Perawatan Motor di Musim Hujan

Merawat motor dengan langkah tepat untuk menjaganya agar tetap prima di kala musim hujan

Merawat Motor di Musim Hujan – Rajin menjaga kondisi sepeda motor sepanjang waktu, kapanpun, dan dimanapun, menjadi aspek yang harus selalu diprioritaskan.

Bukan tanpa sebab, tentunya kebanyakan orang menjadikan kendaraan roda dua ini sebagai salah satu alat transportasi pribadi yang sudah jelas berperan penting dalam mendukung mobilitas aktivitas tiap orang.

Maka dari itu, diperlukan perawatan rutin yang harus dilakukan guna menjaga agar performa maupun tampilan dan kinerjanya selalu maksimal dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Perawatan Motor Di Musim Hujan

Salah satu aspek penting adalah melakukan perawatan motor di musim hujan. Mengingat, saat hujan tiba, tentu akan ada berbagai potensi masalah yang mungkin saja timbul akibat dari paparan air hujan.

Seperti potensi kemacetan, karatan/korosi pada beberapa bagian, dan tentunya tampilan eksteriornya. Sehingga, sangat diperlukan sekali beberapa langkah konkrit sebagai cara untuk merawat motor saat musim hujan tiba.

Nah, bagaimana caranya? Tak perlu bingung, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada motor saat musim hujan. Berikut perawatan motor di musim hujan yang bisa Anda lakukan secara mandiri.

Merawat Motor saat Musim Hujan Tiba

Di antara langkah terbaik untuk menjaga motor saat musim hujan tiba adalah dengan selalu rutin melakukan perawatan motor dengan cara yang sederhana namun efektif. Berikut penjelasan lengkapnya.

Merawat Motor Saat Musim Hujan

Rutin Mencuci Motor

Jelas dan tak bisa diganggu gugat lagi, aspek pertama yang perlu dijaga saat musim hujan adalah sisi eksterior atau bodi motor itu sendiri.

Bukan tanpa sebab mengingat di kala musim hujan, tentu saja akan banyak kotoran bercampur lumpur yang mengenai bagian bodi pada motor itu sendiri.

Maka dari itu, Anda harus benar-benar secara rajin mencuci motor. Tentunya, mencuci motor dengan langkah yang tepat.

Dimana, gunakan selalu sabun khusus pencuci motor dan busa lembut untuk meratakan sabun di seluruh area bodi motor.

Usahakan mencuci di tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Sebab, jika terkena cahaya maatahari langsung akan berdampak pada kondisi permukaan cat yang kusam atau flek yang diakibatkan tetesan air saat mencuci yang terkena sinar matahari.

Jika memang tidak sempat untuk mencuci motor, Anda bisa saja cukup dengan membilasnya saja hingga merata dan tidak ada bekas pasir atau lumpur yang menempel di sela-sela motor.

Karena, jika dibiarkan saja akan membuat cat motor menjadi mudah terkelupas. Sehingga, mau tak mau demi menjaga tampilan motor, terutama pada bodinya agar tak kusam, sebaiknya selalu bilas motor dengan air bersih.

Langkah ini sekaligus untuk menghilangkan kandungan dalam air hujan yang tentunya sanggup memicu kerusakan pada permukaan bodi motor. So, selalu rutin mencuci atau setidaknya membilas motor sesaat sesudah digunakan menjadi salah satu cara terbaik guna menjaga tampilan eksterior motor itu sendiri.

Lumasi Rantai Motor secara Rutin

Di sisi lain, langkah yang penting sebagai cara untuk merawat motor agar selalu dalam kondisi prima meski di kala musim hujan adalah menjaga performa di setiap komponennya.

Yang mana, dalam hal ini pada aspek rantai motor itu sendiri. Mengingat, rantai menjadi bagian yang sudah pasti seringkali akan terkena kotoran berupa lumpur atau tanah yang tercampur air saat terciprat ketika melewati jalannya yang tergenang oleh air hujan.

Rantai yang selalu terkena air tentu akan lebih mudah cepat atau berpotensi mengalami kondisi karatan atau korosi. Apalagi di saat musim hujan tiba.

Sebab, rantai terbuat dari bahan material besi yang sudah barang tentu akan mengalami karatan bila terkena air meski sekedar cipratan saja.

Oleh karenanya, untuk meminimalisir masalah tersebut, sebaiknya selalu rutin lumasi rantai dengan oli khusus rantai motor.

Dengan melumasi secara rutin pada rantai motor maka tentunya kondisi rantai akan tetap terjaga kualitas sehingga mampu berfungsi sebagaimana mestinya secara normal.

Selain itu, rutin melumasi oli pada rantai mtoor juga akan mencegah rantai cepat putus. Dengan demikian, performa motor menjadi lebih terjaga, begitu juga dengan rantainya akan lebih awet.

Perawatan Rutin Motor Ketika Hujan

Cek Busi dan Pastikan Tak Ada Air

Kemudian, komponen motor yang perlu dicek secara mendetail saat musim hujan terletak pada sistem busi motor itu sendiri.

Sebab, busi motor memiliki peran yang sangat penting di dalam ruang atau sistem pembakaran. Motor yang baik dan normal tentu memiliki sistem pembakaran yang baik.

Pembakaran yang sempurna dipengaruhi oleh kondisi busi yang terawat. Maka dari itu, disarankan untuk rutin mengecek kondisi busi, terutama di saat musim hujan tiba.

Mengingat, saat melewati genangan air, tentu ada kemungkinan air terciprat dan mengenai area busi. Bila air masuk maka akan memicu proses pembakaran yang tak seimbang.

Kondisi ini akan menyebabkan mesin motor akan susah dihidupkan karena busi sebagai komponen pemicu pembakaran terkena air akibat dari air hujan.

Oleh karenanya, di sinilah letak pentingnya Anda untuk selalu memastikan dan mengecek bagian busi motor. Karena, memang busi sangat rentan terhadap masalah jika sudah terkena air hujan.

Segera bersihkan bagian atau area busi jika ada air yang menempel agar tidak terlanjur masuk ke dalam busi. Jika sudah terlajur masuk, bersihkan area busi dengan kain kering dan pastikan busi sudah kering dari air hujan yang masuk ke area tersebut.

Anda bisa melakukan langkah ini secara mandiri di rumah setiap kali motor dikendarai sesaat setelah hujan lebat.

Cek Aki dan Sistem Kelistrikan

Lalu, pada bagian lain, komponen yang perlu dicek ketika musim hujan adalah pada bagian aki dan juga sistem kelistrikan.

Pengecekan seperti ini perlu dilakukans ebagai langkah merawat motor di kala musim hujan tiba. Sebab, tak menutup kemungkinan pada bagian aki, terutama di area luarnya ada air yang masuk.

Jika air ini masuk ke bagian aki maka akan menimbulkan masalah pada sistem suplai daya. Begitu juga dengan sistem kelistrikannya.

Cek kabel-kabel yang terhubung dengan komponen kelistrikan. Seperti lampu, klakson, ataupun bagian startter elektrik.

Langkah ini untuk mengantisipasi jika terjadi masalah pada bagian rangkaian kelistrikan yang diakibatkan dari air yang masuk.

Mencegah Rantai Motor Berkarat Karena Hujan

Selain beberapa langkah di atas, Anda juga disarankan untuk lebih bisa memperhatikan kondisi oli mesin juga. Sebab, tak menutup kemungkinan bagian ruang oli juga kemasukan dengan air hujan. Sehingga, akan mengganggu jalannya pelumasan mesin saat mesin motor dihidupkan.

Tentu saja beberapa langkah di atas bisa Anda lakukan secara mandiri mengingat cukup mudah dan tak terlalu ribet. Dengan begitu, kondisi motor Anda tetap terjaga meski di kala musim hujan.

Nah, demikian tadi ulasan mengenai tipe bagaimana cara tepa mengenai perawatan motor di musim hujan. Semoga, info mengenai cara merawat motor ini bisa memberikan manfaat untuk teman-teman semua.

Bagan