Perawatan Harian Mobil Matic yang Wajib Anda Ketahui

Sebagai pemilik mobil matic, tentu saja Anda harus memahami cara perawatan harian untuk mencegah kerusakan sekaligus menjaga agar lebih awet

Perawatan Mobil Matic Harian – Mobil matic kini menjadi kendaraan transportasi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Kemudahan dan fleksibilitas yang tinggi menjadi nilai lebih yang membuatnya digemari banyak orang.

Apalagi, di kota-kota besar yang rentan macet, tentu saja mobil matic menjadi pilihan terbaik. Karena, tidak perlu mengendalikan kopling. Hanya cukup memainkan tuas transmisi saja, mobil bisa dikendalikan dengan aman dan nyaman.

Perawatan Harian Mobil Matic

Namun, sebagai pemilik mobil matic, Anda juga harus memahami bagaimana perawatan mobil matic harian yang tepat supaya kondisinya tetap prima dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Ini perlu diketahui mengingat sistem mobil matic, terutama di bagian mesinnya terbilang cukup rumit dibandingkan mobil manual. Jika terjadi kerusakan pun biayanya juga jauh lebih mahal.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk Anda para pemilik kendaraan mobil matic memahami perawatan harian.

Nah, di sini Mas Sena akan mengungkap beberapa langkah teknis yang mudah sebagai tahapan perawatan harian mobil matic untuk menjaga performanya. Yuk, cek detailnya di bawah ini!

Perawatan Harian untuk Mobil Matic

Untuk menjaga performa mobil matic, diperlukan perawatan harian mobil matic yang mesti Anda pahami dan lakukan setiap saat. Hal ini bertujuan supaya kondisinya dalam keadaan yang tetap prima sekaligus mencegah terjadinya kerusakan.

Service Berkala Mobil Matic

Panaskan Mesin Mobil Tiap Jam 06.00

Memanaskan mesin pada mobil matic adalah hal penting yang umumnya justru banyak disepelekan oleh para pemilik.

Jika Anda membaca artikel ini, sebaiknya hilangkan kebiasaan meremehkan pemanasan mesin. Sebab, melakukan pemanasan mesin mobil matic merupakan perawatan harian pada mobil matic yang sangat diperlukan.

Agar, kondisi oli di dalam mesin sanggup melumasi setiap celah komponen dalam ruang pacunya. Sehingga, gesekan yang terjadi antar komponen bisa dihindari saat mobil dijalankan.

Untuk memanaskan mesin mobil, hendaknya dilakukan setiap pagi hari pada pukul 06.00 saat udara masih dingin sehingga ketika nantinya mobil dikendarai, mesin tidak akan kaget.

Oh ya, untuk melakukan pemanasan ini, hendaknya posisikan gigi pada posisi netral (N) supaya mobil tak melaju sendiri.

Lakukan Service secara Berkala

Selain itu, hal yang penting untuk menjaga kondisi mobil matic Anda agar selalu dalam keadaan prima yakni dengan melakukan service berkala.

Service berkala di sini bisa Anda lakukan sesuai dengan standar yang ada pada buku panduan bawaan pabrik.

Bawalah mobil ke bengkel resmi sesuai pabrikan untuk dilakukan pengecekan kondisi mobil, khususnya di sektor mesin.

Perlakukan ini perlu untuk Anda perhatikan dan jangan disepelekan. Karena, service rutin yang dilakukan oleh mekanis di bengkel resmi akan lebih memahami apakah ada kendala atau tidak sewaktu service dilakukan.

Ganti Oli Mesin secara Teratur

Tak hanya soal service saja bahkan penggantian oli secara teratur juga menjadi langkah teknis yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan performa mobil matic.

Khususnya, bagi Anda yang memiliki intensitas penggunaan mobil yang tinggi dengan jarak tempuh yang jauh.

Hal ini jangan Anda abaikan begitu saja. Pasalnya, kerusakan pada sistem transmisi dapat menyerang mobil Anda jika telat mengganti oli mesin.

Maka oleh sebab itu, selalu ganti oli mesin setiap jarak tempuh sudah mencapai 80.000 km hingga 100.000 km.

Jangan lupa, dalam memilih jenis oli mesin pun jangan asal, pakailah oli khusus mobil matic. Sehingga, sesuai dengan kebutuhan pelumasan pada mesin.

Biasanya, penggantian oli ini bersamaan saat Anda melakukan service rutin. Jika demikian, Anda bisa sekaligus meminta teknisi atau pihak bengkel untuk sekalian mengganti olinya.

Tips Agar Mobil Matic Awet

Hindari Menginjak Pedal Gas secara Tiba-Tiba

Perawatan harian mobil matic yang juga perlu Anda lakukan juga terletak pada tindakan pencegahan.

Di antaranya yakni menghindari penginjakan pedal gas secara tiba-tiba. Hal ini akan membuat kondisi mesin mengalami pergerakan yang tegang sehingga bisa memicu terjadinya masalah karena terjadi gesekan keras antar komponen.

Bahkan, hal ini bisa juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi cepat boros jika dilakukan secara terus menerus.

Maka oleh sebab itu, hindari menginjak pedal gas secara tiba-tiba. Lakukan perlhan dan ikuti jalannya mobil sehingga mesin akan beradaptasi dengan baik sejalan saat mobil berjalan.

Segera Ganti Oli Transmisi jika Terjadi Banjir

Di sisi lain, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengganti oli transmisi ketika mobil sehabis melewati jalanan yang tergenang air atau saat banjir.

Mirisnya, rata-rata pemilik mobil matic kurang menyadari hal ini. Padahal, penggantian oli transmisi ketika terjadi banjir adalah yang sangat disarankan, bahkan sebuah keharusan.

Sebab, pada saat Anda berjalan pada wilayah yang terkena genangan banjir, air akan masuk ke gearbox. Bila kondisi ini dibiarkan saja maka gangguan pada gear atau transmisi (misalnya macet) dapat terjadi pada mobil Anda.

Nah, untuk itu, Anda bisa mencegahnya dengan sebisa mungkin untuk menghindari area yang sering terjadi banjir.

Cek Kinerja Transmisi

Di sisi lain, perawatan mobil matic harian yang perlu diperhatikan, berkenaan dengan pengecekan pada sektor transmisi.

Anda perlu melakukan pengecekan ini secara rutin untuk memastikan bahwa transmisi masih berjalan normal sebagaimana mestinya atau mengalami kerusakan.

Caranya, Anda bisa mengubah terlebih dahulu posisi tuas transmisi dari atau ke D dan R. Jika sudah, lepaskan rem mobil secara perlahan. Nantinya, mobil matic Anda akan secara otomatis berjalan jika transmisinya normal.

Namun, bila tidak berjalan maka ada potensi bahwa terdapat masalah yang cukup serius pada sistem transmisi.

Ini juga menjadi salah satu tindakan preventif untuk meminimalisir kerusakan pada transmisi. Karena, bila ada gejala kerusakan pada sistem transmisi mobil matic ini maka bisa diketahui lebih awal sehingga kerusakannya tidak menjalar ke bagian lain.

Dengan demikian, perbaikannya pun juga akan jauh lebih mudah dibandingkan bila kondisinya sudah benar-benar para.

Inilah pentingnya Anda untuk memastikan kondisi transmisi pada mobil yang Anda miliki.

Kontrol Kondisi Valve

Di samping itu, pemeliharaan harian pada mobil matic Anda yakni dengan melakukan kontrol pada bagian valve.

Dimana, seringkali kondisi kebocoran valve ini terjadi akibat dari pemindahan tuas yang terlalu kencang. Selain itu juga disebabkan oleh hentakan gas yang dilakukan secara tiba-tiba.

Maka dari itu, ada baiknya Anda selalu mengecek komponen ini supaya bila ada masalah atau gejala kerusakan, bisa diatasi sejak dini.

Perawatan Berkala Mobil Matic

Melihat beberapa langkah teknis tersebut, tampaknya perawatan pada mobil matic secara harian terbilang cukup mudah.

Karena, perlakuan yang diperlukan hanya berupa tindakan preventif atau pencegahan guna meminimalisir terjadinya masalah pada mobil matic Anda.

Ini tentu menjadi salah satu langkah terbaik untuk membuat mobil matic Anda menjadi lebih awet. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Tentu saja mengobati di sini maskudnya memperbaiki mobil matic Anda.

Oke kawan, demikian sudah ulasan dari Mas Sena mengenai perawatan harian mobil matic yang bisa Anda lakukan secara teratur di rumah. Semoga menjadi tips otomotif yang memberikan inspirasi untuk tema-teman sekalian.

Bagan