Terbukti Efektif! Ini Tips Menghilangkan Karat Mobil

Mengungkap cara aman dan mudah dalam menghilangkan karat pada beberapa bagian mobil

Menghilangkan Karat di Mobil – Karatan atau korosi tentu biasanya mulai menjangkiti kendaraan roda empat, apalagi di musim hujan seperti ini.

Maka dari itu, diperlukan berbagai macam treatment yang diperlukan guna meminimalisir atau mencegah mobil terdampak karat atau korosi.

Bukan tanpa alasan mengingat korosi atau karatan seperti ini tentunya akan banyak berdampak buruk pada mobil Anda, terutama bagian atau pada komponen yang terbuat dari bahan material besi.

Hal ini tentu akan menyita perhatian tersendiri bagi para pengguna mobil. Khususnya di musim hujan yang tentu air hujan akan lebih berpotensi dan berpeluang besar memicu terjadinya korosi pada bagian tertentu.

Cara Menghilangkan Karat Mobil

Dengan demikian, diperlukan sebuah treatmen untuk menjaga agar mobil Anda terhindari dari kondisi korosi seperti ini.

Namun, bagaimana jika ada bagian mobil yang sudah terlanjur karatan atau terindikasi mulai mengalami korosi? Jangan khawatir kawan.

Ada beberapa langkah sederhana dan efektif yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan korosi pada beberapa bagian di mobil.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut Mas Sena akan jelaskan dan uraikan cara menghilangkan karat di mobil dengan metode yang mudah untuk Anda praktekkan sendiri di rumah.

Cara Ampuh Hilangkan Karat pada Mobil

Indikasi korosi pada bagian tertentu di komponen mobil tentu menjadi salah satu tanda bahwa Anda perlu untuk menghilangkannya. Namun, Anda tak perlu ke salon mobil untuk menghilangkannya, ada beberapa trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan korosi pada mobil.

Mengatasi Karat Pada Mobil

Bersihkan dengan Cuka

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi karat pada mobil Anda adalah dengan menggunakan bahan cairan cuka.

Pastinya, cara ini tidak terdengar asing bagi sebagian orang. Karena, memang dengan menggunakan cuka, biasanya korosi yang muncul di beberapa titik pada bagian mobil akan bisa sekaligus hilang dalam waktu yang tak lama.

Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari kandungan asam nitrat atau asam asetat yang terkandung di dalam air cuka yang diklaim sangat ampuh dalam menghilangkan karat.

Penerapannya pun cukup mudah. Anda hanya memerlukan bahan utama cuka, air bersih, sikat (bisa sikat gigi bekas), lap kering dan kain kanebo.

Nah, pertama Anda perlu untuk merendam ke dalam air cuka bagian atau komponen tertentu pada mobil dengan melepasnya terlebih dahulu. Rendam selama kurang lebih 10 menit.

Jika sulit dilepaskan maka Anda bisa mengoleskan air cuka tersebut ke permukaan yang terkena korosi. Gosok dengan sikat sampai karat mengelupas.

Jika sudah, bilas dengan air bersih dan segera lap dengan kain kering atau kanebo untuk menghilangkan bekas airnya tadi.

Bila masih belum hilang, Anda bisa mengulangi langkah di atas berulang kali sampai karat atau korosi benar-benar hilang.

Menggunakan Air Lemon atau Air Perasan Jeruk Nipis

Selain sebagai buah menyehatkan yang aman dikonsumsi, tentu saja lemon maupun keruk nipis juga sangat efektif dijadikan bahan utama untuk mengatasi indikasi karat di mobil Anda.

Caranya pun cukup mudah untuk Anda coba dan terapkan sendiri di rumah tanpa menimbulkan efek samping.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni dengan menaburi bagian berkarat dengan garam terlebih dahulu. Kemudian, oleskan air yang telah tercampur dengan perasan air lemon atau jeruk nipis tersebut ke bagian komponen yang terkena karat.

Jika sudah maka Anda bisa menggosok bagian komponen tadi dengan menggunakan busa maupun aluminium penggosok yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

Lakukan hal ini berulang-kali sampai benar-benar karat menghilang dari permukaan tersebut. Namun, tetap jangan lupa untuk mengeringkannya supaya tidak muncul korosi lagi akibat air bilasan yang masih menempel.

Mencegah Mobil Karatan

Bersihkan Karat Mobil dengan Baking Soda

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai langkah efektif untuk menghilangkan korosi pada bagian mobil Anda.

Bukan tanpa alasan mengingat kandungan di dalam baking soda sendiri memiliki bahan aktif yang mampu mengatasi karatan pada komponen mobil. Bahkan, karat yang benar-benar sudah parah sekalipun.

Caranya pun sangat mudah,hanya perlu mempersiapkan sikat atau lap khusus yang sudah dibasahi di dalam campuran air baking soda untuk menyikat atau menggosok bagian yang terkena karat di mobil. Bilamana masih belum hilang, Anda bisa mencobanya berulang kali sampai benar-benar hilang dan terkelupas.

Tentu saja, langkah ini bisa Anda jadikan andalan jika beberapa bahan lain sulit ditemukan. Karena, Anda bisa dengan mudah mendapatkan baking soda ini di toko roti.

Dengan penggunaan yang sesuai maka karat pada komponen mobil pun akan dengan cepat dan efektif hilang.

Tetapi, satu hal yang penting tetap jangan lupa untuk membilasnya kembali dengan air bersih karena baking soda ini berpotensi meninggalkan residu pada bagian atau komponen mobil yang mungkin saja akan menimbulkan masalah lain, seperti jamur.

Memanfaatkan Cairan Hidrogen Peroksida (H2O2)

Selain itu, cara menghilangkan korosi atau karat yang muncul pada mobil, bisa juga dengan menggunakan cairan hidrogen peroksida.

Cairan ini bisa dengan Anda dapatkan dengan mudah di apotek dengan kadar konsentrasi 3% dengan harga di kisaran Rp 5 ribuan.

Caranya cukup mudah. Anda cukup meneteskan beberapa tetes ke bagian karat. Nantinya akan muncul gelembung udara seperti melepuh. Biarkan sejenak sekitar 1 hingga 2 menitan.

Bila sudah, gosok dengan menggunakan sikat untuk mempermudah pengelupasan karat dari permukaan komponen mobil tersebut.

Jika masih belum hilang, ulangi lagi dengan meneteskan cairan H2O2 ini ke permukaan yang terindikasi karat tersebut.

Nah, kemudian Anda bisa membilasnya kembali dengan air bersih dan mengeringkannya dengan kain kering atau kanebo.

Akan tetapi, perlu untuk Anda ketahui bahwa cara ini lebih efektif untuk menghilangkan karat yang belum terlalu parah. Jika sudah parah maka kemungkinan korosi hilang lebih kecil.

Jadi, penggunaan cairan H2O2 ini disarankan untuk membersihkan karat yang belum terlalu parah kondisinya. Sehingga, bisa dijadikan alternatif bagi Anda.

Penyebab Mobil Mudah Berkarat

Selain beberapa langkah di atas, tentu saja Anda bisa menghilangkan karat dengan meminta bantuan pihak salon mobil. Terutama pada beberapa kasus karat mobil yang sudah benar-benar sangat parah sekali kondisinya.

Hal ini ditujukan sebagai upaya pamungkas bila beberapa cara yang telah Mas Sena sampaikan sebelumnya masih kurang efektif dan tidak bisa serta merta menghilangkan bagian karat.

Namun, tak berarti langkah-langkah di atas sia-sia sebelum Anda mencobanya. Setidaknya, sebagai tindakan sederhana yang bisa dilakukan untuk membersihkan sekaligus mengatasi permasalahan yang tentu berkaitan dengan soal korosi ini.

Sampai di sini, tentu saja teman-teman sedikit banyak sudah bisa memahami apa saja langkah mandiri yang perlu dilakukan untuk menghilangkan karat.

Semoga, cara menghilangkan karat pada mobil di atas bisa menjadi trik yang bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dan sampai berjumpa kembali.

Bagan