang membuat arus bahan bakar pun tidak lancar atau tersendat ke dalam tangki mobil.

Gas yang keluar pun dipastikan akan mengalami penurunan kapasitas volume. Jika kondisi tersebut didiamkan begitu saja dalam waktu yang lama sudah barang tentu secara otomatis pun mesin mobil tidak mampu bekerja dengan optimal yang berujung dengan mogok secara tiba-tiba.

Untuk bisa menyelesaikan masalah ini, Anda tinggal mengganti filter bahan bakar yang lokasinya berdekatan dengan blok mesin mobil. Jika masih kesulitan, Anda bisa meminta bantuan seorang mekanik di bengkel mobil.

Kerusakan Aki Mobil

Selain itu, ternyata faktor penyebab mobil mogok pun sangat bisa dipengaruhi oleh kondisi aki pada mobil itu sendiri.

Bukan tanpa alasan mengingat aki mobil dalam hal ini memiliki peran penting sebagai penyuplai sekaligus sumber tenaga kelistrikan yang dibutuhkan oleh mobil.

Bila aki mobil Anda sudah dalam kondisi rusak maka secara otomatis tidak akan mampu berfungsi secara normal,. Bahkan, sangat berpotensi sekali mesinnya bakal sulit untuk dinyalakan.

Berkaitan dengan penyebab mobil mogok karena aki ini, sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan pengecekan rutin pada bagian aki mobil.

Salah satunya dengan memastikan jumlah tegangan pada aki mobil bahwa masih bisa disuplai ke tiap bagian.

Mengenai soal itu, tentu langkah pertama Anda harus memastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi aki secara real. Jika memang sudah mengalami penurunan daya maka Anda bisa mengisinya kembali.

Akan tetapi, jika sudah rusak dan aus, jelas Anda harus segera mengganti aki mobil dengan yang baru. Agar, ke depannya tidak memicu atau menimbulkan kendala.

Alternator Rusak

Di sisi lain, komponen yang jadi penyebab kenapa mesin mobil sering mogok, bisa jadi karena adanya kerusakan pada komponen alternator.

Komponen yang dikenal dengan nama dinamo ampere ini memiliki fungsi dan peran yang sangat penting, yakni memasok energi listrik dari aki mobil. Dengan terpenuhinya pasokan energi, maka mobil bisa dihidupkan dan berjalan dengan normal.

Akan tetapi, komponen alternator ini juga memiliki masa pakainya sendiri dan perlu diganti jika sudah rusak parah.

Umumnya, kerusakan pada alternator ini bisa dilihat dari beberapa indikasi yang mudah dikenali. Seperti muncul aroma karet terbakar, suara decitan di mesin, lampu sorot redup, hingga lampu indikator simbol baterai aki menyala.

Bila Anda sudah mulai menemui beberapa tanda atau indikasi tersebut, sangat disarankan sekali untuk segera membawanya ke bengkel agar bisa dicek lebih dalam dan diperbaiki segera jika sudah jelas mengalami kerusakan.

Oleh sebab alasan itu, sudah barang tentu Anda tak bisa menghiraukannya begitu saja. Sebab, bila disepelekan maka justru akan mempermudah mobil mengalami kerusakan lebih parah lagi.

So, pastikan bahwa kondisi alternator dalam mobil dalam keadaan yang prima. Sehingga, pasokan energi listrik yang berasal dari aki mobil tak mampu tersuplai secara sempurna.

Mobil Mogok Tiba Tiba

Mobil Mengalami Overheat

Kemudian, penyebab lain yang bisa saja membuat mobil mogok adalah kondisi dimana suhu mesin tidak stabil atau mengalami peningkatan suhu yang cuku drastis.

Kondisi overheat sangat memicu mobil mogok sewaktu-waktu karena panas suhu tak mampu dikontrol secara sempurna.

Dimana, dalam hal ini air radiator yang memiliki peran penting sebagai cairan pendingin (cooland) pada mobil.

Maka dari itu, tak heran jikalau air radiator mengalami penurunan atau pengurangan volume atau bahkan sudah habis membuat mesin mobil menjadi lebih cepat panas.

Proses pendinginan tidak berjalan secara normal. Efek domino pun muncul yakni piston mobil menjadi terganggu hingga bisa meleleh. Dengan demikian maka tak bisa dipungkiri bahwa sudah bisa dipastikan mobil akan mogok.

Jarang/Telat Service

Lalu, untuk mengenali penyebab dari kondisi mobil yang sering mogok, Anda pun bisa mengecek, sudah seberapa rutin service mobil dilakukan.

Karena, bisa jadi kondisi mobil yang sering mendadak mogok karena kurang perawatan yang berupa service rutin maupun penggantian oli.

Oleh karenanya, untuk menjaga supaya mobil tidak sering mogok, akan lebih baik jika Anda rutin untuk menjaga performa mobil. Tentu saja dengan cara rutin service di bengkel resmi.

Agar, nantinya saat pengecekan dilakukan, bila ada komponen yang terindikasi mengalami masalah, bisa dikontrol dan langsung diperbaiki.

Sehingga, di sinilah letak pentingnya untuk terus melakukan service rutin supaya keadaan mobil selalu dalam kontrol dan pengawasan.

penyebab mobil mogok di jalan

Setelah melihat dan menganalisa beberapa kendala yang jadi penyebab mobil mengalami mogok di atas, tentunya Anda sudah bisa mengenali bagian mana yang penting untuk mendapat perawatan intenisf agar tidak mogok.

Selain itu, beberapa langkah pegecegahan mobil mogok pun juga bisa dilakukan untuk meminimalisir kondisi mobil yang sering mengalami mogok di jalan. Seperti cek oli, cek alternator, pemeriksaan aki mobil dan masih banyak lagi.

Oke teman-teman, tampaknya sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena mengenai faktor utama penyebab mobil mogok serta beberapa penjelasan mengenai cara untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kawan.

Bagan