Tips Ampuh Merawat Cat Bodi Mobil agar Tidak Kusam

Cara menjaga supaya cat bodi pada mobil menjadi awet dan tidak mudah kusam dengan perawatan sederhana

Cara Merawat Cat Mobil agar Tidak Kusam – Tak hanya soal mesin saja, bahkan penampilan bodi mobil pun juga perlu mendapat perhatian dan perawatan pula.

Sudah barang tentu hal ini bertujuan supaya penampilan bodi terlihat bersih, kinclong, dan tampak terawat dengan baik oleh pemiliknya.

Maka dari itu, sebagai pemilik mobil, hendaknya Anda perlu sekali untuk memahami beberapa langkah efektif guna menjaga penampilan bodi mobil Anda sebagai sisi eksterior agar terlihat lebih menarik.

Dimana, ada beberapa langkah dan cara jitu sebagai upaya atau tips merawat cat bodi mobil supaya selalu tampil maksimal dan enak dipandang mata.

Mengatasi Cat Bodi Mobil Yang Berjamur

Yang dalam tips ini, Anda bisa melakukan beberapa langkah alternatif yang mudah dan bisa dilakukan secara mandiri di rumah dengan bahan dan alat yang tidak sulit dicari.

Tentu saja, beberapa langkah tersebut akan membantu Anda dalam merawat dan menjaga penampilan bodi eksterior, terutama pada bagian pewarnaan cat yang memang memegang peran penting dalam menjamin sisi daya tarik dari segi eksteriornya.

Nah, untuk itu, diperlukan sebuah langkah sederhana sebagai tips merawat cat bodi mobil yang efektif dan mudah dilakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkapnya.

Perawatan Cat Bodi Mobil

Mengenai soal bagaimana cara merawat sisi eksterior pada mobil, ada beberapa langkah yang perlu Anda pahami dan ketahui agar penampilan mobil menjadi lebih terjaga. Antara lain adalah sebagaimana yang akan diulas pada pembahasan di bawah ini.

Merawat Bodi Mobil

Rutin Mencuci Mobil

Satu hal pasti yang sangat sederhana namun tak bisa disepelekan adalah rajin mencuci mobil secara rutin.

Kenapa demikian? Sudah barang tentu hal itu untuk menjaga agar bodi mobil terhindar dari berbagai kotoran yang mungkin saja jika dibiarkan akan membuat cat menjadi pudar atau berjamur.

Apalagi, saat musim hujan tiba. Tentu saja Anda harus rajin-rajin mencuci mobil. Setidaknya membilasnya dengan air bersih dari sumur.

Karena, air hujan yang mengenai bodi atau cat mobil bila didiamkan akan menguap dan menimbulkan efek bercak putih. Sehingga, ini akan mengganggu penampilan mobil.

Nah, satu yang jelas dan tidak boleh ditinggalkan saat mencuci mobil adalah penggunaan shampoo khusus mencuci mobil.

Jika memang benar-benar tidak ada, Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring sebagai penggantinya.

Hindari penggunaan detergen karena justru akan memicu cat bodi mobil mengelupas mengingat kandungan detergen yang sifatnya menghilangkan noda sangat berpotensi menghilangkan cat bodi mobil juga.

Parkir Mobil di Lokasi Teduh dan Sejuk

Untuk menjaga atau merawat cat bodi mobil Anda juga bisa melakukan pencegahan. Di antaranya, usahakan parkirkan mobil Anda ditempat yang teduh, agar mobil berhenti dan berada dalam kondisi yang dingin.

Karena, bila mobil Anda diparkir di tempat yang sejuk, sudah jelas akan membuat mobil Anda lebih cepat dingin, termasuk juga mesinnya, sehingga tidak panas terus menerus.

Tak hanya itu, yang paling penting juga bahwa kondisi cat mobil pun bisa lebih awet dan bagus, ketimbang jika mobil selalu di parkir di tempat yang panas.

Ini memang menjadi hal sepele namun bila disepelekan tentu saja akan berimbas pada kondisi di mana cat mobil mudah kusam atau mengelupas karena terlalu sering terkena terik paparan dari sinar ultraviolet matahari.

Maka dari itu, sangat dianjurkan sekali untuk mencari lokasi parkir yang teduh. Paling tidak tidak terkena terik langsung untuk mencegah terjadinya respon cat mobil yang kusam karena suhu panas dari matahari.

Hindari Menutup Mobil saat Kondisi Masih Basah

Langkah lain yang bisa Anda terapkan sebagai cara merawat cat bodi mobil adalah dengan mencegah menutup mobil dengan mantel saat kondisi masih basah.

Artinya, Anda harus menunggu sampai mobil benar-benar kering sebelum ditutup dengan mantel. Karena, jika langsung ditutup, sangat berpotensi sekali memicu tumbuhnya jamur.

Bahkan, cat mobil bisa kusam dan luntur atau memduar karena kelembaban tinggi yang dikarenakan kondisi yang masih basah namun tertutup oleh penutup.

Jika ingin menutupnya dengan mantel maka sebaiknya pastikan dulu bagaimana kondisi mobil Anda.

Tambahan, bila kondisi mobil masih dalam keadaan basah, jangan dijemur di bawah terik matahari langsung. Sebab, perlakuan seperti ini bisa berakibat pada timbulnya bercak pada permukaan bodi mobil karena air yang menguap.

Menghilangkan Noda Pada Cat Mobil

Poles Bodi Mobil

Selain itu, merawat bodi mobil yang tepat dan bisa Anda lakukan adalah dengan memoles setiap sisi dari permukaan bodi mobil Anda.

Perlu diketahui bahwa dengan memoles bodi mobil, secara otomatis akan mengangkat kotoran yang menempel dan membuat permukaannya berkilau kembali.

Tak sampai di situ saja, pada tahap akhir pemolesan, Anda pun bisa melakukan perawatan dengan pemberian waxing. Tentu saja, gunanya untuk memberikan perlindungan pada permukaan cat dan menahan paparan sinar matahari yang membuat cat kusam atau proses oksidasi penyebab karat.

Untuk cara ini, sebaiknya Anda membawanya ke salon mobil agar nantinya bisa dilapisi dengan wax oleh mekanis secara lebih profesional.

Lap Dengan Silicon

Sementara itu, selain mencuci mobil secara rutin, Anda juga bisa melakukan aktivitas mengelap mobil dengan menggunakan bahan silicon.

Cara ini tentu akan membuat tampilan sisi eksterior dari warna cat pada mobil mobil menjadi terkesan lebih kinclong karena bahan yang terkandung di dalam silicon tersebut.

Namun, dalam soal ini, sebaiknya Anda jangan terlalu sering menggunakan bahan silicon untuk menjaga permukaan catnya. Melainkan paling tidak sebulan sekali setelah mobil dicuci bersih.

Karena, tak jarang bahan silicon yang menempel pada bodi, bila tidak merata dalam mengusapnya maka justru akan memicu timbulnya bercak putih sebagaimana ketika terkena air hujan yang tidak segera dibilas dengan air bersih.

Selain itu, dalam proses penerapannya sendiri, disarankan menggunakan spon atau kain lembut agar tidak menggores bagian permukaan cat mobil yang sensitif terhadap benda tajam.

Lakukan hal ini jika memang kondisi cat mobil sedikit kusam. Sehingga, kesan mengkilap pada bodi mobil menjadi kian terlihat begitu kentara.

Mencegah Cat Mobil Kusam

Tak hanya itu saja, bahkan dalam beberapa langkah lain, Anda juga mencoba cara-cara lain untuk menjaga sekaligus merawat sisi eksterior daripada bodi mobil ini.

Namun, tampaknya memang beberapa tips atau cara yang telah Mas Sena sebutkan di atas adalah langkah yang mudah dan cukup fleksibel untuk dilakukan secara mandiri dalam menjaga maupun mencegah kekusaman pada bodi cat mobil itu sendiri.

Selain dari langkah tersebut, cara lain yang tentu bisa Anda lakukan adalah dengan membawa mobil ke bengkel salon mobil untuk mendapatkan treatment perawatan terkait dengan kondisi sisi bodi eksteriornya.

Nah, itulah tadi ulasan dari Mas Sena mengenai tips atau cara merawat cat bodi mobil yang bisa Anda jadikan patokan maupun inspirasi dalam merawat eksterior pada mobil Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Bagan