Penyebab Setir Mobil Bergetar dan Cara Mengatasinya

Informasi mengenai beberapa faktor penyebab setir mobil bergetar pada kecepatan tertentu sekaligus cara mengatasinya

Penyebab Setir Mobil Bergetar – Kenyamanan dalam berkendara, tentu menjadi salah satu prioritas utama bagi setiap pengemudi, baik pengendara motor maupun mobil.

Terkhusus pengendara mobil, sudah barang tentu soal kenyamanan mengemudi adalah hal yang tak bisa dilepaskan begitu saja. Hal itu dikarenakan berkenaan langsung dengan keamanan dalam mengemudikan mobil.

Namun, terkadang ada sedikit masalah, khususnya bagi para pengendara mobil. Seperti setir mobil yang bergetat. Kondisi seperti ini tentu saja akan membuat kenyamanan berkendara menjadi berkurang. Lantas, kira-kira apa saja sih penyebab setir mobil bergetar?

Penyebab Setir Mobil Bergetar

Mengenai masalah tersebut, tentu ada beberapa faktor yang jadi penyebab setir mobil bergetar. Hanya saja pada umumnya, kondisi setir yang bergetar tersebut tak lain disebabkan karena mobil yang kurang mendapat perawatan st berbagehingga membuaai komponen lain tidak dalam keadaan baik dan pada akhirnya mempengaruhi performa dari setir mobil.

Apalagi, dampak yang ditimbulkan karena setir yang bergetar ini akan membuat konsentrasi menjadi semakin kacau, bahkan bisa memicu terjadinya kerusakan yang lebih parah jika dibiarkan begitu saja.

Nah, untuk itu berikut akan Mas Sena paparkan penyebab setir mobil bergetar sekaligus cara mengatasinya. Mau tahu? Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Penyebab Setir Mobil Bergetar

Di bawah ini akan Mas Sena sebutkan beberapa faktor yang jadi penyebab setir mobil bergetar. Berikut ulasan lengkapnya.

Penyebab Setir Mobil Bergetar Dan Cara Mengatasinya

Kondisi Roda Tidak Seimbang

Penyebab setir mobil bergetar adalah terjadinya ketidakseimbangan roda mobil. Biasanya, roda yang bermasalah juga akan mengeluarkan suara saat mobil dilajukan.

Umumnya, pemicu roda yang tidak seimbang ini dipicu oleh beberapa faktor. Namun, biasanya adalah menggelembungnya ban disebabkan kondisinya yang sering menyentuh aspal yang panas. Selain itu, tingkat ketebalan antar ban pun juga menjadi penyebab roda tidak seimbang sehingga membuat setir mobil jadi bergetar.

Untuk mencegah hal itu terjadi maka sebaiknya kurang penggunaan mobil Run and Go (melaju kencang dan kemudian mengerem secara mendadak). Karena, jika itu dilakukan akan cepat merusak kualitas ban yang memicu roda tidak seimbang sehingga setir mobil pun terasa bergetar.

Kondisi Velg yang Mulai Penyok

Selain daripada itu, penyebab setir mobil bergetar juga bisa dipacu oleh kondisi velg yang sudah tidak sempurna lagi.

Biasanya, velg yang mulai penyok dikarenakan kondisi ban yang kurang angin, bisa memicu roda kemudi atau setir pada mobil menjadi bergetar dan sulit dikendalikan.

Oleh karena itu, untuk menjaga sekaligus mencegah velg agar tidak mudah penyok maka selalu cek tekanan angin dalam ban. Mengingat, angin dalam ban berpengaruh kuat pada bentuk ban.

Benturan keras yang sering terjadi, seperti saat melewati jalanan medan off-road yang akan membuat ban menjadi tertekan sehingga memicu velg menjadi penyok.

Kaki-Kaki yang Bermasalah

Kaki-kaki pada mobil juga bisa menjadi penyebab setir mobil bergetar. Ini adalah hal yang sering diabaikan oleh para pemilik mobil.

Padahal, kaki-kaki pada mobil adalah komponen utama sebagai penopang bodi mobil. Sehingga, perlu mendapat perawatan dan perhatian khusus mengingat memiliki peran penting dan bisa memicu hal-hal fatal jika diabaikan begitu saja.

Kerusakan pada bagian kaki-kaki mobil memang sulit dideteksi. Namun, jika kondisi setir mobil bergetar, ada baiknya Anda membawanya ke bengkel khusus kaki-kaki untuk dilakukan pengecekan jika terjadi sesuatu di bagian kaki-kaki mobil ini.

So, jika Anda mulai merasa ada yang aneh pada setir mobil maka tak perlu berlama-lama untuk segera melakukan pengecekan ke bengkel.

Cara Mengatasi Setir Mobil Bergetar

Selain penyebab, ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi setir mobil yang bergetar. Berikut ini akan Mas Sena jelaskan cara mengatasinya.

Penyebab Setir Mobil Bergetar Di Jalan Rusak

Cek Lingkup Kaki-Kaki

Cara mengatasi setir mobil bergetar bisa Anda lakukan dengan melakukan pengecekan di bagian lingkup kaki-kaki.

Di bagian ini, Anda perlu mengecek roda sekaligus ban, rem, dan juga rangka kaki-kaki penopang.

Langkah ini bisa Anda lakukan tahap demi tahap. Mulai dari pengecekan ban, apakah ada yang benjol, atau tekanan tidak seimbang. Kemudian, pada velg-nya, apakah velg mengalami penyok atau tidak. Sementara itu, Anda juga bisa mengecek rem dan kaki-kakinya apakah ada masalah pada bagian tersebut.

Jika tidak ada masalah pada komponen-komponen tersebut namun dirasa ada sesuatu yang belum diketahui, Anda bisa membawanya ke bengkel khusus.

Ganti Lakher atau Bearing

Salah satu penyebab setir mobil yang bergetar, agaknya yang memicu adalah komponen berupa bearing atau lakher roda bagian depan yang telah aus.

Dampaknya, peranti tersebut tidak bisa secara maksimal menyangga beban mobil. Sehingga, pada saat mobil berjalan lakher bergerak atau oblak dan bergetar.

Getaran itulah yang diteruskan ke batang kemudi atau stir mobil. Sehingga, jika kondisi ini sudah dikenali maka segera lakukan penggantian bila ada gejala lakher rusak. Akan tetapi, jika lakher masih dalam kondisi bagus maka Anda bisa merawatnya dengan baik.

Lakukan Spooring Balance

Salah satu cara mengatasi setir mobil bergetar ialah dengan melakukan spooring balancing yang mana hal ini merupakan salah satu langkah untuk menyeimbangkan keempat ban atau roda.

Lakukan spooring balance seperti ini setiap 10 ribu Km. Hal ini tentu sebagai tindakan pencegahan jika terjadi adanya ketidakseimbangan pada bagian ban mengingat kondisi mobil yang melewati berbagai medan jalan.

Maka dari itu, dengan melakukan rutin spooring balance tentu akan mencegah terjadinya setir mobil yang bergetar. Sehingga, kenyamanan dalam berkendara menjadi lebih terjamin.

Ganti Kampas Rem

Tak sampai di situ saja, langkah lain yang bisa dilakukan yakni Anda juga bisa melakukan penggantian kampas rem sebagai upaya penerapan cara mengatasi setir mobil bergetar.

Karena, hal ini menjadi salah satu pemicu kondisi setir mobil yang berguncang, khususnya ketika terjadi pengereman dadakan. Jika memang demikian maka Anda harus sesegera mungkin untuk melakukan penggantian kampas rem yang mana agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

So, selalu cek kondisi kampas rem jika Anda mengalami atau merasa rem mulai tidak normal dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jangan sepelekan hal ini mengingat kampas rem berperan penting dalam menghentikan laju mobil melalui gerak rodanya.

Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Melaju Kencang

Nah, dari uraian di atas, tentu saja beberapa penyebab setir mobil bergetar tersebut bisa menjadi alat untuk mendeteksi kondisi mobil sekaligus mengetahui letak kerusakannya.

Sehingga, tak heran jika kondisi yang disebutkan tersebut bisa jadi tanda-tanda bahwa perlu diadakan perbaikan komponen guna mencegah atau memperbaiki setir mobil yang berguncang, khususnya saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Selain penyebabnya, adapun beberapa cara mengatasi setir mobil bergetar di atas sudah barang tentu bisa jadi patokan yang Anda jadikan referensi pada pertolongan pertama jika kondisi tersebut terjadi pada mobil Anda.

Sekian ulasan mengenai penyebab setir mobil bergetar dan cara mengatasinya. Semoga ulasan di atas bisa jadi informasi yang memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua. Sampai jumpa.

Bagan