Sering Terjadi! Ini Tanda Kerusakan Mobil Matic

Sering tidak disadari, ada beberapa aspek yang memicu kerusakan mobil matic sehingga diperlukan pengetahuan akan tanda-tandanya

Kerusakan Mobil Matic – Dalam banyak kasus, memang tak bisa dipungkiri bahwa selain memiliki kelebihan, tentu ada kekurangan yang berpotensi dialami oleh mobil matic.

Hal ini merupakan suatu kewajaran saja mengingat mobil matic juga memiliki sisi kelemahan tersendiri. Sehingga, dalam hal ini perlu pertimbangan yang mendalam akan hal itu.

Namun, terkadang kerusakan atau indikasi adanya masalah pada mobil matic jarang sekali disadari atau dipahami banyak orang.

Tanda Kerusakan Mobil Matic

Padahal, bila dibiarkan saja maka akan membuat mobil matic mengalami masalah yang serius bila memang sudah ada indikasi kerusakan meski tak banyak disadari atau diketahui para pemiliknya.

Untuk itu, jika Anda salah seorang pemilik mobil bertransmisi otomatis, sebaiknya benar-benar memahami apa saja kendala dan ciri umum yang mengindikasikan bila ada kerusakan pada mobil matic tersebut.

Berikut ini Mas Sena akan berbagi informasi terbaru soal apa saja indikasi kerusakan mobil matic yang seringkali tidak disadari banyak orang. Yuk, kita simak info lengkapnya.

Tanda Kerusakan pada Mobil Matic

Dalam beberapa kasus, memang ada beberapa indikasi kuat sebagai tanda akan adanya kerusakan pada mobil matic. Sayangnya, itu semua tidak banyak disadari oleh para pemiliknya. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa aspek yang jadi indikasi bila ada kerusakan pada mobil matic.

Mobil Matic Alami Kerusakan

Perpindahan Gigi Terasa Tersentak

Pertama, masalah yang seringkali dianggap sepele oleh pengemudi saat mengendarai mobil matic adalah kondisi gigi yang terasa kasar saat proses perpindahan gigi.

Saat memasukkan gigi atau menginjak pedal gas dalam-dalam, Anda tentu akan merasakan sentakan bersamaan pada saat mobil melaju.

Jika sentakan tersebut masih terasa namun perpindahan tuas masih terasa mulus, itu tandanya mobil masih dalam kondisi prima.

Hanya saja, jika sentakan pada mobil tersebut terasa begitu kasar maka Anda perlu waspada. Apalagi, jika kondisi ini terjadi berulang kali.

Karena, bisa jadi ada masalah yang ada pada bagian sistem rangkaian transmisi pada mobil matic Anda tersebut.

Oleh karena itu, sangat disarankan sekali untuk menjaga dan memastikan kondisi sebenarnya, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan secara mendetail.

Sebab, bila keadaan seperti ini dibiarkan, dikhawatirkan sistem transmisi otomatis pada mobil matic ini bakal mengalami kerusakan yang sangat parah. Ujung-ujungnya, mobil sama sekali tidak bisa melaju karena transmisi otomatis yang mengalami masalah.

Muncul Getaran yang Kuat dalam Kabin

Jika melewati medan jalan berlubang atau tak rata maka wajar saja bila mobil akan bergetar karena melalui jalan yang tidak rata tersebut.

Namun, bila kondisi mobil matic tiba-tiba terasa ada getaran cukup kuat, padahal sedang berjalan di medan yang halus (jalan tol misalnya) maka Anda perlu mewaspadainya.

Perlu untuk Anda pahami bahwa sebenarnya getaran yang timbul di dalam kabin mobil tersebut adalah hal yang normal-normal saja terjadi mengingat mesin mobil dalam keadaan sedang beroperasi.

Akan tetapi hanya saja jika tiba-tiba getaran tersebut terasa mengganggu, bisa jadi ada masalah pada sistem transmisi mobil Anda.

Bukan tanpa sebab mengingat sangat mungkin sekali bilamana getaran tidak wajar ini juga bisa dipicu oleh gesekan pada kopling yang sudah mulai aus.

Bila sudah demikian terjadi, sangat disarankan untuk tidak membawa mobil menempuh jarak jauh. Karena, hal itu menjadi sebuah indikasi kuat bila ada masalah serius pada bagian kopling transmisi. Sehingga, diperlukan perlakukan responsif dengan membawanya ke bengkel resmi untuk mendapatkan perbaikan lebih mendalam.

Tuas Terasa Sulit Dipindahkan

Menyangkut aspek lain, yang menjadi masalah bilamana Anda tak menyadari jika tuas transmisi sulit dipindahkan merupakan gejala kerusakan pada mobil matic.

Perlu untuk Anda pahami bahwa kegagalan yang terjadi saat proses perpindahan gigi bisa dipicu karena kendala yang terjadi pada switch yang ada di dalam sistem transmisi otomatis mobil Anda.

Tentu saja, kondisi ini akan membuat posisi tuas gigi menjadi tersangkut dan sulit dipindahkan. Mobil Anda pun tidak bisa dipindahkan dari mode parking.

Sangat dimungkinkan sekali sesaat setelah beberapa kali akhirnya gigi dapat dipindahkan. Akan tetapi, jika Anda tidak langsung menanggapi serius masalah ini, kondisi mobil Anda akan semakin parah.

Apalagi, jika menyentuh pada bagian tuas dan transmisinya sehingga sangat mungkin sekali membuat Anda sulit untuk melakukan kontrol terhadap tuas pada mobil bertransmisi otomatis ini.

Dengan demikian, sangat disarankan tak perlu menunggu waktu lama lagi untuk sesegera mungkin membawa mobil ke bengkel agar bisa dilakukan pengecekan dan perbaikan kerusakan tersebut.

Mengingat, tipe kerusakan seperti pada bagian tuas ini bisa jadi juga salah satu indikasi jika ada masalah pada perpindahan gigi di saat mobil melaju.

Dari berbagai kemungkinan tersebut maka sudah barang tentu Anda sudah sepantasnya untuk segera melakukan perbaikan supaya tidak menyebar ke bagian atau komponen lain.

Mobil Matic Bermasalah

Gigi Tidak Sesuai dengan Alur Perpindahan Tuas

Selain itu, ciri kerusakan mobil matic bisa diketahui saat tuas gigi dipindahkan namun gigi tidak ikut berpindah.

Masalah seperti ini pada umumnya terjadi kendala yang cukup serius, terutama di bagian gearbox pada mobil matic itu sendiri.

Bisa jadi ada kabel di bagian dalam gearbox yang putus atau mengelupas sehingga tidak mampu menjalankan kinerjanya sebagaimana mestinya.

Apalagi, jika kabel gearbox Anda mengalami masalah yang sangat serius maka secara otomatis lengan pada gearbox tidak ikut berpindah. Dengan demikian maka gigi pun tidak akan mampu mengikuti gerak tuas secara sempurna.

Mobil Sulit untuk Mundur

Pernahkah Anda mengalami kesulitan saat akan memundurkan mobil? Jangan sepelekan. Karena, hal ini bisa jadi sebagai salah satu hal yang menjadi indikasi bahwa ada kerusakan serius pada mobil matic Anda.

Perlu untuk disampaikan bahwa kondisi dimana memundurkan mobil yang terasa sulit ini biasanya dipicu oleh kerusakan pada sistem mekanik transmisi otomatis.

Sebagai langkah antisipatif untuk mencegahnya, Anda tentu wajib melakukan pemeriksaan berkala mobil matic Anda.

Jikalau kerusakan tersebut sudah telanjur terjadi, Anda sebaiknya segera membawa mobil Anda ke bengkel resmi.

Karena, bila dibiarkan saja dalam waktu yang lama, sangat berpotensi sekali merusak bagian mekanik transmisi otomatis pada mobil matic itu sendiri.

Kerusakan Mobil Matic

Setelah mengenali berbagai tanda dari kendala atau kerusakan pada mobil matik tersebut, tentunya Anda bisa melakukan beberapa upaya pengecekan rutin terhadap beberapa bagian dalam mobil matic yang seringkali dilanda masalah.

Selain itu, dengan adanya penjelasan di atas maka secara tak langsung pun Anda sudah bisa mengenali apa saja gejala umum yang sering tak disadari sebagai indikasi bila ada kerusakan yang terjadi pada mobil matic yang Anda miliki.

Oke kawan, kiranya sampai di sini dulu ulasan soal kerusakan pada mobil matic yang jarang sekali diketahui dan disadari banyak orang. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan