Kenali Penyebab Mobil Susah Distarter

Beberapa faktor yang menyebabkan mobil susah distarter atau dihidupkan serta cara mencegahnya

Penyebab Mobil Susah Distarter – Masalah soal starter mobil agaknya menjadi kendala yang sering dijumpai oleh para pemiliknya. Hal ini tentu menjadi sebuah problem yang tak jarang membuat pemiliknya pusing bukan kepalang.

Wajar saja, sebagai contoh saat sedang dikejar waktu atau terburu-buru, tiba-tiba mobil sulit distarter atau dihidupkan. Tentu saja, kondisi seperti ini akan menghalangi jalannya aktivitas setiap pemilik mobil.

Penyebab Mobil Susah Distarter

Perlu diketahui bahwa kendala soal mobil susah dihidupkan tersebut, sudah barang tentu dipicu oleh beberapa penyebab mobil susah distarter yang bisa jadi faktor pemicunya.

Hanya saja, tak banyak orang yang memahami atau mengenali penyebab adanya kerusakan pada starter mobil. Sehingga, di sinilah letak pentingnya kita untuk memahami gejala sekaligus faktor penyebabnya.

Oleh sebab alasan itu, maka dalam tips otomotif kali ini, Mas Sena akan berbagi info bermanfaat, yaitu mengenai beberapa faktor penyebab mobil susah distarter yang perlu diketahui.

Tak perlu berlama-lama, yuk kita simak bersama ulasan lengkapnya pada ulasan berikut ini!

Penyebab Mobil Susah Distarter

Dari sekian banyak kedala, tentu saja kerusakan pada starter mobil terkadang membuat pemiliknya jengkel. Mengingat, masalah ini tak jarang tiba-tiba hadir begitu saja tanpa ada pemicunya. Nah, untuk itu kita perlu pahami beberapa penyebab mobil susah distarter.

Kendala Starter Mobil

Masalah pada Sistem Kelistrikan

Hal pertama kali yang menjadi penyebab mobil susah distarter yakni adanya kemungkinan masalah yang terjadi di dalam sistem kelistrikan.

Kondisi ini bisa diketahui dari tidak adanya bunyi sama sekali dari motor starter atau meskipun berbunyi tetapi sangat pelan ketika mobil hendak dihidupkan.

Biasanya, jika sudah jelas masalahnya dipicu karena sistem kelistrikan maka mobil kemungkinan besar masih bisa menyala dengan bantuan didorong dari belakang.

Oleh karena itu, bila mobil susah dihidup dan tak mengeluarkan bunyi sama sekali saat kunci kontak dihidupkan maka kemungkinan besar masalah ada pada sistem kelistrikan.

Jika terjadi demikian, jangan menunggu terlalu lama. Segeralah membawa mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki dan ditangani oleh mekanis.

Aki Mulai Melemah

Perlu untuk Anda pahami bahwa aki pada kendaraan, termasuk mobil merupakan komponen sangat penting mengingat sebagai sumber daya atau tenaga kelistrikan.

Maka dari itu, tak heran bila adanya kendala pada aki tentu bisa menjadikannya sebagai salah satu penyebab mobil susah dihidupkan.

Aki yang sudah berumur atau lama dipakai maka kemungkinan besar listrik atau daya yang dihasilkan akan sangat lemah sekali.

Tak hanya itu, sangat dimungkinkan juga karena mobil tidak pernah dihidupkan mesinnya sehingga aki tidak memiliki pasokan energi listrik yang dihasilkan saat mobil bekerja.

Biasanya, ciri jika aki mobil melemah, umumnya ketika mobil distarter maka akan muncul bunyi seperti “tek-tek” berkali-kali.

Jika memang benar demikian adanya maka sebaiknya Anda periksa kondisi aki mobil. Ada kemungkinan memang aki mobil Anda sudah soak dan perlu mendapat penggantian yang baru.

Cek Kabel Sekring

Selain itu, penyebab mobil susah distarter juga bisa jadi dipicu karena ada kendala pada bagian sekring maupun kabel sekringnya.

Biasanya, posisi atau letak kabel sekring utama posisinya ada di dekat aki pada bagian positif. Cek apakah kondisi kabelnya masih utuh atau sudah pus. Jika kabel putus, maka harus diganti dan diperbaiki.

Lalu, jangan lupa pula untuk memeriksa pula sekring-sekring. Sangat dimungkinkan sekali ada sekring yang rusak atau meleleh karena terjadi arus pendek sehingga memicu bagian sekring ini menjadi tidak bisa bekerja normal.

Jangan lupa juga untuk mengecek bagian soket serta kunci kontak. Bisa jadi penyebabnya adalah pemasangan soket yang kurang pas atau kendor.

Sehingga, berpengaruh pada mobil yang tiba-tiba susah dihidupkan atau distarter, padahal awalnya tidak ada kendala sama sekali.

Starter Mobil Bermasalaha

Dinamo Starter Alami Kerusakan

Lalu, menginjak pada bagian lain, penyebab mobil susah distarter adalah bisa jadi disebabkan karena rusaknya dinamo starter.

Karena, dinamo starter di sini membawa komponen penting, yakni Carbon Brush yang perannya sangat penting untuk memberikan suplai daya listrik yang berasal dari aki untuk memutar dinamo.

Tanda bila dinamo starter ini mengalami kerusakan bisa diketahui dari adanya suara atau bunyi yang agak aneh ketika mobil distarter.

Maka dari itu, segera cek pada bagian dari komponen ini. Bila memang komponen ini sudah rusak maka sebaiknya ganti dinamo starter pada mobil Anda dengan yang baru.

Kerusakan pada Koil

Di sisi lain, penyebab mobil susah distarter juga bisa dipicu karena adanya kerusakan pada bagian koil mobil.

Koil sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kelistrikan mobil. Dimana, tugasnya yakni menaikkan tegangan listrik yang sangat besar untuk kemudian disalurkan ke bagian aki.

Dengan adanya proses pada koil ini, tegangan listrik dari aki yang hanya 12 volt, tentu saja bisa berubah mencapai ribuan volt. Besarnya arus listrik dari koil ini nantinya akan disalurkan ke bagian busi dan mengeluarkan pijaran bunga api.

Nah, ciri ciri koil yang rusak, maka suhu pada bagian koil ini tiba-tiba akan terasa begitu panas ketika dipegang.

Perlu untuk dipahami bahwa koil yang menujukkan adanya suhu panas, itu merupakan salah satu indikasi kuat adanya gangguan pada koil hingga ke sistem pengapian. Karena adanya gangguan itu juga, starter mobil macet saat mobil dalam kondisi panas.

Kendala pada Bagian Busi

Kemudian, hal lain yang turut menjadi penyebab mobil susah distarter yakni dikarenakan adanya masalah pada bagian busi mobil itu sendiri.

Berkenaan dengan soal busi ini, tampaknya tak banyak yang bisa dilakukan. Anda hanya perlu melakukan pengecekan bagaimana pembakaran yang terjadi pada busi ini.

Cobalah sesekali untuk membersihkan ujung bagian busi dengan menggunakan amplas. Kemungkinan, kotoran yang menempel pada bagian busi bisa jadi penghambat munculnya percikan api saat akan terjadi pembakaran sehingga membuat mesin mobil sulit dihidupkan.

Namun, bila memang sudah tidak berfungsi lagi maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan penggantian dengan busi yang baru.

Lakukan pengecekan dan penggantian busi baru ini di bengkel agar dilakukan dengan baik oleh mekanis. Sehingga, kesulitan saat pemasangan bisa teratasi dengan baik.

Mobil Sulit Distarter

Bila kita menelaah beberapa faktor penyebab mobil susah dihidupkan di atas, sudah barang tentu satu hal pasti yang sering menjadi faktor pemicunya adalah pada sistem pembakaran maupun kelistrikan daripada mobil itu sendiri.

Artinya bahwa sistem kelistrikan memegang peran penting dalam memacu pembakaran melalui tegangan yang dihasilkan oleh aki melalui koil. Sementara itu, pembakaran terjadi pada kinerja busi mobil itu sendiri.

Akan tetapi, tak menutup kemungkinan bahwa ada banyak penyebab lain yang mungkin bisa menjadi faktor yang membuat mobil susah untuk dihidupkan atau distarter.

Setidaknya, ulasan ini bisa menjadi jawaban bagi Anda yang mungkin mengalami masalah atau kendala tersebut. Semoga, informasi mengenai penyebab mobil susah dihidupkan ini bisa menjadi referensi bagi Anda semua.

Bagan