Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan

Ada beberapa masalah yang perlu diketahui ketika motor injeksi tiba-tiba susah dihidupkan

Motor Injeksi Susah Hidup – Saat ini, motor injeksi merupakan model yang marak dijual di pasaran, mulai motor matic (skutik), motor bebek hingga motor sport hampir semuanya sudah menggunakan sistem injeksi.

Hal ini tentu tak lepas dari efisiensi bahan bakar yang dihasilkan oleh sistem injector pada motor yang menggunakan mekanisme ini. Sehingga, membuatnya memiliki nilai tersendiri dibandingkan dengan motor karburator.

Namun, tak disangka bahwa ternyata ada beberapa kendala yang tak jarang terjadi pada beberapa kendaraan roda dua yang menggunakan sistem injeksi ini. Salah satunya yakni motor injeksi susah hidup.

Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan

Tentu saja, jika hal ini terjadi maka akan mengganggu aktivitas Anda. Apalagi, dikejar waktu akan kerja atau akan mengantarkan sekolah anak. Lantas, apa sih penyebab motor injeksi susah dihidupkan.

Bila kita berkaca dari beberapa faktor, tentu ada faktor pemicu yang membuat mesin pada motor berinjektor tersebut susah dinyalakan, terutama saat pagi hari.

Nah, melalui artikel ini, Mas Sena akan berbagi informasi mengenai beberapa penyebab motor injeksi susah dihidupkan. Antara lain adalah sebagai berikut ini.

Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan

Dari sekian banyak masalah, kesulitan menghidupkan mesin motor injeksi adalah hal yang cukup sering dialami oleh para pemiliknya, mungkin juga termasuk Anda. Mau tahu penyebabnya? Berikut faktor pemicu motor injeksi susah dinyalakan.

Motor Injeksi Mati Total

Tegangan pada Aki Mulai Melemah

Perlu diketahui bahwa motor motor injeksi di sini sangat berkaitan atau berhubungan erat dengan sistem kelistrikan, terutama pada bagian aki.

Maka, jika pada aki ada masalah, otomatis motor akan sulit dihidupkan. Contohnya adalah tegangan aki yang mulai melemah.

Perlu untuk diketahui bahwa starter elektrik pada motor injeksi ini membutuhkan suplai daya yang cukup besar yang bersumber dari aki guna memutar dinamo starter. Tak hanya itu, aki juga harus memberikan suplai tenaga pula ke bagian ECU.

Dengan melihat mekanisme tersebut tentu saja dibutuhkan tegangan yang besar dan kuat agar keduanya mampu beroperasi dalam waktu yang bersamaan.

Namun, jika tegangan dari aki mulai menurun tentu saja power yang disuplai ke ECU maupun starter elektriknya juga akan kurang bertenaga. Ini mengakibatkan dinamo mesin motor sulit berputar ketika mesin akan dihidupkan.

Jadi, sudah barang tentu bagi Anda para pemilik kendaraan motor berteknologi injeksi, sudah sepantasnya untuk memeriksa ECU dan aki jika tiba-tiba mesin motor sulit dinyalakan atau dihidupkan.

Busi Lembab/Basah

Selain itu, penyebab motor injeksi sulit dihidupkan juga bisa dipicu karena busi basah karena terlumuri oleh oli.

Dikarenakan busi berperan untuk membakar bensin di ruang mesin pembakaran, ketika kondisi busi basah maka sistem pembakaran pun juga tak akan berjalan normal sebagaimana mestinya.

Selain basah, busi yang kotor pun juga tak akan mampu menunjang percikan secara konsisten dan sempurna waktu mesin motor dihidupkan.

Akibatnya, motor pun jadi sulit untuk dinyalakan. Maka dari itu, periksalah bagian busi ini dan pastikan bahwa busi dalam kondisi yang bersih dari lumuran oli maupun kotoran.

Penyebab Motor Injeksi Susah Distarter

Brush Starter Rusak/Aus

Di sisi lain, kondisi mesin motor injeksi susah hidup juga bisa dipicu karena adanya masalah pada bagian brush starter.

Dimana, komponen yang berfungsi sebagai penghidup mesin motor ini sudah mengalami aus dikarenakan masa pakainya.

Biasanya, indikasi jika brush starter ini mengalami kerusakan pada saat tombol starter ditekan maka suara motor akan terdengar atau terkesan loyo/kurang bertenaga.

Untuk memastikan bahwa masalah mesin motor susah hidup karena komponen ini, Anda bisa mengeceknya dengan menyalakan lampu dan beberapa komponen elektronik lainnya.

Jika brush starter rusak maka besar kemungkinan lampu akan redup, suara klakson terdengar aneh, dan mesin susah dihidupkan.

Ini tentu menjadi tanda bahwa kondisi brush starter pada motor ini sudah waktunya diganti dengan yang baru agar kinerjanya kembali maksimal.

Bahan Bakar Kotor/Kurang Steril

Siapa sangka, ternyata salah satu yang menjadi penyebab mesin motor injeksi susah dihidupkan juga dikarenakan kondisi bahan bakarnya yang kotor atau kurang steril.

Kotor di sini maksudnya bahwa bahan bakar sudah tercampur dengan air, debu, dan karat akibat korosi.

Karena, kotoran yang mengendap di dalam ruang tangki bahan bakar akan menghambat arus bahan bakar menuju ruang pembakaran sehingga mesin sulit untuk hidup.

Selain itu, korosi yang mengakibatkan dinding tangki keropos pun juga menjadi pemicu mesin motor tersendat atau sulit hidup karena sudah tercampur dengan bahan bakar.

Dimana, tersendat atau sulitnya mesin menyala dikarenakan beberapa bekas keroposan akibat karat tersebut yang menutupi selang bahan bakar menuju ruang pembakaran sehingga akan membuat hasil pembakarannya kurang sempurna.

Maka dari itu, Anda sangat perlu sekali melakukan pengecekan dan pembersihan pada tangki bahan bakar ini. Tujuannya sudah barang tentu agar tangki bensin tidak kemasukan air maupun kotoran lain.

Untuk itu, pastikan selalu bahwa bagian seal tutup tangki selalu dalam kondisi prima. Kalau karetnya sudah getas, sebaiknya segera ganti karena kemungkinan besar akan ada air yang masuk meskipun hanya setetes saja.

Di satu sisi, Anda juga harus berhati-hati pula saat mencuci motor dengan penyemprot air bertegangan tinggi. Karena, air bisa saja masuk melalui penutup tangki motor yang membuat bensin tercampur dengan air sehingga membuat mesin motor ngadat atau mbrebet mengingat pembakarannya yang kurang sempurna.

Motor Kehabisan Bahan Bakar

Satu yang jelas dan pasti penyebab motor injeksi sulit dihidupkan, tentu dikarenakan tidak adanya bahan bakar atau besinnya sudah habis.

Perlu diketahui bahwa pada motor injeksi, bila bahan bakarnya sudah mulai habis maka secara otomatis motor sama sekali tidak bisa dinyalakan.

Namun, yang menjadi masalah adalah ketika motor kehabisan bahan bakar, lalu diisi kembali sampai penuh, biasanya motor berinjeksi ini sulit untuk dihidupkan mesinnya.

Yang menjadi faktor penyebab kondisi tersebut tak lain dikarenakan bagian pompa bensin yang menyuplai bensin ke injektor secara otomatis memutus pasokan bensin ketika tidak ada lagi debit bahan bakar pada tangki.

Artinya, ketika kondisi tangki kosong kemudian Anda isi dengan bahan bakar, Anda harus menunggu beberapa saat sampai pompa bensin menyuplai ke injektor. Sehingga, mesin bisa langsung dinyalakan seketika.

Masalah Motor Injeksi

Masalah soal mesin motor injeksi yang susah menyala ini memang menjadi kendala yang umum terjadi di kalangan para pemilik sepeda motor. Hal itu tentu saja tak lepas dari mekanisme atau sistem kerja pembakaran pada motor injeksi tersebut.

Beberapa kasus juga menyebut bahwa kondisi ini adalah alami dan sudah biasa. Hanya saja, jika kondisinya dikejar atau diburu waktu maka mesin motor injeksi yang sulit hidup ini adalah masalah yang harus diatasi.

Akan lebih baik jika masalah pada motor ini diatasi dengan cara melakukan pengecekan pada beberapa komponen bersamaan saat service rutin. Sehingga, bila ada kendala bisa segera langsung diatasi oleh si mekanik.

Demikian ulasan dari Mas Sena mengenai beberapa faktor penyebab mesin motor injeksi susah dihidupkan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Bagan