Perawatan Mobil Berkala yang Wajib Diketahui

Memahami model perawatan mobil berkala yang harus dilakukan untuk menjaga performa dan keawetan mobil

Perawatan Mobil Berkala – Dalam merawat mobil, tentu saja tidak hanya sekedar service rutin ke bengkel resmi. Melainkan, kita juga harus mengetahui bagaimana cara merawat mobil secara mandiri dan berkala.

Hal ini tentu sangat diperlukan guna menjaga performa daripada mobil tersebut agar tidak mudah mengalami kerusakan. Salah satu hal yang harus dilakukan yakni perawatan mobil berkala yang umumnya hal ini seringkali terlupakan.

Padahal, menerapkan perawatan mobil berkala di sini memegang peran penting dalam menjamin keberlangsungan usia mobil yang lebih awet dan tahan lama. Sehingga, hal ini bisa jadi salah satu hal yang perlu dipahami, khususnya para pemilik mobil.

Perawatan Mobil Berkala

Mengenai hal tersebut, perawatan mobil berkala sudah barang tentu juga membutuhkan atau perlu pemeriksaan guna memastikan bahwa mobil kita dalam kondisi yang prima, sehingga kita tidak mengalami hal buruk di tengah jalan.

Nah, terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan perawatan secara berkala yang perlu Anda lakukan untuk menjaga performa dan kesehatan mobil.

Mau tahu? Mari kita simak bersama perawatan mobil berkala yang akan Mas Sena sajikan dalam uraian di bawah ini.

Perawatan Mobil Berkala

Berikut ini akan Mas Sena sajikan informasi terkini mengenai perawatan mobil berkala yang bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Dimana, ada beberapa bagian dalam penerapan perawatan berkala tersebut yang harus mendapat perhatian secara rutin.

Urutan Service Mobil

Oli Mesin Mobil

Perawatan mobil berkala yang pertama adalah Anda harus melakukan pemeriksaaan atau pengecekan kondisi pada oli mesin mobil.

Untuk pengecekan oli mesin mobil, disarankan pada saat pagi hari dan dalam kondisi mesin mati. Hal ini dilakukan mengingat oli mesin pada mobil sedang dalam kondisi yang normal.

Dengan demikian maka volume oli mesin yang tersisa akan bisa kita ketahui dengan jelas.

Nah, untuk memeriksa kondisi oli, Anda bisa melakukannya dengan cukup mudah, yakni dengan menarik dipstcik berlabel “oli” di bagian kap mesin mobil.

Cek dengan benar dimana posisi permukaan oli, apakah berada daam batas indikator dari ujung distick atau justru malah berada di bawah standar “Full”. Jika berada di bawah standar maka Anda harus menambahkan oli mesin sampai penuh atau menyentuh batas maksimal dari dipstick.

Oli Transmisi Mobil

Kemudian, perawatan mobil berkala yang harus Anda periksa adalah pada bagian oli transmisi. Untuk langkahnya pun hampir tidak berbeda saat melakukan pengecekan pada oli mesin mobil.

Coba, cari dipstick dengan label bertuliskan “Transmission”. Cek kondisi oli transmisinya dan pastikan oli dalam keadaan bersih tidak ada serpihan logam yang tertinggal.

Nah, jika ditemukan ada serpihan logam atau kotoran maka Anda harus sesegera mungkin membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan atau penanganan yang lebih detail.

Cek Kondisi Air Radiator

Selain itu, hal yang perlu untuk Anda lakukan yakni melakukan pemeriksaan air radiator pada mobil. Dimana, cara ini merupakan salah satu perawatan mobil berkala yang harus Anda lakukan secara rutin.

Nah, dalam penerapan pemeriksaannya sendiri, Anda bisa mengecek ketinggian air di tabung cadangan (reservoir). Pastikan air masih berada di bawah batas indikator full agar nantinya air bisa masuk ke dalam sistem pendinginan.

Di sisi lain, terkhusus pada beberapa mesin dari mobil buatan tahun terbaru, usahakan untuk tidak membuka penutup pada bagian radiator. Mengingat, pada mesin-mesin tertentu, gelembung udara pada sistem pendinginan bisa memicu kondisi overheat.

Cek juga apakah ada karat atau korosi di bagian area air radiator. Jika ditemukan ada korosi maka sesegera mungkin dibersihkan agar tidak merembet ke bagian lain.

Tips Merawat Mobil Secara Berkala

Periksa Kondisi Aki pada Mobil

Kemudian di lai sisi, pada rangkaian perawatan mobil berkala, Anda juga harus melakukan pemeriksaan pada bagian aki.

Langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek aki mobil saat perawatan mobil adalah dengan cara menggunakan voltmeter yang dihubungkan ke terminal plus dan minus aki.

Cek Filter Udara Kabin pada Mobil

Selanjutnya, hal dalam menerapkan perawatan mobil berkala adalah dengan melakukan pengecekan di bagian filter udara kabin mobil.

Bukan tanpa alasan mengingat filter udara kabin memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kenyamanan penumpang. Mengingat, fungsinya sendiri menyaring udara yang masuk dari luar mobil ke dalam ruang kabin.

Dimana, tujuannya untuk menyaring debu dan serpihan kotoran. Sebagian mobil juga ada yang menyematkan filter kabin ini dengan karbon aktif guna mengurangi atau menghilangkan bau atau polutan di dalam ruang kabin mobil.

Penggantian filter udara kabin mobil ini bisa Anda lakukan secara berkala. Hitung-hitung sebagai investasi untuk mendukung kenyamanan para penumpang dalam kabin sekaligus merawat setiap sisi dalam interior mobil menjadi lebih terjaga dari kotoran maupun polutan yang tak baik untuk kesehatan.

Minyak Rem Mobil

Berikutnya, sektor lain yang perlu mendapatkan perawatan secara berkala adalah pada bagian rem dari mobil.

Yang mana, pada bagian rem, terdapat minyak rem yang sering terlupakan. Padahal, perannya sangat penting mengingat memiliki sifat hidroskopis yang akan menjaga sekaligus menyerap kelembapan.

Untuk perawatan yang perlu dilakukan pada bagian ini adalah mengecek temperatur minyak rem mobil. Jika temperaturnya semakin rendah maka risiko terjadi karat dan korosi pada sistem rem hidrolik juga semakin besar.

Nah, untuk menerapkan perawatan mobil berkala di segmen minyak rem ini, coba lakukan pengecekan dalam selang waktu setiap 60 ribu Km.

Pengendalian Keadaan Cairan Radiator

Di samping itu, yang perlu juga untuk Anda lakukan dalam melakukan perawatan mobil berkala adalah melakukan pengurasan pada cairan radiator mobil.

Perlu diketahui bahwa seiring berjalannya waktu, cairan radiator pada mobil bisa menurun kualitasnya. Terutama kandungan pH pada air radiator yang berpotensi mulai berkurang dari angka ideal.

Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka secara otomatis akan memicu tumbuhnya timbunan seperti pasir sehingga dipastikan akan menghambat fungsi dari kerja pendingin.

Oleh sebab alasan itu, maka penggantian sangat perlu sekali untuk dilakukan. Yang mana pada umumnya ketika mobil telah menempuh jarak 60 ribu hingga 90 ribu kilometer.

Cek Kondisi Mobil Berkala

Bagaimana kawan? Apakah sedikit banyak sudah bisa memahami perawatan mobil berkala yang perlu Anda lakukan setelah membaca artikel ini?

Nah, tentu saja beberapa uraian di atas bisa menjadi referensi bagi Anda dalam melakukan perawatan mobil secara berkala sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap kerusakan pada setiap komponen mobil.

Mengingat, setiap bagian yang Mas Sena sebutkan di atas merupakan sektor yang sering terabaikan dalam soal perawatan. So, dengan mengetahui beberapa komponen yang perlu mendapat perawatan di atas, sudah sepatutnya Anda segera menerapkannya pada mobil pribadi Anda.

Sekian ulasan mengenai perawatan mobil berkala yang telah Mas Sena ungkap di atas. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan sampai jumpa.

Bagan