Tanda Mobil Matic Rusak dan Bermasalah

Beberapa tanda atau gejala awal kerusakan pada mobil matic yang harus diketahui

Tanda Mobil Matic Rusak – Selain motor bertransmisi otomatis (matic), tentu saja kini banyak mobil yang hadir dengan transmisi AT atau otomatis. Praktis dan mudah adalah hal utama yang menjadikan mobil matic kian jadi pilihan prioritas masyarakat.

Namun, diperlukan pula perawatan ekstra yang mana umumnya membutuhkan biaya lebih mahal ketimbang mobil bertransmisi manual.

Sehingga, diperlukan pemahaman merawat mobil matic sekaligus memahami tanda mobil matic rusak sebagai langkah awal untuk dilakukan tindakan pertama guna mencegah terjadinya kerusakan lebih parah.

Tanda Mobil Matic Rusak

Di satu sisi, dengan mengenal gejala atau tanda mobil matic rusak dan bermasalah maka Anda secara otomatis bisa melakukan tindakan sesegera mungkin untuk mengatasi gejala awal kerusakan yang terjadi pada mobil matic.

Di sini lah letak pentingnya memahami tanda mobil matic rusak dengan berbagai ciri-ciri masalah yang muncul. Lalu, apa saja sih gejala atau ciri-ciri mobil matic mengalami kerusakan?

Jangan khawatir, kali ini Mas Sena agar berbagi informasi mengenai tanda mobil matic rusak dan bermasalah. Yuk, kita ulas bersama-sama!

Tanda Mobil Matic Rusak

Di bawah ini akan Mas Sena ungkap ciri-ciri, gejala atau tanda mobil matic rusak yang harus Anda ketahui. Berikut gejalanya.

Gejala Awal Kerusakan Mobil Matic

Muncul Suara Aneh saat Pindah Transmisi

Tanda mobil matic rusak yang harus segera mendapat perbaikan yakni munculnya suara aneh saat Anda melakukan perpindahan transmisi.

Ini merupakan gejala awal kerusakan pada mobil matic yang tidak bisa Anda sepelekan begitu saja. Karena, jika dibiarkan maka akan memicu kerusakan pada komponen lain yang lebih parah.

Umumnya, suara aneh yang muncul berbunyi “krek-krek” saat perpindahan transmisi dari N ke D dan P ke R.

Untuk itu, Anda sebaiknya membawa mobil matic ke bengkel dan minta mekanis untuk mengecek dan memperbaikinya jika terjadi kerusakan.

Mobil Terasa Bergetar saat Dikendarai

Selain itu, tanda mobil matic rusak bisa Anda kenali saat mengendarai mobil, khususnya ketika dilajukan dalam posisi kecepatan tinggi.

Jika ada getaran yang kuat dari mesin maka sangat dimungkinkan sekali ada masalah pada mobil matic. Dimana, kemungkinan kampas kopling yang sudah mulai aus dan gosong.

Bila Anda merasakan kondisi seperti ini berkali-kali saat mengendarai mobil maka sebaiknya tanyakan kepada mekanis gejala seperti ini. Konsultasikan kepada pihak bengkel agar pihak mekanis bisa melakukan tindakan sesuai kerusakan atau keluhan yang Anda rasakan ketika mengendarai mobil.

Perpindahan Transmisi Tidak Lancar

Di sisi lain, ketika Anda melakukan perpindahan transmisi namun rasanya mulai tersendat maka jangan sepelekan hal ini.

Karena, kondisi seperti itu bisa memicu gigi transmisi yang terkunci yang sangat membahayakan dan bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Perlu diketahui juga bahwa kerusakan mobil matic seperti ini pada umumnya terjadi pada mode transmisi mundur (R). Oleh sebab itu, Anda bisa mengecek kabel gearbox apakah terkelupas atau tidak.

Perpindahan Gigi Otomatis Tiba-Tiba Terhentak

Bila Anda merasakah Anda hentakan saat mengedarai mobil matic maka sangat dimungkinkan sekali jika ini merupakan tanda mobil matic rusak dan mengalami masalah.

Sebab, kondisi seperti itu bisa jadi tak menutup kemungkinan merupakan gejala awal dari kerusakan di bagian sistem elektronik maupun mekanisnya.

Yang mana, dimungkinkan telah terjadi kebocoran pada tekanan selenoid yang secara tak langsung memicu kondisi sirkulasi oli yang tidak dapat melumasi sempurna ketika perpindahan gigi.

Gejala seperti ini memang jarang terjadi. Namun, jika Anda sudah mengalaminya lebih dari 3 kali saat berkendara maka sangat disarankan untuk membawanya ke bengkel agar mendapat perbaikan.

Bahan Bakar Tiba-Tiba Cepat Boros

Kemudian, ciri-ciri lain yang bisa Anda kenali sebagai tanda mobil matic rusak adalah tiba-tiba bahan bakar cepat habis/boros.

Hal seperti ini tentu saja akan sangat umum terjadi mengingat torsi mesin mobil tidak dapat ditransfer secara maksimal ke roda. Dengan demikian maka perlu putaran mesin lebih hebat dan bertenaga sehingga konsumsi bahan bakar (BBM) menjadi boros.

Selain itu, sistem pembakaran yang sudah mulai rusak pun juga jadi pemicu bensin mobil matic jadi lebih boros. So, jangan sepelekan hal ini, segera bawa mobil ke bengkel agar tidak terjadi kerusakan lain yang jauh lebih parah.

Ciri Mobil Matic Mulai Bermasalah

Tuas Mulai Terasa Berat saat Dipindah

Ketika akan melajukan mobil, tentu saja diperlukan perpindahan gigi transmisi dari posisi P (park) ke gigi D. Namun, tak jarang jika saat akan melakukan mengoper tuas, justru terasa berat saat akan berpindah.

Melihat kondisi itu, umumnya gejala tersebut adalah karena switch rem yang mengalami masalah atau sudah mulai rusak.

Jika kerusakan ini terjadi maka transmisi pada mobil matic pun secara otomatis bakal memberikan sinyal berupa injakan rem yang tidak berfungsi. Ini tentu menjadi penyebab tuas gigi yang tidak bisa berpindah.

Tuas Tidak Berfungsi

Di samping itu, tanda mobil matic rusak juga bisa dikenali dari tuas yang mulai tidak berfungsi dengan normal.

Dimana, gigi tidak berpindah meski tuas sudah dioper. Bahkan, saat Anda melakukan oper gigi yang lebih tinggi, mobil masih terasa berat ketika digas yang mana itu merupakan gejala jika gigi transmisi ak berpindah walau tuas transmisi sudah dioper.

Sudah barang tentu ini merupakan ciri-ciri kerusakan pada transmisi mobil matic. Umumnya, letak kerusakan terjadi di bagian kabel yang berfungsi untuk menggeser lengan selektor pada gearbox sudah mulai putus dan rusak.

Hal ini berakibat lengan tersebut tidak bisa bergerak saat tuas mulai digeser.

Muncul Suara Dengungan saat Mobil Dikendarai

Perlu untuk dipahami dan dikenali bahwa ketika Anda mengendarai mobil matic, jika muncul suara dengung maka itu merupakan ada sedikit masalalah yang terjadi.

Pada umumnya, kondisi tersebut dipicu oleh transmisi matic yang tidak secara maksimal mendapat pelumasan sehingga berakibat pada komponen yang saling bergesekan.

Adanya gesekan inilah yang membuat mobil mengeluarkan suara berdengung. Jika dibiarkan saja maka sangat dimungkinkan sekali suara dengung tersebut bakal semakin bertambah keras.

Maka dari itu, cek kondisi mobil matic Anda ke bengkel untuk mendapatkan perawatan dan perbaikan pada bagian transmisi. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan kerusakan pada komponen lain.

Tanda Mobil Matic Bermasalah

Tentu saja, selain beberapa tanda mobil matic rusak yang telah Mas Sena jelaskan di atas, masih banyak sekali gejala lain yang mencirikan jika mobil matic mengalami masalah yang perlu perhatian dan perawatan.

Hanya saja, menurut Mas Sena, beberapa keluhan atau indikasi kerusakan pada mobil matic yang disebutkan di atas adalah yang paling umum dan mudah dikenali oleh para pemilik mobil matic.

Terlepas dari itu, mengenai soal kerusakan pada mobil matic, tentu menjadi sebuah konsekwensi tersendiri mengingat mobil bertransmisi otomatis lebih rentan terhadap kerusakan dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih besar dibandingkan mobil manual.

Jadi, semoga ulasan mengenai tanda mobil matic rusak dan bermasalah di atas bisa jadi bahan perhatian bagi Anda semua dalam merawat kendaraan yang Anda miliki. Sekian dan Mas Sena dan semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Bagan