Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Sama Sekali

Beberapa alasan kerusakan yang jadi penyebab mobil tidak bisa menyala ketika distarter

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter – Tak sedikit dari para pemilik yang mengira jika penyebab mobil tidak bisa distarter adalah adanya kerusakan pada bagian aki. Padahal, hal tersebut belum tentu aki mengalami kerusakan.

Kondisi mobil yang tidak bisa menyala ketika distarter memang memicu rasa kekhawatiran dari para pemilik mobil. Wajar, karena kondisi mobil yang tidak hidup menimbulkan berbagai spekulasi kerusakan pada mobil dari si pemilik.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Namun, agaknya hal tersebut tak perlu terlalu untuk dikhawatirkan. Karena, penyebab mobil tidak bisa distarter sama sekali bukan sekedar soal aki saja. Bisa jadi hal sepele yang mungkin tidak diduga sebelumnya oleh si pemilik mobil.

Maka dari itu, perlu untuk mempertimbangkan pemeriksaan saat kondisi mobil tidak bisa menyala ketika distarter. Karena, Anda tak perlu membawa mobil ke bengkel jika masalah tersebut bisa diatasi dengan lancar.

Nah, di bawah ini akan Mas Sena terangkan mengenai beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter. Apa saja langkah-langkahnya? Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Hal-hal terkait alasan atau penyebab mobil tidak bisa distarter berkenaan dengan beberapa komponen pada sistem kelistrikan. Berikut penjelasan rincinya.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Ketika Dihidupkan

Ada Masalah pada Busi

Penyebab mobil tidak bisa distarter yang pertama adalah kemungkinan ada masalah pada bagian komponen busi. Karena, busi merupakan salah satu komponen yang digunakan dalam sistem kerja starter pada mobil.

Berkenaan dengan masalah pada busi, kemungkinan percikan api terhambat karena busi kotor dan sudah mulai usang. Sebab, percikan api dari busi tersebut dibutuhkan sebagai pemicu agar starter bisa bekerja.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengecek busi mobil. Jika kotor maka bisa dibersihkan, namun jika sudah tampak usang, sangat direkomendasikan untuk sesegera mungkin mengganti busi tersebut.

Dinamo Ampere Alami Kerusakan

Selain itu, penyebab mobil tidak bisa distarter yang berikutnya adalah adanya kerusakan pada komponen Dinamo Ampere.

Perlu untuk diketahui bahwa komponen Dinamo Ampere sendiri adalah alternator yang mana keberadaannya sangat penting guna mengalirkan listrik ke aki.

Oleh karena itu maka jika komponen ini mengalami kerusakan secara otomatis mobil pun pasti tak akan bisa menyala meskipun aki pada mobil dalam kondisi baik.

Untuk mencegah atau mengatasi kerusakan yang jadi penyebab mobil tidak bisa menyala saat distarter tersebut, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi untuk dicek dan diperbaiki bila terjadi kerusakan.

Bahan Bakar Tidak Mengalir dengan Lancar

Selain sistem kelistrikan, aliran bahan bakar yang kurang lancar bisa memicu timbulnya masalah saat mobil distarter. Hal ini menjadi salah satu alasan mobil tak bisa menyala saat distarter.

Dimana, aliran bahan bakar yang tidak tersalurkan dengan sempurna dari tangki ke mesin sehingga tidak ada pembakaran yang dijadikan pemicu untuk menyalakan mesin saat distarter.

Selain itu, tidak ada kandungan udara dalam bahan bakar pun juga turut bisa jadi penyebab lain mobil tak bisa distarter dalam kondisi ini.

Kondisi seperti ini umumnya masih wajar, terutama saat di pagi hari dengan cuaca yang dingin sehingga memperlemah aliran pompa bahan bakar dari tangki ke karburator.

Koil Mengalami Overheating

Jika Anda mengalami kondisi mobil yang sulit menyala saat distarter maka ada kemungkinan terjadi masalah di bagian koil.

Karena, koil sendiri memiliki peran penting guna menggandakan tenaga listrik ke dalam aki yang selanjutnya akan mengalir ke busi sehingga memantik pijaran bunga api.

Oleh sebab alasan itu maka tak salah jika Anda selalu melakukan pengecekan di bagian koil ini. Bila suhu koil terasa sangat panas sekali maka ada baiknya Anda untuk menggantinya dengan yang baru agar mobil bisa distarter dengan normal kembali.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Dan Menyala

Sensor Suhu Bermasalah

Di satu sisi, WTS atau Water Temperature Sensor menjadi bagian yang turut berpeluang jadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

Karena, komponen WTS atau sensor suhu tersebut memiliki peran otomatis yang memonitor suhu pada mesin. Jika mengalami kerusakan pada sensor tersebut otomatis nantinya sistem injeksi pun akan terganggu sehingga mobil tak bisa dinyalakan.

Maka dari itu, bila ada masalah pada bagian ini, tidak disarankan untuk memperbaiki sendiri. Direkomendasikan untuk melakukan pengecekan ke bengkel untuk memastikan kondisinya.

Sekring Putus

Selanjutnya, alasan mobil tidak bisa menyala mesinnya bisa juga dikarenakan sekringnya putus. Perlu untuk diketahui bahwa pada umumnya, komponen sekring ini terdapat di dekat aki pada kutub positif.

Jika sekring putus maka sudah pasti mobil tidak bisa distarter. Sehingga, Anda perlu mengganti komponen sekring ini agar aki bisa bekerja saat mobil distarter.

Ada baiknya Anda melakukan penggantian sekring ke bengkel terdekat untuk segera diperbaiki.

Karburator Kotor

Kemudian, jika kondisi mobil dalam keadaan stuck ketika melakukan starting akan tetapi tidak bisa melanjutkan untuk menghidupkan mesin secara normal maka dapat kita lakukan pemeriksaan pada karburator.

Langkah ini bisa Anda lakukan bila mobil tersebut tidak menggunakan sistem supply bahan bakar dengan injeksi. Karburator yang kotor tentu dapat menghambat proses starting pada mesin mobil.

Dengan begitu maka diperlukan perawatan yang berupa langkah pembersihan karburator untuk meminimalisir atau mengatasi penyebab mobil tidak bisa distarter secara normal.

Kondisi Aki yang Mulai Tidak Normal

Langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mesin mobil yang tak menyala yakn dengan memeriksa komponen aki sebagai bagian dari sistem kelisrikan.

Untuk soal ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan yakni dengan cara mengecek kondisi level air aki serta memeriksa tegangan listrik.

Jika Anda tidak punya alat maka bawa saja mobil ke bengkel khusus aki untuk dilakukan pengecekan. Jika level air menurun maka bisa diisi yang baru, bila tegangan listrik berkurang, tentunya diperlukan sokongan energi listrik agar sistem aki kembali normal.

Mesin Mobil Jarang Dipanasi

Nah, untuk penyebab mobil tidak bisa distarter, salah satu alasannya karena mesin mobil yang jarang dipanasi. Hal ini lumrah dan wajar karena bila mesin mobil dalam kondisi mati maka justru aliran listrik juga akan banyak terkuras habis.

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, lakukan pemanasan mesin mobil secara rutin agar konsisi aki dan kelistrikan menjadi lebih terjaga. Sehingga, tidak menimbulkan masalah saat mobil distarter.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Sama Sekali

Tak bisa dipungkiri bahwa beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter yang telah Mas Sena ungkap di atas adalah penyebab yang secara umum terjadi di beberapa mobil.

Namun, tentu saja selain dari beberapa penyebab mesin mobil tidak menyala ketika distarter sebagaimana penjelasan di atas, tentu masih ada beberapa alasan lain di luar beberapa faktor penyebab di atas.

Kiranya sampai di sini dulu ya kawan ulasan yang telah Mas Sena uraikan mengenai beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan