Tips Berkendara Mobil Aman untuk Pemula

Tips terbaik dalam mengendarai mobil yang aman khusus untuk pemula

Tips Berkendara Mobil Aman – Berkendara mobil yang aman merupakan salah satu langkah terbaik untuk para pengemudi, khususnya para pemula.

Tentu saja, hal ini perlu diperhatikan dalam menunjang keamanan dan keselamatan, baik bagi si pengendara, penumpang, maupun orang pengemudi lain. Sehingga, berkendara mobil yang aman adalah pengetahuan yang wajib dipahami oleh setiap pemilik mobil.

Nah, dalam penerapannya sendiri, meski terlihat sepele, ternyata ada tips berkendara mobil aman yang bisa Anda coba dan lakukan sendiri di rumah. Apalagi, bagi Anda atau teman-teman yang baru saja membeli mobil atau belajar menyetir mobil.

Trik mengendarai mobil yang aman dan tepat, tentunya akan berdampak positif bagi setiap pengemudi. Karena, sangat efektif untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan, seperti tabrakan atau kecelakaan. Wajar saja, mengingat berkendara mobil bagi para pemula, perlu adaptasi yang tidak cepat.

Tips Berkendara Mobil Aman

Maka dari itu, di sinilah peran penting dari memahami tips berkendara mobil aman dan nyaman untuk para pemula yang mana sudah barang tentu sangatlah berdampak positif jika diterapkan secara serius oleh para pemula.

Mengenai soal itu, di bawah ini akan Mas Sena uraikan beberapa tips berkendara mobil aman yang mana bisa menjadi langkah latihan terbaik bagi Anda para pemula yang baru menyetir mobil. Mari, kita simak bersama-sama ulasan lengkapnya.

Tips Berkendara Mobil Aman

Dalam mengemudikan mobil, tentu perlu beberapa tahapan atau langkah teknis. Nah, khusus pemula, ada beberapa tips berkendara mobil aman yang sangat direkomendasikan untuk dipahami secara mendalam agar keselamatan dalam berkendara menjadi lebih terjamin. Berikut penjelasan rincinya.

Tips Aman Menyetir Mobil Untuk Pemula

Hindari Dulu Berkendara di Malam Hari

Tips berkendara mobil aman bagi pemula yang pertama, disarankan untuk tidak mengendarai mobil di waktu malam hari, apalagi sendirian.

Karena, dikhawatirkan akan terjadi hal-hal di luar dugaan yang dimungkinkan berpotensi bisa membahayakan diri sendiri.

Seperti ban yang tiba-tiba kempes atau ketika melewati medan jalan terjal dalam kondisi minim cahaya. Jika ini terjadi maka akan beresiko bagi pemula yang baru saja bisa menyetir mobil.

Maka dari itu, untuk awal-awal, usahakan untuk tidak mengendarai mobil saat malam hari, paling tidak mulai jam 9 malam ke atas.

Lancarkan dulu cara menyetir Anda sampai benar-benar mahir. Jika dirasa sudah bisa mengendalikan mobil secara sempurna maka Anda bisa mengendarai mobil di waktu malam hari.

Usahakan untuk Step by Step Saat Menekan Pedal Gas

Kemudian, hal penting dari tips berkendara mobil aman untuk para pemula, yakni dengan menerapkan langkah tahap demi tahap ketika menginjak pedal gas mobil.

Maksudnya, hindari menginjak pedal gas secara mendadak. Mengingat, pedal gas mobil sangat sensitif sekali ketika diinjak sehingga, sedikit saja kelebihan dalam menginjak pedal gas maka mobil Anda akan mengegas dengan kencang.

Maka dari itu, usahakan selalu sabar dan lakukan step by step atau dengan kata lain tidak langsung dipaksa gas kencang.

Ini tentu menjadi tips bagi Anda dalam mengendalikan kesabaran ketika berkendara mobil dalam segala kondisi. Mengingat, mengendarai mobil bukan sekedar berkendara saja namun juga harus memahami karakteristik dari mobil itu sendiri supaya bisa menjadi alat transportasi bersahabat bagi Anda dan tentunya keluarga.

Hindari Berkendara dalam Kecepatan Tinggi

Selain itu, dalam mengendarai mobil, hal yang harus Anda perhatikan adalah pengendalian kecepatan pada mobil saat dikendarai.

Dimana, usahakan untuk mengontrol kecepatan mobil di titik 40 Km/jam secara kontinyu sebagau kecepatan maksimal Anda. Usahakan lakukan hal ini selama satu minggu penuh saat Anda mengendarai mobil.

Langkah ini dinilai cukup efektif dalam memicu kontrol Anda terhadap gerak atau laju mobil yang mana memang gampang-gampang susah untuk dikendalikan.

Di sisi lain, ini juga menjadi tips jitu agar Anda bisa merasakan pengalaman berkendara sesuai dengan porsi atau kondisi yang diawali dari kontrol kecepatan di titik 40 km/jam sebagai kecepatan maksimum.

Ini tentu menjadi tips berkendara aman yang perlu untuk Anda pahami dan sangat direkomendasikan bagi pemula yang baru saja belajar menyetir mobil.

Berkendara Mobil Yang Aman

Sering Tanyakan kepada Sahahat/Orang yang Mahir Berkendara Mobil

Tips berkendara mobil aman yang bisa Anda lakukan yakni dengan sesering mungkin bertanya kepada anggota keluarga Anda atau sahabat dan saudara yang sudah berpengalaman dalam mengendarai mobil.

Hal ini tentu sebagai patokan Anda belajar menyetir mobil yang aman dari pengalaman orang lain yang sudah mahir dalam mengendarai mobil.

Kalau perlu, minta tolong kepada mereka untuk mendapingi atau mengajari beberapa langkah dari proses belajar menyetir mobil yang belum bisa Anda kuasai atau pahami.

Hindari Berkendara di Jalan Sempit/Ramai

Di sisi lain, tips berkendara mobil aman yang perlu untuk Anda praktekkan dan hindari adalah tidak mengendarai mobil di jalan yang sempit atau ramai.

Kenapa demikian? Sebagai pemula, tentu saja Anda harus benar-benar menguasai terlebih dahulu bagaimana mekanisme mengontrol laju mobil.

Hal ini penting dilakukan demi keselamatan saat nantinya mulai terjun ke medan jalan ramai atau jalan yang sempit.

Maka dari itu, pilih jalan yang tidak terlalu padat dan ramai saat mengendarai mobil agar lebih lancar. Jika sudah terbiasa, nantinya dengan sendiri Anda akan lebih mudah mengendalikan laju mobil saat berada di medan jalan yang ramai maupun jalan sempit.

Belajar Bertahap dari Orang Lain

Lalu, untuk tips berkendara mobil aman berikutnya adalah lakukan kontrol laju mobil dan juga berkendara secara keseluruhan tahap per tahap.

Misalnya jika sudah dirasa mahir dalam mengontrol pedal gas maka bisa Anda coba untuk kendarai di jalan yang ramai. Atau, bila sudah bisa mengendalikan laju mobil, Anda bisa mencobanya untuk berkendara di medan yang sempit.

Namun, satu hal yang perlu adalah Anda harus didampingi oleh orang yang mahir berkendara, seperti dari anggota keluarga atau sahabat.

Nah, dengan melakukan langkah ini, tentu Anda akan lebih mengerti bahwa berkendara yang aman itu memang tidak semudah yang dibayangkan namun memiliki pengaruh positif jika dilakukan secara bertahap.

Cara Berkendara Mobil Yang Aman

Itulah kawan beberapa langkah cukup efektif dari tips berkendara mobil aman yang sangat direkomendasikan bagi Anda para pemula yang mana baru saja lancar dalam menyetir mobil.

Berkendara mobil yang aman tentu diperlukan sebagai upaya dalam menjaga jaminan keselamatan secara keseluruhan, baik dari segi si pengemudi, penumpang, dan juga orang lain atau pengendarai lain di sekitar.

Maka dari itu, tak ayal bilamana beberapa tips berkendara mobil di atas bisa menjadi salah satu langkah awal yang cukup tepat dan efisien untuk Anda terapkan sendiri di rumah.

Bagaimana kawan? Sudah cukup jelaskah? Sekian ulasan dari Mas Sena mengenai tips berkendara mobil aman yang telah diuraikan di atas. Tentu, Mas Sena harap tips otomotif di atas bisa menambah wawasan bagi Anda, terutama pemula yang belum lama belajar menyetir mobil.

Bagan