Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras dan Berat

Mengenal beberapa faktor pemicu pedal kopling pada mobil terasa berat

Penyebab Pedal Kopling Keras – Dalam sistem berkendara mobil, kopling merupakan bagian atau komponen penting dalam mobil yang memiliki peran penting.

Dimana, peran penting dari kopling mobil sendiri berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi. Tentu saja, komponen yang satu ini menjadi satu hal yang tak bisa dilepaskan dari perhatian begitu saja, khususnya untuk para pemilik mobil bertransmisi manual.

Mengenai hal tersebut, tak jarang ada beberapa kendala yang terjadi pada komponen ini, seperti kendala kopling mobil yang terasa berat ketika diinjak. Tentu saja, ada penyebab pedal kopling keras yang perlu untuk kita ketahui.

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras

Perlu untuk diketahui bahwa pada umumnya, kondisi pedal kopling yang terasa berat seperti ini biasanya dikarenakan kurangnya perhatian dan perawatan dari si pemilik.

Selain itu, cara mengemudi yang kurang tepat seperti peletakan kaki yang kurang pas di atas pedal tentu juga bisa menjadi penyebab pedal kopling keras.

Nah, mengenai soal itu, dalam hal ini Mas Sena akan berbagi informasi mengenai penyebab pedal kopling mobil keras yang bisa Anda pelajari dan pahami.

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras

Di bawah ini akan Mas Sena jelaskan beberapa faktor penyebab pedal kopling mobil keras. Antara lain adalah seperti yang akan diulas berikut ini.

Masalah Pada Pedal Kopling Mobil

Kabel Kopling Seret

Hal pertama yang jadi penyebab pedal kopling mobil keras adalah dipicu pada kabel atau kawat baja yang mengalami seret.

Umumnya, seretnya kabel pada kopling ini dipicu karena jarang mendapat pelumasan oli. Sehingga, sangat rawan kering yang mana akan membuat kondisi pada pedal kopling terasa berat ketika diinjak.

Karena kurang pelumasan maka salah satu solusi mengatasi kabel pada pedal kopling yang seret adalah dengan melumurinya dengan pelumas guna meminimalisir terjadinya gesekan antar sarung pembungkus kabel kopling.

Tetapi, agaknya saat ini, kebanyakan sudah menggunakan modul kopling mobil hidrolik yang mana akan memanfaatkan tekanan cairan. Artinya, untuk beberapa model mobil baru, sepertinya tak perlu memperhatikan kabel-kabel lagi mengingat dalam hal ini peranannya yang sudah tergantikan.

Kerusakan pada Release Bearing

Di satu sisi, penyebab pedal kopling mobil keras dan berat, bisa juga dipicu karena adanya tekanan plat pegas diafragma yang ada pada cover clutch.

Dimana, kondisi tekanan tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap mekanisme kerja pada kopling sehingga jika komponen ini rusak maka akan membuat pedal kopling menjadi terasa berat.

Cara mengatasinya, tentu Anda harus melakukan penggantian release bearing dengan yang baru sesegera mungkin supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah yang bisa berdampak buruk pada komponen terkait lainnya.

Pilot Bearing Macet

Kemudian, faktor pemicu kerusakan atau yang membuat pedal kopling pada mobil terasa keras, bisa disebabkan karena pilot bearing yang mengalami kemacetan.

Karena, secara peran, Bearing Pilot ini memiliki fungsi untuk menopang input shaft yang mana nantinya akan bertugas mensejajarkan sumbu tengah poros engkol.

Nah, jika posisi pilot bearing ini mengalami kendala/macet maka akan berdampak pada kesulitan memindahkan gigi transmisi melalui pedal kopling karena teras berat atau keras.

Nah, untuk memperbaikinya, alangkah baiknya Anda untuk mengganti pilot bearing ini dengan yang lebih baru agar nantinya tidak ada kemacetan sistem mekanisnya ketika pedal kopling mobil diinjak.

Pedal Kopling Pada Mobil Bermasalah

Kampas Kopling Sudah Aus

Selanjutnya, untuk penyebab pedal kopling mobil keras yang lain, dipicu karena ada masalah pada kampas kopling itu sendiri.

Yang mana, dalam hal ini kendala yang dimaksud adalah kampas kopling yang mulai aus. Sehingga, akan berdampak pada sistem mekanis kopling yang tidak lancar saat memindah gigi.

Selain itu, dampak yang ditimbulkan adalah mobil akan terasa banyak kehilangan tenaga saat terjadi perpindahan gigi. Karena, akan terasa keras ketika diinjak.

Nah, untuk mendeteksi soal masalah pada kampas kopling ini maka Anda bisa mengetahuinya dari beberapa tanda. Sepertinya keluarnya bau hangus atau terbakar.

Bila kondisi sudah seperti itu maka sangat disarankan bagi Anda untuk sesegera mungkin mengganti kampas kopling yang sesuai dan direkomendasikan oleh pabrikan.

Dari sini, Anda sebaiknya menggantinya di bengkel resmi yang umumnya menyediakan suku cadang asli yang otentik.

Cover Clutch Sudah Berumur

Di samping itu, salah satu penyebab pedal kopling mobil keras, bisa juga dipicu karena usia dari cover clutch yang sudah waktunya untuk diganti.

Biasanya, kendala seperti ini muncul pada saat pegas penekan plat kopling sudah terasa lemah. Mengenai soal itu, sudah barang tentu Anda tak bisa memperbaikinya.

Melainkan, Anda harus mengganti komponen ini dengan yang baru. Pastikan penggantian clover clucth di sini menggunakan model atau tipe yang asli dari pabrik agar lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan ke depannya.

Komponen Kurang Pelumasan

Sementara itu, satu hal yang biasanya dipandang sebelah mata namun memiliki dampak cukup besar pada kondisi pedal kopling adalah karena komponen kurang mendapat pelumasan.

Karena, jika tidak ada pelumasan maka komponen akan memicu terjadinya gesekan keras pada setiap komponen mesin sehingga menyebabkan mesin mobil tidak mampu terpacu lebih gahar, khususnya di sektor kopling.

Maka oleh sebab itu, selalu berikan cairan pelumas pada bagian beberapa komponen pedal kopling, seperti lease bearing dan per matahari.

Perlakuan seperti ini tentu saja akan meringankan tarikan antar komponen sehingga dapat mengatasi beratnya pedal kopling mobil saat ditekan.

So, lakukan hal ini agar kondisi pedal kopling mobil Anda menjadi lebih mampu bekerja secara optimal.

Pola Berkendara yang Buruk

Kemudian, pola berkendara yang buruk pun juga bisa menjadi penyebab pedal kopling mobil keras atau terasa begitu berat saat diinjak.

Umumnya, pola berkendara seperti menginjak dan melepaskan kopling secara spontan, nantinya akan mengakibatkan plat kopling yang terhubung ke flywheel justru bakal terasa kian berat.

Bahkan, sangat dimungkinkan dan berpotensi sekali bahwa kampas kopling mobil juga akan cepat tipis atau aus.

So, untuk itu sangat disarankan bahwa Anda harus menekan pedal kopling secara perlahan dan juga lepaskan secara pelan-pelan sesuai dengan kecepatan mobil.

Selain itu, sangat disarankan juga bahwa untuk menghindari kaki mobil menggantung di atas pedal kopling saat posisi mobil berjalan.

Pedal Kopling Mobil Terasa Berat

Dari beberapa penyebab pedal kopling mobil keras di atas, tentunya bisa Anda pelajari satu per satu dengan memahami beberapa kendala yang menjadi faktor pemicu masalah pada pedal kopling yang terasa berat ketika diinjak.

Selain daripada itu, dengan pengetahuan informasi di atas, Anda tentunya bisa melakukan tindakan pencegahan yang mana dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada pedal kopling.

Bagaimana kawan? Cukup jelas bukan? Nah, itulah tadi beberapa ulasan mengenai faktor yang menjadi penyebab pedal kopling mobil keras atau terasa berat. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat sekaligus sebagai sumber referensi untuk Anda semua. Sampai jumpa.

Bagan