Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat

Beberapa faktor yang menjadi penyebab tarikan motor menjadi berat

Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat – Kenyamanan dalam berkendara menggunakan sepeda motor, tentu menjadi faktor yang perlu mendapat perhatian. Maka dari itu, diperlukan perawatan cukup intensif guna menunjang kenyamanan berkendara.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa kemungkinan yang membuat berkendara menggunakan motor menjadi kurang nyaman. Seperti tenaga motor yang tidak bertenaga atau terasa begitu berat.

Tentu saja, kondisi seperti ini, kita harus mengetahui penyebab tarikan motor terasa berat agar permasalahan diketahui. Sehingga, perbaikan pun lebih mudah untuk dilakukan.

Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat

Di sisi lain, dengan mengenal beberapa penyebab tarikan motor terasa berat, tentu saja Anda agar lebih bisa mendeteksi gejala dini kerusakan yang terjadi pada motor. Yang mana, ada beberapa banyak gejala yang kemungkinan ada potensi turun mesin.

Maka dari itu, jika tenaga motor mulai terasa berat, hendaknya untuk segera dilakukan pengecekan, baik secara mandiri maupun ke bengkel untuk diketahui dimana akar penyebab tenaga motor menjadi menurun.

Nah, berkenaan dengan hal tersebut, dalam hal ini Mas Sena akan berbagi informasi terbaru mengenai faktor pemicu atau penyebab tarikan motor terasa berat. Mari kita simak bersama penjelasannya.

Penyebab Tarikan Motor Terasa Berat

Berikut ini adalah beberapa faktor yang jadi penyebab tarikan motor terasa berat. Antara lain adalah sebagai berikut ini.

Tarikan Gas Motor Lambat

Kabel Gas Kendor

Penyebab tarikan motor terasa berat yang pertama adalah bisa dikarenakan adanya masalah pada kabel gas motor.

Dimana, kemungkinan terkait kabel gas ini bisa saja mengalami kendor karena penggunaan. Maka dari itu, cek dan periksa kondisi kabel gas pada motor Anda.

Jika memang kondisinya kendor maka sebaiknya dikencangkan lagi guna mengembalikan tarikan gas yang lebih bertenaga.

Anda bisa melakukan pengecekan ini secara mandiri karena dirasa cukup mudah. Namun, jika Anda belum memahaminya, ada baiknya dibawa ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Karburator Kotor

Di sisi lain, penyebab tarikan motor terasa berat sudah barang tentu sangat dimungkinkan karena kondisi karburator yang kotor.

Kondisi karburator yang kotor umumnya dipicu karena adanya penyumbatan bahan bakar pada proses pembakaran yang mana akan berdampak pada tenaga motor yang mulai tidak bertenaga.

Tak hanya itu saja, pengaturan setelah karburator yang kurang tepat juga bisa menjadi pemicu masalah mesin terasa sangat berat karena sistem pembakaran yang terjadi tidak sempurna.

Hal ini tentu membuat sistem pembakaran yang dihasilkan pun menjadi kurang maksimal. Sehingga, sangat perlu sekali jika kebersihan karburator untuk selalu dijaga.

Jadi, lakukan pemeriksaan saat service rutin untuk mengatasi karburator yang terkendala. Jika kotor, Anda bisa meminta mekanik untuk membersihkannya sehingga kotoran yang berpotensi menyumbat pun akan hilang.

Filter Udara Tersumbat

Selain itu, tak bisa dipungkiri bahwa kondisi filter udara yang tersumbat tentu saja merupakan salah satu penyebab mesin motor terasa berat.

Pasalnya, proses pembakaran pada motor memerlukan udara guna memberikan tenaga yang mana udara tersebut masuk melalui filter udara.

Namun, jika kondisi filter udara tersumbat karena adanya debu atau kotoran maka suplai udara untuk pembakaran pun menjadi tidak maksimal. Sehingga, proses pembakaran yang kurang sempurna tersebut akan berdampak pada tenaga yang dihasilkannya menjadi tidak maksimal.

Adanya kotoran pada menempel di filter atau saringan tersebut sudah barang tentu merupakan hal yang wajar akibat dari proses penyaringan.

Oleh sebab itu, Anda harus rajin mengecek dan membersihkan bagian filter udara guna memicu kelancaran sirkulasi udara yang tentunya dibutuhkan dalam proses pembakaran.

Hanya saja, jika usia filter udara ini dirasa sudah lama maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru untuk mengembalikan tenaga motor agar kembali normal.

Kampas Kopling Mulai Aus

Kampas kopling pada motor tentu menjadi bagian atau komponen penting dalam motor yang perlu mendapat perawatan.

Dimana, peran dari kampas kopling tersebut adalah berfungsi untuk menjaga gigi motor supaya stabil.

Bila kampas kopling pada motor habis, umumnya motor bakal mengalami kekurangan power. Seperti terasa tertahan ketika motor dilajukan atau motor tidak berjalan ketika kopling dilpeas.

Tak hanya itu, bila kampas kopling di sini bermasalah maka suara mesinnya pun bakal terdengar sangat kasar. Karena, flywheel pada motor yang bergesekan dengan kampas sehingga memicu suara yang tidak beraturan dan terasa ada getaran.

Untuk mengatasi hal ini, sudah barang tentu Anda harus mengganti kampas kopling dengan yang baru karena kondisinya yang sudah aus. Jika dipaksakan maka justru akan berdampak buruk pada mesin motor, seperti susah ketika akan berpindah gigi.

So, ada baiknya lakukan penggantian bersamaan dengan service rutin di bengkel resmi.

Tarikan Gas Pada Motor

Ruang Pembakaran Dipenuhi Kerak

Kemudian, penyebab tarikan motor terasa berat bisa dipicu oleh kondisi ruang pembakaran yang kotor dengan kerak.

Adanya kerak tersebut dikarenakan oleh sisa-sisa hasil pembakaran yang selama ini terus terjadi. Biasanya berupa karbon hitam yang kemudian menempel di bagian piston.

Tentu saja, bila kerak ini dibiarkan menumpuk dalam waktu lama maka proses pembakaran yang terjadi pun akan mengalami gangguan yang membuat sistem pembakaran kurang maksimal.

Nah, untuk mencegah atau mengatasi kerak yang menumpuk pada ruang pembakaran tersebut maka Mas Sena sarankan menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan 92 atau Pertamax.

Pasalnya, bahan bakar dengan oktan 92 ini diklaim bakal mampu meluruhkan setiap kerak yang ada pada sistem ruang pembakaran motor.

Sebagai penyebab tarikan motor terasa berat, Anda bisa melakukan pembersihan ruang pembakaran ini dengan selalu menggunakan bahan baakr beroktan 92. Sehingga, selain bisa membersihkan kerak menempel, tentunya bisa juga mencegah terjadinya kerak yang menempel.

Sistem Pengapian Mulai Melemah

Tak hanya itu saja, jika sistem pengapian melemah, tentu akan jadi penyebab tarikan motor terasa berat. Oleh karena pengaruhnya tersebut maka Anda perlu melakukan pemeriksaan pada bagian pengapian ini.

Beberapa komponen yang terkait dengan sistem pengapian antara lain seperti busi, koil, CDI, Spull Magnet. Dimana, beberapa komponen tersebut saling berhubungan dan berpengaruh kuat pada sistem pengapian.

Untuk pengecekannya, Anda perlu membawanya ke bengkel bersamaan saat service rutin. Jadi, sangat disarankan sekali untuk mengecek bagian pengapian guna memacu mesin motor agar lebih bertenaga dan tentunya terawat secara maksimal.

Solusi Gas Motor Kurang Bertenaga

Mendasarkan atas beberapa informasi yang berkenaan dengan beberapa penyebab tarikan motor berat tersebut, sudah jelas Anda bisa meraba dan mendeteksi bagian mana yang perlu untuk diperiksa.

Artinya, dari pengetahuan ini, tentunya bisa Anda jadikan referensi ketika secara tiba-tiba mesin motor Anda terasa berat saat digunakan atau dikendarai. Terutama ketika melewati medan menanjak.

Nah, dari berbagai referensi di atas, tentu saja informasi penyebab tarikan motor terasa berat tersebut menjadi topik yang perlu untuk Anda pelajari agar nantinya Anda bisa mendeteksi kerusakan mana jika kondisi tersebut terjadi. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Bagan