Perawatan Mobil Bekas agar Tetap Awet

Mengenali cara tepat merawat mobil bekas agar selalu prima dan awet

Perawatan Mobil Bekas – Pemeliharaan mobil bekas yang tepat menjadi sebuah langkah penting yang tentu wajib dilakukan oleh para pemiliknya.

Bukan tanpa alasan mengingat kondisi mobil bekas yang dirawat tentunya menjadi salah satu hal yang akan berpengaruh pada keadaan secara keseluruhan pada mobil tersebut.

Jika perhatian perawatan kurang maka secara otomatis kondisi mobil bekas juga menjadi kurang maksimal.

Begitu juga, jika sama sekali tidak memberikan perhatian pada mobil second yang mungkin abru saja Anda beli, maka akan memicu terjadinya kerusakan yang jauh lebih parah.

Perawatan Mobil Bekas

Apalagi, jika Anda meremehkan perawatan kecil yang mungkin saja menjadi aspek penting yang berkaitan atau berkenaan erat dengan keadaan performa mobil tersebut.

Nah, oleh karena itu, sangat diperlukan sekali bagi Anda mengenai apa saja langkah yang tepat untuk merawat mobil second.

Untuk lebih jelasnya,  berikut Mas Sena akan memberikan informasi mengenai langkah perawatan mobil bekas yang tepat dengan langkah sederhana yang bisa Anda coba secara mandiri.

Cara Merawat Mobil Second dengan Langkah Sederhana

Seperti yang sempat disinggung di atas, ada beberapa langkah sederhana dalam perawatan mobil bekas yang perlu Anda terapkan secara mandiri di rumah. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Merawat Mobil Second

Cuci Mobil Rutin

Pertama, jelas bahwa untuk merawat mobil second agar selalu tampak bersih dan terawat, Anda tentunya perlu untuk menjaga kebersihannya. Khususnya di bagian bodi eksteriornya.

Bukan tanpa alasan mengingat tampilan bodi yang terlihat bersih pada mobil bekas akan menambah daya tarik tersendiri.

Maka dari itu, untuk mendapatkan tampilan bodi yang lebih fresh, Anda harus rutin mencuci mobil dengan langkah tepat.

Yakni dengan menggunakan sabun pencuci mobil khusus secara rutin minimal seminggu sekali sebagai cara untuk menjaga bodinya agar terlihat bersih.

Selain itu, Anda juga perlu memberikan sentuhan khusus paling tidak 3 bulan sekali dengan membawanya ke salon mobil untuk merawat bodinya.

Cara ini tentu sebagai langkah perawatan terbaik pada bagian sisi eksteriornya. Sehingga, bisa dipastikan akan selalu terjaga penampilannya.

Cek Selalu Kondisi Radiator Cooled

Selain itu, menjaga performa mobil agar selalu prima juga menjadi langkah dalam merawat mobil bekas dari sisi dapur pacu permesinannya.

Di antaranya dengan selalu rutin memastikan kondisi cairan radiator selalu dalam kondisi terisi penuh setiap saat.

Karena, cairan radiator di sini diperlukan sebagai upaya dalam menjamin suhu mobil agar tetap stabil sekaligus untuk mencegah terjadinya overheat.

Gunakan selalu cairan radiator khusus untuk menjaga agar proses penjagaan suhu dalam mesin menjadi lebih maksimal.

Dimana, Anda bisa membelinya di toko otomotif dengan berbagai varian harga. Namun, perlu diingat bahwa usahakan membeli cairan radiator yang sesuai dengan spek atau rekomendasik pabrikan untuk mencegah terjadinya masalah yang mungkin saja timbul karena salah pilih cairan radiator.

Langkah ini menjadi salah satu aspek yang sangat perlu mendapatkan perhatian khusus. Sebab, bila cairan radiatornya mengalami penurunan kapasitas saja maka proses pendinginan mesin mobil pun tak akan mampu berjalan maksimal sebagaimana mestinya.

Di sinilah letak pentingnya untuk memastikan selalu cairan radiator selalu dalam kondisi penuh guna meminimalisir terjadinya overheat karena masalah cairan radiator yang menurun kapasitasnya.

Anda bisa mengecek rutin paling tidak setiap seminggu sekali. Mengingat, terkadang mobil bekas tahun pembuatan lama biasanya radiatornya akan cepat habis dibandingkan dengan mobil tahun pembuatan baru.

Kontrol Kecepatan saat Melewati Jalan Rusak

Di sisi lain, untuk menjaga agar kekokohan rangka mobil maupun kaki-kakinya tetap kokoh, usahakan selalu menjaga atau mengontrol kecepatan. Terutama saat melalui medan jalan berlubang.

Hal ini tentunya sangat perlu dilakukan agar sektor rangka maupun kaki-kakinya tidak mudah mengalami kerusakan akibat dari salah berkendara di medan jalan bergeronjal.

Mengingat, meski dirancang kokoh dan sesuai dengan resiko, tetap saja potensi kaki-kaki patah atau rangka yang bengkok akibat dari kurang bisa mengontrol kecepatan saat melewati jalan berlubang tetap ada.

Maka oleh sebab itu, disarankan selalu untuk menjaga kecepatan mobil dalam keadaan normal atau paling tidak pelan-pelan saat melewati medan yang tak rata.

Service Mobil Second

Service Rutin

Sudah jelas dan tak bisa dipungkiri lagi bahwa service rutin adalah hal wajib yang harus dilakukan bagi setiap pemilik mobil bekas.

Service di sini tentu saja meliputi pengecekan bagian-bagian tertentu pada mobil sekaligus penggantian oli mesin.

Oleh karenanya, sangat disarankan sekali untuk mengontrol jadwal service rutin mobil bekas. Supaya kondisi atau performa setiap komponen di dalam mobil mampu berkinerja sebagaimana mestinya.

Sebab, terkadang telat service juga sangat bisa berakibat fatal bila sering terjadi. Apalagi, jika telat ganti oli mesin. Sudah bisa dipastikan akan lebih cepat membuat kinerja mesin mobil bekas menjadi mudah terganggu dan bermasalah.

Cek Oli dan Pastikan Tak Ada yang Bocor

Kemudian, untuk menjamin kinerja mesin agar tetap prima, disarankan selalu mengecek kondisi oli mesin pada mobil.

Sebab, oli mesin pada mobil seringkali mengalami penyusutan atau pengurangan kapasitas yang diakibatkan dari berbagai faktor.

Dimana, jika oli mesin selalu dalam kapasitas yang terkontrol maka kinerja dari tiap komponen mesin akan mampu berjalan atau beroperasi secara maksimal.

Bukan tanpa alasan mengingat oli di sini berperan sebagai minyak pelumas untuk melumasi tiap bagian pada komponen mesin hingga ke sela-sela guna mencegah atau meminimalisir dampak gesekan yang kuat.

Bahkan, oli di sini juga berperan penting dalam menjamin atau menjaga suhu dalam mesin. Sehingga, Anda harus selalu memastikan kondisi oli mesin mobil dalam keadaan yang selalu full performa.

Pastikan Jaga Sistem Aki

Nah, selain itu pun juga ada sektor yang perlu dijaga, yakni sektor aki mobil yang sangat perlu untuk dipastikan kondisinya.

Yang mana, Anda harus benar-benar memastikan bahwa aki mobil bekas yang Anda miliki selalu dalam kondisi fit dalam menyuplai daya listrik.

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa aki sangat berperan penting dalam soal kebutuhan sistem kelistrikan pada mobil.

Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan pengecekan aki secara rutin ke bengkel khusus aki mobil guna memastikan dan mengontrol kondisinya.

Tips Merawat Mobil Bekas

Setelah mengetahui beberapa langkah di atas, Anda sudah barang sudah memahami bagaimana begitu pentingnya menjaga sekaligus merawat kondisi mobil bekas atau mobil second.

Meskipun secara keseluruhan proses perawatannya hampir sama dengan mobil baru namun yang perlu diperhatikan adalah pada sektor aki mobil dan kaki-kaki atau rangkanya.

Sebab, kedua komponen tersebut umumnya menjadi salah satu sektor yang umum mendapat masalah pada beberapa mobil bekas dikarenakan usia yang sudah lama.

Oke kawan, kiranya sampai di sini dulu ulasan dari Mas Sena soal bagaimana langkah perawatan mobil bekas secara sederhana untuk menjaga performanya agar selalu prima dan awet. Sekian dan sampai jumpa.

Bagan