Suara Mesin Mobil Kasar dan Berisik? Simak Penyebabnya

Penyebab utama yang memicu terjadinya suara mesin mobil terdengar kasar dan berisik

Suara Mesin Mobil Kasar – Mobil yang jarang dirawat, tentu saja biasanya akan banyak memicu berbagai permasalahan yang mungkin saja membutuhkan biaya besar.

Maka dari itu, tak heran jika setiap pemilik kendaraan beroda empat untuk selalu memastikan dalam mengatur dan menjaga sistem performa mobil secara berkala.

Karena, jika tidak ada perhatian khusus pada mobil maka akan memicu berbagai kerusakan. Sehingga, justru akan jadi beban bagi para pemiliknya.

Di antara berbagai masalah mobil, salah satunya yakni suara mesin mobil kasar yang justru seringkali diabaikan oleh para pemilik mobil sendiri.

Suara Mesin Mobil Kasar Setelah Ganti Oli

Padahal, suara mesin mobil seperti ini justru seringkali menjadi indikasi adanya kerusakan pada sistem permesinan atau ruang pacu mobil.

Yang mana, bila dibiarkan begitu saja maka justru akan merembet pada kerusakan-kerusakan di komponen yang lainnya.

Lalu, apa sih yang membuat suara mobil terdengar kasar dan sangat berisik sekali? Mau tahu jawabannya?

Mari, kita simak bersama ulasan lengkap mengenai apa penyebab daripada suara mesin mobil kasar dan terdengar sangat berisik. Berikut uraian detailnya.

Penyebab Suara Mesin Mobil Berisik

Dalam berbagai kasus, tentu saja suara mesin yang kasar pada mobil bisa saja dipicu oleh beberapa faktor. Antara lain adalah sebagaimana yang diungkap di bawah ini.

Suara Tek Tek Pada Mesin Mobil

Volume Oli Berkurang/Menurun

Penyebab utama dan memiliki potensi besar dalam memicu suara mesin mobil kasar adalah dari faktor volume oli

Perlu untuk Anda pahami bahwa bilamana oli pada mobil Anda sudah mulai berkurang volumenya, maka secara otomatis akan berpengaruh pada kinerjanya untuk mengurangi gesekan antar komponen dalam mobil juga akan berkurang.

Dengan begitu, tentu saja kondisi ini akan berakibat dengan timbullah sumber bunyi kasar pada mobil Anda.

Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek bagian atas dari pengaturan katup. Biasanya, volume oli yang menurun terjadi akibat adanya kebocoran di area ruang mesin. Atau, bisa jadi karena ring piston yang sudah aus.

Oleh sebab itu, jika sudah dipastikan bahwa masalahnya bersumber dari volume oli yang berkurang maka hendaknya Anda mengatasinya dengan mengganti oli maupun memperbaiki area yang memicu kebocoran cairan oli tersebut.

Kompresor AC

Selain itu, perlu untuk diketahui juga bahwa masalah pada suara mesin mobil yang terdengar kasar, bisa bersumber dari oli kompresor AC mobil yang sudah hampir habis, atau karena banyaknya kotoran-kotoran dalam kompresor AC mobil.

Biasanya, suara berisik seperti ini muncul saat mesin dihidupkan bersamaan dengan AC. Yang mana, hal itu menunjukkan bahwa masalahnya ada pada kompresor AC itu sendiri.

Salah satu solusi guna mengatasi masalah tersebut terjadi, sebenarnya bukan hal yang sulit. Karena, Anda hanya cukup melakukan flushing.

Tak hanya itu saja, agar hasilnya lebih bagus dan maksimal, Anda pun perlu beberapa tindakan lain. Termasuk di dalamnya pergantian beberapa komponen mobil Anda.

Masalah pada Bearing Mobil

Kondisi lain yang memicu suara kasar pada mobil, bisa saja dikarenakan dari faktor masalah pada bearing.

Biasanya, suara kasar yang bersumber dari masalah pada bearing mobil ditandai dengan dengungan secara terus menerus saat mobil dijalankan.

Nah, untuk memastikannya, tentu saja Anda harus melakukan pengecekan di bengkel. Mengingat banyak sekali bearing pada mobil, seperti tensioner, alternator, kompresor, waterpump, hingga idler.

Tentu saja, Anda tak bisa mengecek satu per satu dengan alat terbatas. Diperlukan alat lebih lengkap jika ingin dicek satu per satu.

Jika memang sudah dipastikan masalahnya ada pada bearing, Anda bisa meminta solusi kepada mekanik tersebut. Apa sebaiknya diganti atau cukup diperbaiki saja.

Suara Mesin Mobil Kasar

Masalah pada Tali Kipas (Belt)

Tak sampai di situ saja, salah satu penyebab dari munculnya suara kasar pada mesin mobil bisa saja dipicu karena adanya masalah pada tali kipas atau belt.

Sebagai informasi saja bahwa belt atau tali kipas yang dimaksud di sini merupakan salah satu komponen penting sebagai penghubung antara satu pull dengan pull lainnya

Pada mobil, umumnya komponen belt ini bertugas untuk menghubungkan antara putaran kipas radiator dengan alternator dan kompresor AC.

Secara umum, masalah pada belt yang berdampak pada suara mesin mobil kasar, dikarenakan oleh beberapa faktor.

Antara lain kotornya tali kipas, keringnya tali kipas, rusaknya tali kipas, ataupun ukuran tali kipas yang kurang pas.

Tanda yang bisa dijadikan informasi bahwa tali kipas pada mobil sudah mengering atau pemasangannya kurang presisi, biasanya akan muncul bunyi berdecit.

Kondisi seperti ini harus segera mendapatkan proses penanganan atau perbaikan. Sebab, jika dibiarkan begitu saja maka belt atau tali kipas pada mobil bisa putus dan copot sewaktu-waktu.

Oleh karena itu, jangan sepelekan indikasi seperti ini. Sebab, justru akan membahayakan Anda saat berkendara mobil mengingat berkenaan dengan keselamatan.

Klep Terlalu Rapat

Lalu, bisa saja masalah yang memicu suara berisik pada mobil dipicu karena pemasangan posisi klep yang terlalu rapat.

Standarnya, pemasangan katup mesin atau klep berjarak sekitar 0.2 mm hingga 0.3 mm. Adanya jarak tersebut tentu bukan tanpa alasan.

Dimana, sebagai jarak tolerasi antar katup guna berjaga-jaga saat klep nantinya mengalami pemuaian. Terutama ketika suhu mesin mengalami peningkatan drastis.

Namun, bila pemasangannya terlalu longgar maka justru akan memicu bunyi kletek-kletek yang tentunya sangat mengganggu Anda saat berkendara.

Jika memang sudah dipastikan sumber suara mesin berisik berasal dari klep ini maka Anda hanya tinggal melakukan penyetelan celah katup menggunakan obeng dan kunci ring.

Akan tetapi, berbeda pada mobil-mobil yang sudah menggunakan setelan otomatis atau HLA yang mana tidak perlu distel. Hanya cukup dibersihkan saja, kemungkinan ada kotoran yang mengganjal pada mekanisme HLA.

Namun, untuk penerapannya sendiri, disarankan agar dilakukan oleh mekanik yang ahli dalam masalah ini. Karena, pemasangan klep harus benar-benar presisi sehingga dibutuhkan alat yang lengkap.

Untuk mencegah permasalahan seperti ini, Anda hendaknya rutin untuk selalu melakukan service berkala di bengkel resmi guna meminimalisir atau setidaknya mencegah masalah pada klep mobil itu sendiri.

So, pastikan selalu bahwa mobil Anda selalu mendapat pelayanan service berkala.

Suara Mesin Kasar

Setelah mengenali berbagai faktor penyebab suara berisik pada mobil di atas, sudah barang tentu teman-teman sekalian pasti memiliki gambaran terkait apa saja komponen yang memicu suara berisik dari dalam mobil.

Akan tetapi, dari semua kasus atau penyebab yang telah disebutkan di atas, umumnya mendapat proses perbaikan di bengkel resmi. Karena, berkenaan dengan sektor mesin yang sangat rumit.

Jadi, Mas Sena tidak menyarankan untuk memperbaikinya secara mandiri. Setidaknya, Anda sudah bisa memahami dimana letak permasalahan umum yang terjadi ketika mesin mobil terdengar kasar.

Semoga uraian mengenai penyebab suara mesin mobil kasar di atas bisa menjadi salah satu informasi atau referensi bagi teman-teman semua. Sampai jumpa.

Bagan