Tips Berkendara Motor yang Tepat agar Hemat BBM

Langkah tepat yang perlu dilakukan saat mengendarai motor supaya hemat bensin

Tips Hemat BBM Motor – Mengendarai motor dengan aman dan nyaman tentu menjadi dambaan bagi setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor.

Bukan tanpa alasan, sebagai alat transportasi yang penuh akan fleksibilitas, sudah barang tentu motor menjadi pilihan banyak orang.

Tak sampai di situ saja, tidak bisa dipungkiri pula bahwa dalam hal ini, sepeda motor memang dinilai jauh lebih cepat mengatasi kemacetan. Bahkan, sepeda motor juga memiliki harga lebih murah daripada transportasi lainnya seperti mobil.

Tips Berkendara Motor Agar Hemat Bbm

Ini yang tentu menjadi kelebihan tersendiri dari sepeda motor dibandingkan alat transportasi pribadi lainnya. Namun, selain soal kenyamanan dan keselamatan, tentu Anda juga harus mempertimbangkan efisiensi konsumsi bahan bakarnya.

Karena, tak sedikit yang mengeluh bahwa terkadang motor sering boros bensin. Sehingga, kondisi seperti ini dinilai menjadi salah satu masalah bagi sebagian besar orang.

Terkait soal itu, sebenarnya ada banyak langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar sepeda motor.

Nah, untuk mengetahui apa saja itu, berikut Mas Sena akan berbagi tips berkendara motor agar hemat BBM. Apa saja itu? Simak ulasannya pada uraian di bawah ini!

Tips Berkendara Motor agar Hemat Bahan Bakar

Sebagaimana diketahui bahwa selain soal keamanan dan kenyamanan, tentu saja dalam berkendara motor, Anda harus memperhatikan langkah mengemudi yang tepat supaya motor tidak boros bensin.

Cara Hemat Bbm Motor

Pastikan Gunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Perlu untuk Anda ketahui, jika Anda sering merasa bahwa motor boros bensin, bisa jadi itu indikasi bahwa penggunaan bahan bakar yang kurang tepat.

Maksudnya, BBM yang digunakan memiliki kandungan oktan yang standar atau rendah sehingga membuat pembakaran pun menjadi kurang sempurna yang berakibat pada borosnya konsumsi BBM.

Dengan menggunakan BBM yang memiliki kadar oktan tinggi maka akan jauh lebih bisa menghemat BBM mengingat bahan baakr akan terbakar di ruang mesin secara sempurna.

Bahkan, penggunaan bahan bakar dengan kandungan oktan tinggi, biasanya akan membuat mesin lebih awet.

Pasalnya, mesin bakal jauh lebih bersih tanpa ada kerak yang menempel di dinding mesin. Apalagi, suhu BBM oktan tinggi juga cukup stabil sehingga akan lebih bisa menjaga kestabilan suhu juga saat motor dihidupkan.

Jangan Bermain Tuas Gas

Di sisi lain, untuk mencegah konsumsi bahan bakar yang lebih banyak maka sebaiknya Anda hindari bermain gas pada motor.

Sebab, saat Anda menarik tuas gas pada motor secara mendadak maka akan berakibat sedotan bahan bakar jauh lebih banyak.

Hal ini tentu saja akan membuat bahan bakar cepat habis terbakar karena tuas gas yang dimainkan.

Maka dari itu, alangkah lebih baik jika Anda untuk tidak sering atau bahkan tak perlu memainkan tuas gas guna mencegah boros bensin.

Kendarai Motor dengan Kecepatan Stabil

Di samping itu, hal yang perlu untuk Anda lakukan dalam menjaga agar motor tidak boros adalah dengan menjaga kondisi kecepatan motor dalam posisi yang stabil.

Maksudnya, bila Anda ingin berkendara di kecepata4n 40 Km/jam maka usahakan untuk pada batas level kecepatan tersebut.

Kenapa demikian? Tentu saja karena proses pengendaraan motor dengan langkah seperti ini akan lebih menghemat BBM yang keluar.

Mengingat, konsumsi bahan bakar yang digunakan akan lebih stabil dan tidak banyak yang keluar sia-sia saat terjadi pada sistem atau ruang pembakaran.

Maka dari itu, sangat disarankan sekali untuk mengupayakan mempertahankan kecepatan di batas 40 Km/jam atau 50 km/jam sebagai batas kecepatan tertinggi Anda dalam berkendara motor.

Berkendara Motor Yang Hemat Bahan Bakar

Tambah Kecepatan secara Bertahap

Kemudian, dalam soal lain, tips berkendara motor yang tepat agar hemat bbm adalah dengan mencoba untuk menambah kecepatan secara bertahap.

Dimana, Anda disarankan untuk tidak menarik tugas gas secara mendadak dan langsung berakselerasi.

Melainkan, Anda sebaiknya mencoba untuk menstabilkan kecepatan secara bertingkat. Artinya, ada tahapan perlahan dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi.

Langkah ini dimaksudkan supaya mesin motor bisa jauh lebih efisien dan tidak mudah memboroskan bensin karena habis terbakar di ruang pembakaran seiring dengan bertambahnya gas motor.

Dengan begitu, sangat disarankan bagi Anda untuk selalu menjaga kestabilan penambahan kecepatan dalam kondisi yang ideal. Dengan kata lain tidak menambah kecepatan secara mendadak.

Rutin Cek Filter Udara dan Bersihkan Berkala

Siapa sangka, ternyata kondisi filter udara yang kotor dan penuh debu bisa memicu terjadinya kondisi motor boros bensin.

Bukan tanpa alasan yang pasti mengingat sistem pembakaran, tentu saja membutuhkan udara yang didapat dari luar yang melewati filter udara.

Semakin udara yang didapat besar maka akan membuat pembakaran semakin lebih sempurna.

Namun, bilamana filter udara ini penuh debu dan sangat banyak kotoran yang menempel, tentu akan menghambar sirkulasi keluar masuk udara dalam ruang mesin motor.

Hal ini sangat berpengaruh pada sistem pembakaran yang nantinya akan terpancing mengkonsumsi bahan bakar secara terus menerus sampai benar-benar motor hidup dengan kondisi minim udara karena kotornya filter.

Oleh sebab itu, Anda harus selalu rutin cek dan memperhatikan kondisi filter udara supaya nantinya sirkulasi udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran menjadi jauh lebih lancar.

Dengan demikian maka konsumsi bahan bakar pada kendaraan bermotor pun bisa ditekan jauh lebih banyak agar efisien.

Pastikan Motor Tidak Membawa Beban Berlebih

Tips lain untuk mencegah agar motor tidak boros BBM adalah dengan memperhatikan bobot atau beban motor yang dibawa.

Mengingat, semakin beban yang dibawa berat maka secara otomatis akan membuat tenaga yang diperlukan pun semakin besar.

Seiring dengan tenaga yang besar, sudah barang tentu akan membutuhkan suplai bahan bakar yang cukup banyak pula.

Maka dari itu, untuk mengupayakan agar tidak terjadi konsumsi bahan bakar yang boros, sebaiknya Anda perlu mencermati atau memperhatikan barang bawaan Anda.

Dimana dalam soal ini, pastikan bahwa barang bawaan atau beban yang dibawa tidak melebihi batas bobot yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Dengan demikian, meski terlihat sepele namun tips seperti ini tidak bisa dipandang sebelah mata mengingat memiliki dampak pada konsumsi BBM pada motor juga.

Hemat Bbm Motor

Setelah mengenali atau memahami beberapa langkah atau tips berkendara motor di atas, tentu saja teman-teman semua sudah paham apa yang perlu dilakukan untuk mencegah atau mengurangi konsumsi bahan bakar.

Hanya saja, satu yang tak bisa ditinggalkan adalah servis rutin dan ganti oli secara berkala. Karena, dua hal ini adalah hal wajib yang selain membuat pembakaran lebih sempurna, tentu juga akan berpengaruh pada sistem konsumsi bahan bakarnya.

Oke sampai di sini, Mas Sena tentu banyak berharap kepada teman-teman semua agar tips berkendara motor supaya hemat bahan bakar di atas bisa dipraktekkan secara mandiri di rumah sehingga motor Anda pun menjadi jauh lebih efisien dan tentunya hemat bahan bakar.

Bagan