Perawatan Mobil di Atas 10 Tahun

Hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam merawat mobil yang sudah berusia di atas 10 tahun untuk menjaga performanya agar selalu dalam kondisi prima.

Perawatan Mobil di Atas 10 Tahun – Bagi para pemilik mobil, rajin dan rutin merawat kendaraannya adalah hal yang wajib dilakukan.

Apalagi, jika kondisi mobil sudah berusia sampai 10 tahun lebih. Yang mana, intensitas pemeliharannya tentu harus lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Bukan tanpa alasan mengingat usia produktif mobil biasanya akan mulai menurun setelah melewati 10 tahun atau 20 tahun dari waktu produksinya.

Hal ini memang wajar terjadi. Namun, bukan berarti Anda membiarkannya begitu saja tanpa ada upaya atau tindakan untuk menjaga performanya. Setidaknya, sebagai langkah untuk tetap membuat mobil dalam keadaan prima.

Perawatan Mobil Di Atas 10 Tahun

Nah, jika Anda seorang pemilik mobil yang sudah berusia di atas 10 tahun, sudah barang tentu harus memahami beberapa langkah perawatan intensif.

Dimana, hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kerusakan yang berpotensi besar terjadi pada mobil yang sudah lama digunakan.

Nah, untuk itu, berikut Mas Sena akan berbagi informasi terkini mengenai perawatan mobil di atas 10 tahun yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah.

Perawatan Mobil di Atas 10 Tahun

Di bawah ini adalah langkah konkrit untuk merawat mobil tua yang telah berusia setidaknya di atas 10 tahun untuk menjaganya agar tetap dalam keadaan prima.

Perawatan Rutin Mobil

Tune Up Rutin

Hal pertama yang harus sering dan rutin dilakukan untuk merawat sekaligus menjaga kondisi mobil yang sudah berumur lebih dari 10 tahun adalah dengan rutin melakukan tune up.

Karena, kondisi mesin mobil yang sudah berusia lama dan sering digunakan tentu saja kondisi mesinnya sangat rentan terhadap segala jenis kerusakan.

Tune up akan membuat mobil yang sudah memasuki usia lebih dari 10 tahun dalam keadaan yang prima.

Tak sampai di situ saja, dalam proses tune up ini biasanya juga akan turut memeriksa pula komponen penting lainnya yang biasanya dilakukan oleh si mekanik.

Bilamana ditemukan komponen yang sudah rentan dan rusak, tentu akan bisa dilakukan penggantian komponen yang lebih baru lagi.

Gunakan Oli Berkualitas dan Rutin Diganti

Di sisi lain, langkah dalam perawatan mobil berusia di atas 10 tahun adalah dengan rutin melakukan penggantian oli mesin.

Disarankan penggantian oli mesin ini dilakukan setiap menginjak 2.500 Km untuk menjaga agar komponen mesin dalam mobil selalu terlumasi oleh oli dengan sempurna sekaligus menjaga suhunya agar tetap dalam keadaan stabil.

Mengenai soal oli, sebaiknya Anda menggunakan oli berkualitas dan sesuai dengan usia mobil Anda.

Dimana, oli terbaik untuk mobil di atas 10 tahun memiliki tingkat kekentalan SAE 10-40 W atau 15-40 W.

Langkah ini tentu sebagai upaya agar kondisi mesin yang bergerak di dalam tetap mampu bekerja secara optimal.

Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Tak hanya mobil baru saja, bahkan mobil berusia 10 tahun ke atas juga patut mendapatkan suplai bahan bakar yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil.

Bukan tanpa sebab mengingat unsur yang ada dalam bahan bakar yang berkualitas akan menjaga dan merawat kualitas dan peforma mesin mobil tua anda agar tetap bersih dan tidak gampang mengalami kebocoran.

Untuk jenis bahan bakar terbaik, Anda bisa menggunakan bahan bakar jenis Pertamax maupun Pertamax Turbo.

Penggunaan bahan bakar yang tepat dan berkualitas akan menunjang sistem pembakaran yang lebih sempurna sehingga efisiensi konsumsi bahan bakar bisa ditekan.

Tak hanya itu, penggunaan BBM yang selalu penuh juga menjadi hal yang perlu diperhatikan guna meminimalisir atau mencegah terjadinya pengeroposan pada dinding dari permukaan tangki bahan bakar mobil itu sendiri.

Cara Merawat Mobil Yang Sudah Berusia 10 Tahun

Cek Kondisi Sistem Kelistrikannya

Tak hanya soal permesinannya saja melainkan sistem kelistrikan pada mobil yang sudah berumur lebih dari 10 tahun juga harus lebih intensif mendapat pengecekan.

Sebab, biasanya sistem kelistrikan pada mobil yang sudah berumur biasanya mudah mengalami masalah dan kendala.

Seperti aki tekor, kabel yang putus, dan masih banyak lagi berbagai kendala.

Maka dari itu, selalu pastikan beberapa komponen yang masuk dalam satu rangkaian kelistrikannya dalam kondisi yang prima.

Seperti kabel listrik. Yang mana, kondisi kabel yang sudah mulai mengeras atau sifatnya getas tentu saja akan memicu terjaidnya percikan di bagian permukaan kabel.

Hal ini akan sangat berpotensi sekali memicu terjadinya kebakaran bila dibiarkan begitu saja tanpa ada pengecekan.

So, sudah jelas dan pasti bahwa Anda harus benar-benar melakukan perawatan yang tepat pada mobil berusia lebih dari 10 tahun, termasuk di sektor kelistrikan yang memang dinilai rentan terhadap berbagai potensi kerusakan.

Cek Kondisi Velg dan Ban Mobil

Soal perawatan mobil memang tidak ada habisnya. Apalagi, jika usianya sudah menginjak tua dan memiliki track record dengan intensitas penggunaan yang tinggi.

Nah, terkait hal tersebut, Anda juga harus melakukan pengecekan pada bagian velg dan roda pada ban mobil.

Salah satunya dengan selalu memastikan bahwa tekanan angin di dalam ban sesuai dan ideal. Sangat disarankan menggunakan gas nitrogen dibandingkan isi angin biasa karena memiliki efek positif.

Tak sampai di situ saja, velg juga harus selalu dijaga, terutama dari kondisi korosi atau karatan.

Karena, jika kondisi velg yang berkarat dibiarkan atau didiamkan saja maka sudah barang tentu akan memicu kondisi velg yang keropos.

Ini tentu berbahaya sekali. Apalagi, jika tingkat korosinya sudah sangat parah. So, tak heran bila sektor velg dan ban di sini termasuk dalam sektor yang patut untuk mendapatkan perhatian lebih, terkhusus untuk mobil tua yang sudah menginjak usia 10 tahun ke atas.

Pastikan Kondisi Air Radiator selalu Penuh

Dalam proses merawat mobil berusia 10 tahun lebih, Anda harus memastikan juga bahwa kondisi air radiator dalam keadaan yang selalu penuh.

Hal ini sangat penting guna menjaga agar air dalam radiator selalu mampu menjaga kondisi suhu dalam mesin sehingga tidak mudah mengalami panas atau overheat secara mendadak.

Dari hal ini, tentunya Anda juga perlu menggunakan cairan khusus radiator agar nantinya sistem pendingingannya mampu bekerja jauh lebih optimal ketimbang menggunakan air biasa.

Dengan demikian maka sudah jelas bahwa perawatan air radiator di sini menjadi salah satu hal yang sangat diperlukan guna menjamin kestabilan suhu dalam mobil agar selalu sejuk.

Merawat Mobil Tua

Tak sampai dalam soal ini saja, satu hal lain yang dirasa sangat penting untuk dilakukan adalah dengan melakukan service rutin.

Sebab, saat service rutin dilakukan tentu saja pemeriksaan akan dilakukan secara menyeluruh, termasuk di antaranya bagian mesin yang mana memang menjadi sektor paling penting dan vital mengingat perannya yang begitu penting sebagai sumber tenaga.

Sampai di sini, apakah teman-teman semua sudah memahami apa saja langkah yang perlu dilakukan dalam perawatan mobil bekas ini?

Nah, semoga artikel mengenai perawatan mobil di atas 10 tahun yang sepatutnya Anda pelajari ini bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan