Tanda Freon AC Mulai Habis

Informasi mengenai beberapa tanda atau ciri freon AC pada mobil yang sudah mulai habis

Tanda Freon AC Mulai Habis – Freon pada AC mobil merupakan salah satu elemen paling penting yang memiliki peran dalam menyuplai udara sejuk di ruang kabin mobil.

Sehingga, jika freon pada AC sudah mulai habis maka kesejukan kabin mobil akan berkurang yang ditandai dengan AC sudah mulai tidak dingin lagi.

Namun, tanda freon AC mulai habis, umumnya sangat sulit sekali diketahui dan dikenali. Hal ini tentu patut menjadi perhatian penting bagi Anda para pemilik mobil, khususnya yang sudah mulai mengalami adanya masalah di sektor AC.

Sulitnya mengetahui ada masalah atau kebocoran gas freon pada AC mobil tak lepas dari bentuknya yang merupakan gas. Dimana, sifatnya mudah sekali menguap jika ada bagian yang bocor.

Tanda Freon Ac Mulai Habis

Maka dari itu, sangat perlu memahami tanda freon AC mulai habis pada mobil agar AC mobil bisa berjalan normal sebagaimana mestinya untuk menjaga udara dalam kabin tetap sejuk.

Di sisi lain, beberapa kondisi yang mengindikasikan jika freon AC mobil mulai habis atau bocor, tentu bisa dilihat dengan meraba beberapa gejala yang terjadi.

Nah, dalam segmen kali ini, Mas Sena akan berbagi tips untuk mengetahui tanda freon AC sudah mulai habis. Akan tetapi, ada beberapa fungsi AC yang sedikit banyak perlu untuk diketahui atau dipahami.

Fungsi AC Mobil

Tak hanya soal pendingin ruangan, fungsi AC mobil ternyata juga cukup banyak. Antara lain seperti yang akan Mas Sena jelaskan di bawah ini.

Ciri Ciri Freon Ac Mobl Harus Diganti

Kontrol Suhu dalam Ruang Kabin

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu fungsi AC yang utama adalah mengontrol suhu udara dalam kabin mobil agar tetap sejuk dan dingin. Hal itu tentu menjadi hal utama dari adanya keberadaan AC pada mobil.

Mengontrol Sirkulasi Udara

Selain menjaga kesejukan, fungsi AC mobil yang penting adalah guna menjaga kontrol sirkulasi udara yang masuk. Dimana, adanya AC pada mobil bisa sebagai fitur untuk mencegah masuknya udara kotor yang berasal dari luar mobil.

Tentu saja, dengan fungsinya tersebut, keberadaan AC mobil menjadi sangat penting karena bisa membawa kesegaran udara yang lebih bersih. Apalagi, di kota-kota besar yang penuh dengan polusi udara.

Mengatur Kelembaban Udara agar Tetap Stabil

Di sisi lain, AC pada mobil juga berfungsi penting untuk menjaga kelembaban udara di dalam kabin mobil. Selain itu, adanya AC juga bisa menghilangkan embun yang menempel di kaca mobil ketika suhu dingin mulai naik, seperti saat hujan atau di pegunungan yang suhunya relatif dingin.

Menjaga Kemurnian Udara

Tak hanya itu saja, fungsi AC mobil ternyata juga sangat berguna untuk memunrikan kualitas udara atau purification agar udara tetap bersih. Ini tentu saja menjadi kelebihan AC mobil yang mesti patut dipahami.

Tanda Freon AC Mulai Habis

Berikut di bawah ini adalah beberapa ciri atau tanda freon AC mulai habis yang perlu diperhatikan.

Ciri Freon Ac Mobil Mulai Habis

AC Tidak Dingin Meski Sudah Keluar Angin

Umumnya, ketika AC mobil dinyalakan maka tak perlu menunggu waktu lama, suhu udara dalam kabin mobil akan langsung dingin/sejuk.

Namun, bagaimana jika AC sudah dinyalakan namun udara dalam ruang kabin tak kunjung dingin? Nah, ini yang sering jadi pertanyaan umum.

Tentu saja, jika kondisi tersebut dialami oleh para pemilik mobil maka bisa jadi hal tersebut merupakan tanda freon AC mulai habis.

Biasanya, nantinya akan ada suara ketukan yang bersumber dari suara kompresor yang tengah bekerja, rpm mesin naik, dan kipas pendinginnya menyala.

Tapi, jika angin yang keluar dari lubang AC tidak dingin, sudah pasti freonnya habis. Anda perlu untuk menggantinya.

Kompresor AC Tetap Bekerja Meski AC dalam Kondisi Hidup

Tanda freon AC sudah mulai habis, bisa juga ditandai dengan kompresor pada AC mobil yang tidak berhenti walaupun AC dinyalakan.

Kebocoran freon bisa menjadi penyebab AC tidak mengeluarkan hawa dingin. Yang mana, dalam soal ini sistem magnetic clutch dari awal AC ON terus saja tersambung.

Dengan kata lain, kompresor masih saja terus bekerja namun hanya memompa udara biasa saja. Ini menandakan bahwa freon dalam AC mobil perlu dilakukan penggantian.

Tidak Ada Sirkulasi Freon pada Sight Glass

Selanjutnya, salah satu tanda freson AC sudah mulai habis, Anda bisa dengan mendeteksi pada bagian kap mesin untuk melakukan pengecekan pada sirkulasi AC.

Dimana, untuk pengecekan ini dilakukan pada sight glass yang merupakan kaca transparan guna mendeteksi sirkulasi freon dalam sistem AC mobil. Umumnya, sight glass ini terletak pada driyer atau filter freon.

Cara mengeceknya, Anda bisa dengan menyalakan mesin dan menghidupkan AC. Saat mesin dinyalakan, coba lihat bagian sight glass-nya, apakah ada cairan freon yang mengalir atau tidak.

Tandanya, jika freon AC mobil habis maka dalam sight glass tersebut tidak akan ada cairan yang mengalir. Ini menandakan bahwa cairan freon pada AC mobil sudah mulai habis dan perlu diisi lagi.

Butuh Waktu Lama untuk Dingin

Umumnya, AC mobil memiliki pengaturan volume semburan angin AC yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, jika Anda mengalami pengaturan AC agaknya tidak berpengaruh pada perubahan suhu di dalam ruang kabin, sangat terindikasi jika itu merupakan tanda freon AC mulai habis.

Hal ini patut diwaspadai supaya nantinya Anda bisa mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada AC mobil. Dengan demikian, setidaknya Anda bisa langsung bisa melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan.

AC Mengeluarkan Udara Panas

Ternyata, AC mobil pun juga suatu waktu bisa mengeluarkan hawa panas ketika dihidupkan. Tentu saja, ini sebuah masalah mengingat hal tersebut kebalikan dari fungsi AC sendiri yang berperan dalam memberikan udara sejuk.

Jika AC mengeluarkan udara panas maka bisa dipastikan bahwa itu merupakan tanda freon AC sudah mulai habis. Namun, tak menutup kemungkinan juga terjadi kebocoran sehingga cairan freon justru banyak yang keluar.

Jika demikian maka sesegera mungkin hendaknya Anda membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa oleh teknisi AC apakah perlu pengisian cairan freon atau justru ada kebocoran.

Tanda Freon Ac Mulai Habis Dan Perlu Diganti

Dari sekian ciri atau tanda freon AC mulai habis yang Mas Sena sebutkan di atas, tentunya merupakan pertanda umum terhadap adanya indikasi bahwa cairan freon pada AC mobil perlu diisi ulang.

Tak sampai di situ aja, dengan mengenal beberapa tanda atau ciri freon AC mobil habis maka Anda bisa melakukan pengecekan secara tepat saat beberapa indikator di atas mulai terjadi pada mobil Anda.

Oleh sebab itu, sangat perlu sekali untuk memahami apa saja pertanda jika freon AC mobil sudah mulai habis agar AC bisa berjalan normal untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan meminimalisir debu dari luar.

Nah, kiranya sampai di sini dulu ya kawan pembahasan mengenai tanda freon AC sudah mulasi habis. Mas Sena tentu berharap bahwa informasi ini bisa menjadi pengetahuan yang bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Bagan