Perawatan Wajib pada Mobil saat Musim Hujan

Langkah perawatan mobil wajib yang harus dilakukan saat musim hujan tiba

Cara Merawat Mobil saat Musim Hujan – Hujan yang mengguyur di beberapa kota, tentu saja menjadi salah satu indikasi bahwa intensitas perawatan kendaraan harus ditingkatkan. Termasuk di antaranya perawatan mobil di kala hujan.

Bukan tanpa alasan mengingat saat musim hujan, biasanya masalah pada mobil mulai timbul satu per satu.

Hal ini tentu menjadi kondisi yang harus Anda waspadai. Karena, bila dibiarkan begitu saja maka potensi kerusakan pada mobil menjadi lebih berpeluang besar.

Apalagi di sisi bodi mobil yang mana akan rentan terhadap jamur karena air hujan. Begitu juga pada sistem rangka mobil yang sangat berpotensi memicu timbulnya korosi.

Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Belum lagi masalah lain yang tentunya berkaitan erat dengan kondisi performa mesin mobil itu sendiri.

Oleh sebab itu, tak heran jika menjaga mobil ketika musim hujan tiba adalah hal wajib yang tak bisa ditinggalkan oleh para pemiliknya.

Nah, berikut ini Mas Sena akan memberikan beberapa langkah mudah dan tepat sebagai cara merawat mobil saat musim hujan. Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan

Tak perlu rutin ke salon mobil, Anda bisa menerapkan perawatan mobil di kala musim hujan secara mandiri di rumah dengan langkah yang tepat dan mudah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Perawatan Bodi Mobil Ketika Hujan

Rutin Cuci Mobil

Mencuci mobil merupakan langkah wajib yang harus Anda rutin lakukan di kala musim hujan tiba.

Kenapa demikian? Tentu saja ada beberapa alasan yang logis.

Salah satunya untuk mencegah jamur pada bodi eksterior mobil yang mana bila terkena hujan sangat berpotensi sekali memicu timbulnya jamur.

Tak sampai di situ saja, bahkan air hujan yang sifatnya basa memiliki potensi untuk membuat warna cat pada mobil menjadi pudar.

Jika dibiarkan begitu saja maka secara berangsur akan menyebabkan kerak dan kotoran dari air hujan tersebut menempel dan lengket untuk dibersihkan.

Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar rutin dan rajin mencuci mobil. Tentu saja dengan menggunakan sabun khusus pencuci mobil/motor.

Hindari penggunaan detergen atau sabun lain. Mengingat, justru akan merusak permukaan cat mobil.

Jika tak sempat, Anda juga cukup membilas mobil dengan air bersih saja tanpa sabun. Hanya saja, setelah dibilas rata, segera keringkan dengan lap pengering atau kain kanebo.

Sebab, jika air bilasan tidak bersih maka justru akan memicu timbulnya plak pada permukaan cat mobil Anda. Bila sudah terlanjur, nantinya akan sulit untuk dibersihkan.

Sehingga, bagi Anda yang memiliki intensitas penggunaan mobil tinggi di saat musim hujan, mau tak mau harus sering-sering mencuci mobil, sekalipun hanya membilas dengan air bersih.

Karena, hal ini sebagai upaya preventif yang efektif untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya permukaan bodi cat yang luntur atau berjamur yang diakibatkan oleh air hujan.

Gunakan Silicon untuk Memoles Bodi Mobil

Di sisi lain, cara yang bisa ditempuh untuk menjaga bodi mobil dari air hujan adalah dengan memoles bodi secara berkala.

Pada dasarnya, memoles bodi mobil dengan silicon menjadi sebuah upaya perlindungan terhadap cat.

Langkah dalam memoles ini untuk menghilangkan noda dan kotoran membandel dari lapisan permukaan cat mobil sekaligus guna meningkatkan kilap dan tentunya ditujukan untuk memberikan perlindungan terhadap cat dari pengaruh lingkungan.

Memoles mobil di sini bisa dikatakan membuat pelindung cat mobil agar tidak mudah berjamur ataupun kusam karena efek daripada kandungan air hujan.

Apalagi, jika terkena lumpur. Tentu saja, dengan memoles bodi mobil, masalah-masalah seperti itu bisa diminimalisir.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan hal ini paling tidak seminggu sekali sebagai langkah pencegahan atau perlindungan cat mobil dari perubahan lingkungan luar, termasuk dalam hal ini lumpur atau air hujan di saat musim hujan.

Poles Kaca Mobil

Kemudian, langkah lain yang perlu untuk Anda lakukan sebagai cara untuk merawat mobil di kala musim hujan yaitu menjaga kaca mobil agar tetap bersih.

Karena, tidak bisa dipungkiri bahwa kaca pada mobil memiliki peran yang sangat penting dan krusial dalam soal visibilitas dalam berkendara.

Jika kaca sering terkena air hujan namun jarang dibersihkan maka sudah pasti akan mengganggu pandangan pengemudi saat mengendarai mobil.

Salah satu solusi pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan produk rain repellent.

Dimana, rain repellent sendiri memiliki fungsi sebagai lapisan untuk melindungi permukaan kaca mobil dari jamur yang seringkali muncul di saat musim hujan tiba.

Selain merawat kaca, tentu rain repellent ini dipastikan bakal mempermudah wiper menyeka kaca sesaat ketika ada debu maupun air hujan. Sehingga, saat Anda berkendara di waktu hujan lebat akan tetap dengan mudah melihat pandangan ke jalan.

Mencegah Kaca Mobil Berdebu

Cek dan Bersihkan Kaki-Kaki Mobil

Saat hujan, sudah barang tentu mobil seringkali menerjang genangan air. Bahkan, di beberapa tempat, mobil tak bisa menghindari dari genangan lumpur.

Salah satu komponen yang berpeluang besar terkena air adalah pada bagian suspensinya. Yang mana, jika Anda biarkan saja komponen ini maka akan memberikan dampak buruk pada kinerja suspensi yang kurang maksimal.

Gejala masalah pada kaki-kaki mobil bisa diketahui dari munculnya suara berdecit saat mobil melewati jalan bergelombang.

Di satu sisi, beberapa kotoran seperti lumpur juga berpeluang mengenai sela-sela dari rangkaian kaki-kaki mobil. Bila dibiarkan seperti ini maka kinerja kaki-kaki akan terhambat, terutama di bagian suspensi mobil yang nantinya akan terasa keras saat melalui medan bergeronjal.

Untuk itu, Anda disarankan membilas bagian kaki-kaki mobil bersamaan ketika mencuci mobil sesaat setelah digunakan untuk berkendara.

Sangat disarankan membilas sektor kaki-kaki mobil menggunakan air bertekanan tinggi setelah dipakai saat hujan.

Hal ini ditujukan supaya kotoran atau lumpur yang menempel lengket bisa menghilang mengikuti aliran air tersebut.

Cek Velg dan Ban

Siapa sangka, ternyata dampak dari genangan air hujan yang diterjang tentu juga bisa mengenai bagian velg dan ban.

Dimana, ada kemungkinan air hujan atau lumpur memasuki sela-sela daripada ban mobil. Jika dibiarkan maka akan memicu timbulnya ruang yang membuat angin di dalam ban pun mudah keluar.

Tentu ini akan sangat merugikan Anda sebagai pengendara. Mengingat, biasanya gejala angin yang keluar tidak akan serta merta melainkan secara perlahan atau disebut bocor halus.

Bila memang benar demikian adanya maka sangat disarankan sekali bagi Anda untuk membersihkan atau membilas ban, terutama pada setiap sisi dan celah antara karet ban dan velg dengan air. Supaya bersih dari lumpur atau kotoran yang menempel.

Merawat Mobil Musim Hujan

Jika kita menelaah beberapa langkah di atas, tampaknya bukan hal yang terlalu sulit untuk dilakukan.

Mengingat, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah pencegahan yang sudah barang tentu bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Nah, demikian ulasan mengenai bagaimana cara merawat mobil saat musim hujan yang bisa Anda terapkan sebagai langkah preventif guna meminimalisir kerusakan yang lain akibat air hujan.

Bagan