Ketahui Penyebab Mobil Sulit Distarter

Mengungkap gelala atau pemicu yang menjadi penyebab mobil sulit untuk distarter

Penyebab Mobil Sulit Distarter – Kendala dalam merawat mobil memang menjadi suatu hal yang tak jarang ditemui oleh para pemilik kendaraan beroda empat tersebut.

Hal itu tentunya tak lepas dari minimnya pengetahuan mereka terkait dengan perawatan yang tepat. Sehingga, berbagai masalah sering muncul pada mobil mereka.

Salah satu hal penting yang sangat perlu diketahui oleh para pemilik mobil adalah soal pemicu kerusakan atau masalah. Seperti penyebab mobil sulit distarter yang cukup sering menjadi masalah bagi para pemiliknya.

Tentu saja, ada beberapa faktor penyebab yang membuat kondisi mesin mobil sulit dihidupkan. Apalagi, jika keadaan tersebut terjadi secara berulang saat mesin akan dinyalakan.

Penyebab Mobil Sulit Distarter

Di sini lah perlunya untuk mengenal dan memahami beberapa penyebab mobil sulit distarter yang mana sangat vital mengingat berkenaan erat dengan aktivitas pengguna. Karena, bisa mengganggu kegiatan para pengguna.

Lantas, apa saja sih yang jadi penyebab masalah pada mesin mobil yang sulit dinyalakan ini? Jangan khawatir kawan.

Karena, kali ini Mas Sena akan berbagi pengalaman berupa informasi menarik terkait dengan berbagai penyebab mobil sulit distarter sebagai informasi bagi teman-teman sekalian.

Penyebab Mobil Sulit Distarter

Ada beberapa alasan yang memang menjadi pemicu atau penyebab mobil sulit distarter. Antara lain adalah sebagaimana yang akan dijelaskan lengkap seperti di bawah ini.

Komponen Kelistrikan Pada Mobil

Aki Mobil Mulai Melemah

Penyebab mobil sulit distarter yang pertama, bisa dipicu karena aki pada mobil tersebut daya listriknya sudah mulai melemah.

Pasalnya, tak bisa dipungkiri bahwa aki sendiri menjadi komponen penting sebagai sumber sekaligus suplai daya arus listrik ke seluruh sistem kelistrikan, termasuk starter mobil.

Jika kondisi aki mulai melemah atau telah berumur maka kinerjanya pun akan menjadi kurang optimal sehingga beban listrik yang dibebankan pun tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya.

Dengan begitu maka akan berdampak pada sistem kelistrikan mobil, seperti kondisi mesin mobil yang tidak bisa distarter karena daya arus listrik dari aki yang sudah mulai melemah.

Kabel Rusak atau Pemasangan Soket Kurang Presisi

Selain itu, hal yang menjadi penyebab mobil sulit distarter pun juga tak menutup kemungkinan disebabkan pada bagian kabel yang sudah tidak layak atau soket penyambung kabel yang longgar.

Perlu diketahui bahwa biasanya, kabel sekring utama dari aki ini berada di area yang berdekatan dengan aki pada sisi positif. Bilamana kabel rusak atau putus maka harus segera diganti mengingat sudah tidak bisa menjadi penghantar atau media penyalur arus.

Tak hanya itu, masih berhubungan dengan kabel, cek juga bagian sekringnya mengingat tak menutup kemungknan ada sekring yang mengalami kerusakan karena disebabkan oleh arus pendek.

Kemudian, jangan lupa untuk melakukan pengecekan di bagian soket maupun kunci kontak. Pastikan bahwa soket tidak kendor dan presisi mengingat sangat dimungkinkan bahwa sulitnya mesin mobil hidup bisa disebabkan adanya pemasangan soket yang kurang tepat.

Kunci Kontak Alami Kerusakan

Lalu, dalam soal penyebab mobil sulit distarter, salah satu pemicunya yang tak jarang lepas dari perhatian adalah dikarenakan kerusakan pada bagian kunci kontak.

Umumnya, kerusakan pada kunci starter ini sangat bisa dideteksi ketika tak ada suara dari dinamo starter yang mana mana potensi kerusakannya terletak di bagian soket dan kunci kontaknya.

Terkait hal tersebut, pastikan dulu bahwa kondisi kunci kontak memang benar-benar rusak sehingga Anda perlu menggantinya dengan kunci cadangan.

Masalah Pada Starter Mobil

Kendala pada Busi Mobil

Di sisi lain, tak bisa dilepaskan bahwa peran busi pada mobil pun juga sangat erat kaitannya dengan kinerja mesin.

Bahkan, komponen busi di sini juga tak tertutup kemungkinan menjadi penyebab mobil sulit distarter karena kondisi busi yang sangat kotor dan usang (berumur).

Perlu untuk dipahami bahwa busi mobil yang kotor akan sangat menghambat percikan bunga api ketika mesin mobil tengah dihidupkan. Padahal, percikan tersebut sangat dibutuhkan untuk menghidupkan mesin mobil.

Untuk lebih mendalam lagi, bukan hal yang salah bilamana Anda melakukan pembersihan pada bagian busi mobil dengan cara digosok menggunakan pembersih atau amplas lembut.

Perlu untuk diketahui juga bahwa bila kondisi mesin mobil hanya mudah dinyalakan ketika mesin panas, itu berarti menunjukkan sebuah indikasi bahwa busi pada mobil sudah tidak bisa bekerja secara maksimal lagi.

Dari hal tersebut, tentunya Anda perlu untuk sesegera mungkin menggantinya dengan yang baru agar busi bisa kembali dengan normal sebagaimana mestinya.

Adanya Masalah pada Alternator Mobil

Selanjutnya, penyebab mobil sulit distarter pun juga bisa jadi dikarenakan adanya masalah di bagian alternator mobil.

Komponen alternator sendiri merupakan salah satu komponen yang fungsinya penting karena berfungsi untuk menyalurkan daya listrik agar bisa masuk ke bagian aki mobil.

Namun, kerusakan komponen ini sebenarnya bukanlah hal yang terlalu riskan karena umumnya komponen ini memiliki fungsi dan terbilang cukup berumur panjang.

Kerusakan pada Koil

Tak hanya pada businya saja, bahkan koil pada mobil pun juga bisa menjadi pemicu atau penyebab mobil sulit distarter jika mengalami kerusakan.

Bukan tanpa alasan karena koil sendiri merupakan komponen yang memiliki andil dalam menyalakan mesin mobil. Dimana, fungsinya sendiri diketahui bertugas untuk menggandakan tegangan listrik dalam jumlah sangat besar ke aki.

Nah, tak salah bila sewaktu-waktu mobil Anda tiba-tiba mengalami kesulitan saat akan dihidupkan atau distarter maka cek pada komponen ini. Umumnya, jika ada masalah maka suhu koil tersebut akan terasa begitu panas.

Jalan satu-satunya untuk mengatasi hal tersebut Anda harus mengganti koil dengan yang baru agar mesin bisa dihidupkan kembali secara normal.

Masalah pada Sensor Suhu

Tak bisa dipungkiri bahwa masalah penyebab mobil sulit distarter pun juga bisa dipicu karena beberapa faktor lain yang mungkin tidak kepikiran.

Di antaranya seperti adanya problem pada sensor suhu mesin yang mengalami kerusakan atau kendala.

Perlu diketahui bahwa pada ummnya kondisi ini terjadi pada mobil injeksi mengingat pada saat sensor WTS mengalami gangguan maka selanjutnya secara tak langsung akan berpengaruh pada sistem injeksi yang menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan

Maka dari itu, tak salah untuk mengecek bagian ini. Siapa tahu, sektor ini yang menjadi penyebab kendala pada sistem kelistrikan yang menyebabkan mobil sulit untuk dihidupkan atau dinyalakan.

Kerusakan Di Bagian Starter Mobil

Berbagai macam penyebab mobil sulit distarter telah Mas Sena ungkap dalam beberapa ulasan atau uraian di atas.

Sehingga, dari beberapa informasi di atas, setidaknya Anda semua bisa mengenal dimana saja letak pemicu terjadinya potensi kerusakan yang membuat mesin mobil sulit distarter.

Setidaknya, dengan adanya ulasan penyebab di atas, akan membuat teman-teman sekali menjadi lebih paham mengenai gejala-gejala yang terjadi sebagai pemicu adanya masalah saat mobil distarter.

Demikian ulasan dari Mas Sena mengenai penyebab mobil sulit distarter. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan