Tips agar Mobil Matic Awet

Cara jitu untuk perawatan mobil matic agar lebih tahan lama dan awet

Tips agar Mobil Matic Awet – Perawatan mobil matic sendiri agaknya menjadi salah satu hal yang pantas dan patut untuk dilakukan oleh para pemilik mobil. Khususnya mobil bertransmisi matic.

Pasalnya, mobil matic membutuhkan perawatan dan perhatian yang lebih intensif ketimbang mobil manual. Wajar, mengingat sistem kerjanya sedikit “rumit” dibandingkan mobil yang bertransmisi manual.

Itu tentu menjadi konsekwensi tersendiri bagi para pemilik mobil matic. Mengingat, memang membutuhkan fokus perawatan yang memiliki intensitas cukup tinggi.

Hal tersebut lantaran agar mobil matic memiliki usia lebih lama dan awet. Lalu, kira-kira apa saja sih langkah yang tepat untuk merawat mobil matic?

Tips Agar Mobil Matic Awet

Tentu saja, ada tips agar mobil matic awet. Dimana, penerapannya cukup teknis dengan beberapa langkah mudah yang bisa diterapkan secara mandiri di rumah

Nah, dalam soal tersebut, tentu ada cara mudah memelihara kondisi mobil matic ini yang bisa menjadi faktor mobil menjadi lebih awet Apa saja itu?

Untuk lebih jelasnya, berikut akan Mas Sena uraikan tips agar mobil matic awet yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Tips agar Mobil Matic Awet

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah dalam menerapkan tips agar mobil matic awet. Antara lain adalah sebagaimana yang akan Mas Sena uraikan di bawah ini.

Merawat Mobil Matic Supaya Awet

Lakukan Penggantian Oli Transmisi secara Rutin

Hal pertama sebagai tips agar mobil matic awet, Anda harus rutin melakukan penggantian oli transmisi dengan teratur.

Yang mana, dalam hal ini untuk waktu penggantian oli bisa dilakukan berdasarkan hitungan jarak tempuh (50.000 Km) atau lama penggunaan mobil.

Rutin melakukan penggantian oli transmisi tentu akan membuat daya tahan mobil matic menjadi lebih awet. Khususnya di sektor transmisinya.

Selain itu, Anda juga harus rutin melakukan pemeriksaan kondisi oli transmisi pada mobil matic dengan melihat dipstick.

Jika volume oli ada di bawah garis oli rendah, hal ini berarti terjadi kebocoran. Anda pun harus segera melakukan perbaikan.

Namun, bilamana warna oli transmisi mengalami perubahan warna, maka itu menandakan jika oli sudah mulai bercampur dengan air. Jika kondisi ini terjadi, sesegera mungkin untuk mengganti oli supaya tidak memicu timbulnya karatan atau korosi.

Langkah ini merupakan tips jitu yang akan membuat usia mobil matic menjadi lebih lama mengingat sistem transmisinya terawat dengan baik.

Tempatkan Tuas Transmisi dengan Tepat

Memposisikan tuas transmisi di posisi yang tepat merupakan salah satu tips agar mobil matic awet dan tentunya tahan lama.

Salah satu contoh penerapannya bisa Anda lakukan saat mobil matic berhenti di lampu merah atau saat kondisi macet. Dimana, saat kondisi tersebut, usahakan posisi tuas transmisi pada posisi netral (N).

Pastikan posisinya tidak berada pada Drive (D) karena jika posisi mobil berhenti maka jika transmisinya masih berada pada titik Drive (D) tentu justru akan memicu pergesakan pada kampas koplingnya.

Hal ini sudah barang tentu bakal berdampak pada kampas kopling yang menjadi cepat aus. Maka dari itu, usahakan selalu untuk menempatkan tuas transmisi sesuai dengan kondisi yang tepat dan pas agar mobil matic menjadi lebih awet dan tidak mudah mengalami kendala atau kerusakan.

Rutin Melakukan Pemanasan Mesin

Memanaskan mesin mobil juga menjadi tips agar mobil matic awet. Sehingga, hal ini sangat perlu untuk dilakukan untuk memastikan kondisi mesin selalu dalam keadaan siap.

Akan tetapi, satu yang perlu diingat dan dicatat bahwa ketika memanaskan mesin mobil, posisi tuas transmisinya harus berada di posisi N (Netral). Hal ini tentu akan berpengaruh pada usia mobil.

Lakukan pemanasan mesin mobil seperti ini secara rutin setiap pagi selama kurang lebih 10 sampai 15 menit agar kondisi mesin selalu siap dan ready untuk digunakan.

Cara ini dinilai cukup efektif dalam menjaga performa mesin mobil matic Anda agar terhindar dari kerusakan yang parah.

Mencegah Kerusakan Mobil Matic

Hindari Menginjak Pedal Gas secara Tiba-Tiba

Selain itu, kebiasaan menancap gas tiba-tiba juga harus dihindari. Langkah ini merupakan tips agar mobil matic awet dan tidak mudah mengalami kedala kerusakan yang parah.

Bukan tanpa alasan mengingat pada sistem yang ada di perangkat transmisi mobil matic, tentu saja memerlukan waktu beberapa detik untuk memberi tekanan dari oli ke konverter torsi.

Sehingga, bila proses ini terganggu karena tekanan besar dari tekanan gas yang mendadak maka sangat berpotensi katup solenoid bisa mengalami kerusakan.

Dengan begitu, hindari menginjak pedal gas secara tiba-tiba sehingga kondisi maupun kualitas katup solenoid menjadi tetap terjaga dan awet.

Injak Pedal Gas secara Perlahan

Di samping itu, tips agar mobil matic awet, Anda harus menginjak pedal gas secara perlahan atau bertahap ketika mengendarai mobil matic.

Langkah ini sangat efektif dalam menjaga kekuatan performa mesin sehingga mesin tidak terasa kaget ketika digunakan untuk berkendara.

So, untuk membuat mobil awet maka sebaiknya untuk melakukan pengendalian mobil yang lebih berhati-hati. Hal ini berlaku untuk semua mobil tipe matic.

Namun, memang ada beberapa mobil matic yang dikhususkan sebagai mobil sport yang mana bukan menjadi masalah jika Anda menginjak pedal gas secara tiba-tiba mengingat pengaturannya sudah disesuaikan untuk akselerasi yang lebih galak.

Service Rutin

Lakukan service rutin untuk mobil matic Anda. Perlakukan service rutin ini adalah langkah terbaik untuk memelihara kondisi mobil agar selalu dalam kondisi prima.

Dimana, tak heran bila tips agar mobil matic awet dengan melakukan service adalah langkah terbaik yang wajib dan harus Anda lakukan.

Bawalah mobil ke bengkel resmi untuk melakukan service sesuai dengan standar jarak Km yang ditentukan oleh pabrikan.

Jangan lupa pula untuk meminta kepada montir untuk melakukan pengecekan secara keseluruhan bagian mobil, dari mulai system persneling, system rem, pedal gas, system kelistrikan, dan lain-lain.

Hal ini agar Anda bisa mengetahui kondisi mobil secara keseluruhan sekaligus mengetahui bagian mana yang dirasa mendapat kerusakan sehingga bisa segera untuk diperbaiki.

Hindari Membawa Beban di Luar Kapasitas

Tips agar mobil matic awet berikutnya, sebaiknya Anda menghindari untuk membawa barang yang melebihi kapasitas batas dari mobil matic yang Anda miliki.

Hal ini tentu akan membuat mobil matic Anda terbebani jika dipaksakan membawa beban terlalu berat. Karena, secara tak langsung akan memacu mesin mobil untuk bekerja secara berat.

Apalagi, jika hal ini dilakukan secara terus menerus. Sudah pasti akan membuat usia atau umur mobil matic menjadi tidak bertahan lama.

Tips Perawatan Mobil Matic

Bagaimana kawan? Apakah sudah cukup jelas tips agar mobil matic awet seperti yang telah Mas Sena ungkap di atas?

Tentu, satu poin penting yang harus Anda lakukan adalah perawatan berupa penggantian oli mesin, oli transmisi saat service rutin sebagai perawatan primer untuk menjaga kondisi mobil supaya tetap dalam kondisi prima.

Nah, demikian ulasan topik mengenai tips agar mobil matic awet yang telah Mas Sena uraikan di atas. Semoga menjadi inspirasi yang bermanfaat untuk kawan-kawan semua.

Bagan