Tanda Filter Udara Motor Harus Diganti

Ciri-ciri atu gejala filter udara pada sepeda motor sudah harus diganti dengan yang baru

Tanda Filter Udara Motor Harus Diganti – Setiap komponen pada sepeda motor, tentu saja harus mendapat perawatan. Jika hal demikian tidak diperhatikan maka akan menyebabkan kerusakan.

Salah satu hal penting adalah pada sektor filter udara. Sebab, keberadaan filter udara pada sepeda motor memiliki peran penting, yakni untuk menyaring udara yang telah bercampur dengan debu, sebelum masuk ke dalam karburator.

Nah, sebagai pemilik kendaraan bermotor, tentu saja saringan udara atau filter udara di sini memiliki masa pakai. Dimana, umumnya masa pakai dari komponen ini bisa dilihat dari tanda filter udara motor harus diganti.

Tanda Filter Udara Motor Harus Diganti

Yang dalam soal ini, ada beberapa gejala umum sebagai indikasi bahwa harus ada penggantian komponen filter udara ini. Sehingga, bisa dijadikan patokan kapan Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Lantas, apa saja sih ciri ciri filter udara harus diganti? Mengenai hal tersebut, kali ini Mas Sena akan merangkum beberapa gejala yang menunjukkan bahwa masa pakai komponen filter udara pada sepeda motor sudah wajib mendapat penggantian dengan yang baru.

Berikut ini adalah tanda filter udara motor harus diganti sebagai antisipasi bagi Anda dalam menjaga kinerja dari komponen tersebut.

Ciri Ciri Filter Udara Harus Diganti

Dalam beberapa kondisi, memang secara umum ada indikasi atau tanda filter udara motor harus diganti. Di antaranya adalah sebagaimana yang akan diuraikan dalam penjelasan di bawah ini.

Ciri Ciri Filter Udara Harus Diganti

Filter Penuh Debu

Ciri pertama atau tanda filter udara motor harus diganti bisa dilihat dari tampilan filter itu sendiri. Yang mana, banyak kotoran berupa debu yang menempel pada bagian ini.

Sejalan dengan berjalannya waktu, kontaminan udara akan menempel pada filter dan membuatnya berwarna coklat atau hitam.

Cek secara detail bagian komponen ini di tempat yang terang, jika memang sudah banyak debu yang menempel maka sebaiknya segera dibersihkan.

Namun, bilamana filter tersebut sudah pernah dibersihkan sebelumnya, agaknya Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Karena, pembersihan filter disarankan dilakukan selama sekali atau dua kali selama pemakaian. Bila dibersihkan secara terus menerus tanpa diganti maka sangat berpotensi sekali kinerja filter udara dalam menyaring kotoran mulai menurun.

Tiba-Tiba Motor Mulai Boros Bensin

Tanda lain yang bisa dijadikan indikasi bahwa filter udara pada motor harus segera diganti yaitu bisa ditelusuri dari konsumsi bahan bakar.

Dimana, bila bahan bakar tiba-tiba cepat boros dari biasanya maka itu menandakan bahwa kinerja filter mulai menurun. Lantas, apa sih hubungan antara filter dan bahan bakar motor?

Perlu untuk diketahui bahwa filter udara di sini memberikan peran penting pada efisiensi bahan bakar mengingat dari fungsinya sendiri, filter yang kotor karena debu tebal bisa menghambat aliran oksigen.

Yang mana, untuk memastikan bahwa mesin berjalan maka mesin harus membakar lebih banyak bensin untuk mengatasi kurangnya oksigen yang masuk.

Dari hal ini bisa terindikasi bahwa borosnya bahan bakar bisa menjadi gejala lain dari tanda filter udara motor harus segera mendapat penggantian dengan yang baru.

Mesin Sulit Dinyalakan

Rasio udara yang masuk lebih rendah dibandingkan bensin, maka akan membuat mesin pada motor Anda sulit dinyalakan.

Sekali lagi, rasio udara yang rendah, tentu saja disebabkan karena oksigen yang masuk terhambat oleh filter udara yang mulai banyak kotorannya.

Di sini lah letak pentingnya filter pada motor sebagai penyaring udara. Dimana, jika mengalami kotor yang berlebih maka justru akan menghambat udara masuk sehingga bakal mempersulit mesin menyala.

Oleh sebab itu, bila kondisi seperti ini sering Anda alami, sebaiknya segera saja ganti filter dengan yang baru agar udara yang masuk melalui komponen filter ini menjadi lancar jaya.

Gejala Filter Motor Rusak

Mesin Bersuara Bising

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa bila mesin pada motor Anda bersuara bising, itu pertanda bahwa filter udara mengalami masalah.

Karena, mesin dengan dukungan aliran oksigen yang normal maka akan mengeluarkan suara bising yang begitu berisik.

Secara sistem, pemicu kendala seperti ini adalah busi yang kotor ditambah dengan terhambatnya suplai aliran udara yang masuk.

Artinya, jika busi dan filter udara diganti dengan yang abru maka akan membuat suara pada mesin menjadi jauh lebih halus.

Dari hal tersebut, nyatanya jelas bila peran udara yang masuk melalui filter sangat berperan penting untuk menjamin suara mesin menjadi lebih smooth dan tidak bising.

Mengeluarkan Asap Hitam dari Knalpot

Tanda lain yang mengindikasikan bila filter udara pada sepeda motor harus wajib diganti, Anda bisa mengecek asap yang keluar dari knalpot.

Yang mana, berkenaan dengan soal filter, bila udara yang masuk terhambat maka bahan bakar pun tidak akan dibakar secara sempurna sehingga memicu bensin merembes keluar melalui knalpot.

Tentu saja, bila kondisi seperti ini dibiarkan berlarut, sudah pasti akan merusak komponen mesin. Sehingga, Anda harus benar-benar rajin menjaga kebersihan pada filter udara motor.

Mengingat, bisa saja komponen mesin pada sistem pembakaran tidak ada masalah. Namun, dikarenakan tidak ada suplai udara yang maksimal maka memicu kondisi pembarakan yang tidak sempurna dengan indikasi keluarnya asap hitam.

Bila memang benar demikian kondisinya, Mas Sena sarankan untuk mengganti filter udara motor dengan yang baru dan orisinil guna menjaga keawetannya.

Sering Macet

Kemudian di sisi lain, tanda filter udara motor harus diganti yang perlu untuk Anda cermati juga, bisa ditunjukkan dengan kondisi mesin motor yang sering macet secara tiba-tiba.

Apalagi, di saat motor sudah lama tidak digunakan. Hal ini sudah barang tentu akan mengganggu sistem pembakaran yang kondisinya sudah mulai “dingin”.

Di sinilah peran filter udara yang harus dipahami karena sangat bisa membantu mesin motor kembali bekerja saat sudah lama tidak dipakai.

Oleh sebab itu, jika Anda sudah melakukan pembersihan rutin pada filter udara namun kondisinya masih sama saja dan komponen mesin lain masih normal maka sudah jelas bahwa masalah ada pada saringan udara tersebut yang harus diganti.

Tanyakan pada Mekanis

Di sisi lain, terkadang masalah pada filter udara ini juga tak jarang sulit untuk dideteksi. Sehingga, Anda perlu bantuan untuk mengetahuinya.

Tanyakan kepada mekanis saat melakukan service rutin, apakah kondisi filter masih baik-baik saja atau perlu diganti dengan yang baru.

Dari sini, tentu si mekanis akan memberikan saran terbaik sesuai dengan hasil pengecekan yang dilakukannya.

Ciri Filter Udara Mulai Kotor

Melihat beberapa indikasi yang menjadi ciri ciri filter udara mengalami masalah di atas, sudah barang tentu Anda memahami bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk mengecek komponen ini.

Nah, demikian kiranya tips otomotif dari Mas Sena mengenai tanda filter udara motor harus diganti dengan yang baru. Dari artikel tersebut, Mas Sena berharap bisa membantu teman-teman semua untuk mengenal lebih jauh apa saja ciri filter udara pada motor sudah harus dan harus diganti.

Sekian dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan