Sparepat Motor Matic yang Harus Diganti secara Berkala

Mengenal komponen motor matic yang wajib diganti secara rutin.

Sparepart Motor Matic yang Harus Diganti Berkala – Motor matic saat ini memang menjadi kendaraan yang banyak digemari oleh banyak orang.

Kepraktisan dan efisiensi penggunaan motor matic menjadi faktor utama yang membuat masyarakat di Tanah Air lebih memilih kendaraan bermotor dengan transmisi otomatis ini.

Meski mudah dalam penggunaannya, Anda juga tidak bisa serta merta asal menggunakannya saja. Artinya, harus ada langkah-langkah perawatan motor matic yang wajib Anda lakukan.

Selain service rutin dan penggantian oli, tentu Anda perlu mengetahui bahwa ada komponen motor matic yang harus diganti secara berkala.

Sparepart Motor Matic Yang Harus Diganti

Mengingat, beberapa sparepart motor matic tersebut memiliki masa pakai yang tentu harus diganti dengan yang baru. Walaupun, dalam keadaannya masih normal atau bisa digunakan.

Penggantian komponen pada motor matic ini biasanya harus diganti saat mencapai masa tertentu. Dimana, waktu pemakaian selama 5 tahun tersebut merupakan tempot waktu yang ideal untuk melakukan penggantian beberapa sparepart penting.

Nah, untuk lebih jelas dan detailnya, di bawah ini Mas Sena akan berbagi informasi terkait dengan sparepart motor matic yang harus diganti ketika masa pakai mencapai 5 tahun. Yuk, kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Komponen Motor Matic yang Wajib Diganti secara Berkala

Di dalam penerapannya, memang penggantian komponen pada motor matic merupakan salah satu langkah perawatan yang harus Anda lakukan. Nah, apa saja sparepart yang perlu diganti? Berikut penjelasannya.

Perawatan Komponen Sparepart Motor Matic

Ban Motor Matic

Komponen pertama yang harus Anda perhatikan untuk dilakukan penggantian adalah ban motor itu sendiri.

Sebenarnya, ban merupakan komponen yang penggantiannya termasuk cukup lama dibandingkan komponen lain.

Hanya saja, sebagai komponen penting yang berkenaan dengan kenyamanan dalam berkendara, tentu saja disarankan untuk melakukan penggantian ban secara rutin.

Penggantian ban sendiri diusahakan jangan sampai menunggu permukaannya rata atau botak supaya terhindar dari tergelincir saat melalui medan jalan yang licin.

Meski terbilang sepele, ada baiknya Anda harus melakukan penggantian komponen ini secara berkala dan rutin. Sebaiknya, penggantian bisa dilakukan selama setahun sekali atau jika dirasa permukaan ban sudah mulai botak.

Dan, jangan lupa untuk menggunakan ban yang berkualitas. Disarankan untuk memakai ban tubeless yang tentu akan jauh lebih aman dan efektif.

Penggantian Busi

Selain itu, sparepart pada skutik yang wajib Anda ganti secara berkala adalah busi. Yang mana, memang menjadi salah satu komponen vital dalam proses pembakaran.

Perlu untuk Anda pahami bahwa kondisi busi motor yang normal tentu saja akan sangat memberikan pengaruh atau berdampak pada proses kinerja mesinnya. Hal itu tentu saja tak lepas dari peran busi itu sendiri sebagai komponen utama dalam proses pengapian motor matic.

Yang dalam soal ini, tugas utama dari busi ini berperan untuk memercikkan api atau melakukan pembakaran. Pembakaran ini dilakukan dengan mencampur udara dan bahan bakar.

Untuk penggantiannya sendiri, umumnya pabrikan memberikan rekomendasi masa penggantian setelah motor menempuh jarak sejauh 20.000 Km.

Hanya saja, capaian jarak tersebut untuk kondisi busi yang normal. Khusus untuk beberapa kasus, misalnya busi mengalami kerusakan meski belum sampai di jarak tersebut maka Anda wajib melakukan penggantian busi baru.

Maka dari itu, hendaknya Anda untuk rutin mengecek kondisi busi. Jika dirasa motor matic terasa ndet-ndetan ketika dijalankan, sebaiknya cek keadaan busi. Mengingat, kemungkinan kondisi mesin motor yang kurang bertenaga bisa dipicu karena ada masalah pada komponen busi itu sendiri.

Kampas Rem Motor Matic

Kampas rem pada motor matic juga menjadi salah satu dari beberapa sparepart yang harus Anda ganti secara rutin dan berkala.

Karena, fungsi dari kampas rem tentu saja sebagai upaya untuk mengendalikan atau mengurangi kecepatan motor saat berkendara. Sehingga, keselamatan atau kecelakaan bisa dihindari.

Kampas yang bagus dan masih berkualitas, tentu akan sangat banyak berpengaruh pada kualitas rem motor itu sendiri. Dengan begitu Anda harus rajin melakukan pengecekan kondisi kampas rem itu sendiri.

Mengenai soal penggantiannya, disarankan Anda melakukan penggantian kampas rem motor matic tiap menginjak 4 bulan sekali.

Namun, bila motor jarang digunakan, Anda bisa menggantinya dalam kurun waktu setiap 6 bulan sekali.

Yang terpenting, ganti lah kampas rem sesuai dengan kondisinya. Hindari penggantian sampai menunggu kampas rem aus. Karena, dikhawatirkan akan mempertipis piringan cakram rem pada motor matic.

Sparepart Motor Yang Perlu Diganti

Ganti Filter Udara

Lalu, tak lupa bahwa komponen pada motor matic yang perlu dilakukan penggantian rutin adalah filter udara.

Sparepart motor matic berupa filter udara ini memang memiliki usia pemakaian yang tidak lama alias usianya pendek.

Usia pemakaian filter ini tentu saja sangat dipengaruhi dari intensitas penggunaan motor matic itu sendiri.

Bukan tanpa alasan mengingat jika motor matic memiliki intensitas penggunaan yang tinggi maka tentu akan membuat proses pembakaran dalam mesin menjadi lebih sering juga sehingga banyak udara yang dibutuhkan untuk mendukungnya.

Dalam penggantiannya sendiri, dianjurkan Anda mengganti komponen filter udara ini setiap 5.000 Km. Disarankan menggunakan filter udara basah yang lebih efektif dalam menyaring kotoran saat udara masuk, meskipun hanya sekali pakai.

Van Belt Motor Matic

Tak sampai di situ saja, satu komponen atau sparepart yang sangat penting untuk dilakukan penggantian secara berkala adalah Van Belt (V-Belt).

V-Belt di sini berperan dalam menunjang performa atau kinerja mesin motor, terutama dalam menyuplai gerakan ke bagian roda melalui rantai.

Masa pakai atau usia keawetan dari V-belt pada motor matic ini tentu saja sangat dipengaruhi oleh intensitas penggunaan motor.

Biasanya, penggantian V-Belt ini berbanding 2x dengan penggantian filter udara. Artinya, setiap penggantian filter udara 2 x maka Anda harus melakukan V-Belt yang baru.

Atau, Anda bisa melakukan penggantian V-Belt yang baru saat pemakaian motor telah mencapai 25.000 Km.

Aki sebagai Sistem Kelistrikan Vital

Tak bisa dipungkiri bahwa hampir seluruh sistem pada motor matic dioperasikan dalam sistem kelistrikan.

Salah satu komponen yang penting terkait soal kelistrikan adalah aki motor mati itu sendiri. Karena, komponen ini menjadi sparepart vital dengan peran menyuplai tenaga atau daya ke setiap komponen, seperti lampu atau pun speedometer.

Penggantian aki ini biasanya bisa Anda lakukan dalam waktu 2 sampai 3 tahun sekali. Dimana, penggantian tersebut bisa saja berubah, tergantung bagaimana kondisi dari aki itu sendiri.

Jika sudah muncul ada tanda-tanda kerusakan meski belum mencapai 2 tahun maka segera diganti dengan aki yang baru. Disarankan untuk mengganti aki kering yang lebih efektif dan efisien dalam menyuplai daya.

Komponen Dalam Motor Matic

Bila menengok beberapa sparepart di atas, sudah barang tentu Anda sudah memahami komponen apa saja yang perlu untuk diperhatikan dan diganti jika sudah sampai masa pakainya.

Di sisi lain, penggunaan atau intensitas penggunaan motor matic juga menjadi salah satu faktor yang membuat waktu atau usia pakai beberapa komponen tersebut bisa berubah-ubah. Tergantung kondisinya.

Nah, semoga saja artikel mengenai sparepart motor matic yang harus diganti rutin dan berkala di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk teman-teman semua.

Bagan