Tips Hemat Bahan Bakar Mobil Matic

Tips dan cara efektif agar mobil matic irit bensin

Tips Hemat Bahan Bakar Mobil Matic – Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil matic menjadi salah satu kendaraan roda empat yang kini mulai banyak digemari masyarakat.

Kepraktisan dan efektivitas adalah dua hal kunci yang membuat mobil matic selalu menjadi tipe yang diinginkan oleh calon konsumen.

Meski demikian, ada konsekwensinya yang salah satunya soal konsumsi bahan bakar mobil matic. Mengingat, mobil matic akan lebih banyak menyerap bahan bakar sehingga membuatnya lebih boros daripada mobil manual.

Bukan tanpa asalan karena kinerja pada sistem transmisi otomatis pada mobil matic tersebut akan mulai beroperasi ketika rpm berada pada titik atau posisi lebih tinggi dari transmisi manual.

Tips Hemat Bahan Bakar Mobil Matic

Dengan demikian maka selanjutnya akan membuat mobil matic bergerak dan melaju dengan membakar bahan bakar lebih banyak dari pada transmisi yang diusung oleh mobil manual.

Oleh karena itu, tak ayal bila konsumsi bahan bakar mobil matic menjadi lebih banyak. Namun demikian, tetap ada tips hemat bahan bakar mobil matic yang bisa Anda lakukan.

Kira-kira bagaimana ya cara untuk menghemat bahan bakar pada mobil matic itu? Mau tahu uraiannya?

Nah, di sini Mas Sena sendiri akan berbagi tips hemat bahan bakar mobil matic yang sangat efisien untuk menekan konsumsi BBM sehingga tidak mudah boros.

Tips Hemat Bahan Bakar Mobil Matic

Ada beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan sebagai tips hemat bahan bakar mobil matic yang bisa Anda lakukan. Antara lain adalah sebagaimana yang akan Mas Sena ulas di bawah ini.

Cara Mengendarai Mobil Matic Irit

Injak Pedal Gas secara Konsisten dan Perlahan

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu hal yang membuat bahan bakar pada mobil matic boros adalah karena frekuensi gas.

Dimana, tips hemat bahan bakar mobil matic yang perlu Anda lakukan adalah dengan menginjak pedal gas secara konsisten.

Artinya, Anda dituntut untuk mencoba bersabar saat menginjakkan pedal gas. Dengan cara perlahan, mulai dari tahap pertama mengikuti alunan mesin secara bertahap.

Selain itu, disarankan untuk bersabar dan jangan terburu bernafsu ingin menginjak pedal gas dalam-dalam untuk meraih akselerasi yang cepat.

Jadi, kesimpulan terbaik dari langkah ini adalah dengan menginjak pedal secara konsisten dan biarkan kecepatan semakin bertambah secara bertahap dan perlahan.

Hindari atau Kurangi Membawa Beban Berat

Selain itu, tips hemat bahan bakar mobil matic yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari sebisa mungkin untuk membawa beban berat pada mobil Anda.

Jikalaupun terpaksa, usahakan untuk menstabilkan kecepatan agar tidak banyak mengkonsumsi bahan bakar. Mengingat, saat membawa beban berat, tentu kinerja mesin akan terpompa jauh lebih berat yang sudah barang tentu bakal membutuhkan suplai bahan bakar lebih banyak.

Langkah ini termasuk salah satu cara terbaik dalam menghemat bahan bakar pada mobil matic Anda. Sehingga, bahan bakar pun menjadi lebih irit dan tidak mudah boros.

Di sisi lain, perlu untuk Anda ketahui juga, disarankan untuk menghindari juga menyematkan beberapa aksesori mobil yang tidak berpengaruh terhadap performa mobil. Bukan tanpa alasan mengingat aksesori justru menambah berat mobil yang berpengaruh pada performa mesinnya pula.

So, cermatlah dalam berkendara mobil saat membawa beban yang cenderung berat. Supaya, bahan bakar pada mobil tidak cepat habis dan lebih efisien.

Stabilkan RPM Kecepatan saat Berkendara

Kemudian, tips hemat bahan bakar mobil selanjutnya adalah dengan mengusahakan untuk menstabilkan rpm kecepatan mobil Anda saat berkendara.

Salah satu langkah mudah untuk memastikan bahwa injakan pedal gas Anda dalam posisi yang stabil, bisa dengan memerhatikan jarum atau petunjuk rotasi per menit (RPM) yang terpampang di speedomter mobil.

Dimana, RPM pada speedometer tersebut menunjukkan seberapa berat mesin bekerja. Dengan kata lain bahwa semakin tinggi titik RPM yang dicapai maka sudah barang tentu kondisi putaran mesin semakin kencang dan bahan bakar terkonsumsi lebih banyak

Usahakan untuk mempertahankan RPM pada mobil matic Anda di titik antara 2.000 – 2.500 rpm ketika dikendarai secara santai.

Atau, paling tidak jagalah rpm saat berkendara tidak lebih dari 3.000 rpm. Sehingga, meski ngebut kencang, konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dan efektif.

Cara ini terbilang cukup mudah dan efektif sekaligus bisa melatih kesabaran Anda dalam berkendara mobil matic supaya konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih hemat.

Mobil Matic Irit Bbm

Posisikan Persenaling pada Titik Netral saat Berhenti Lama

Di samping itu, langkah lain dari tips hemat bahan bakar mobil matic adalah dengan menetralkan gigi ketika ada kesempatan berhenti lama. Seperti saat di perempatan lampu lalu lintas.

Perlu untuk diketahui juga bahwa mobil matic ini memiliki sistem unik dimana bisa berjalan sendiri tanpa perlu menginjak pedal gas. Hal ini tentu secara tidak langsung akan membutuhkan suplai konsumsi bahan bakar.

Untuk mencegahnya maka Anda bisa memposisikan persneling ke posisi netral supaya mobil tidak melaju saat berhenti.

Dari hal tersebut, sudah barang tentu Anda akan jauh menghemat konsumsi bahan bakar pada sistem permesinan mobil matic itu sendiri mengingat saat berada di posisi netral, sudah jelas tidak akan ada dorongan dari mesin untuk membuat mobil melaju dengan sendirinya.

Stabilkan Kecepatan Mobil saat Berkendara

Jika Anda sedang berkendara santai atau tidak diburu waktu, usahakan untuk selalu menstabilkan kecepatan mobil matic saat dikendarai. Hal ini adalah salah satu tips hemat bahan bakar mobil matic.

Langkah menstabilkan kecepatan mobil di sini dimaksudkan agar Anda tidak sering melakukan pengereman sesaat setelah menginjak gas. Langkah ini perlu untuk Anda lakukan agar lebih bisa menghemat bahan bakar.

Akan lebih efektif lagi, gunakan pedal gas pada mobil matic hanya diperlukan sebagai tambahan tenaga untuk mendorong mobil supaya mampu berjalan lebih kencang.

Langkah ini sangat perlu untuk dilakukan sebagai salah satu upaya terbaik dalam menekan konsumsi bahan bakar daripada mobil matic Anda.

Gunakan Bahan Bakar yang Memiliki Kadar Oktan Tinggi

Nah, dalam soal tips hemat bahan bakar mobil matic ini, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan atau memilih bahan bakar yang memiliki kadar oktan tinggi.

Karena, kadar oktan tinggi memiliki tingkat pembakaran yang lebih sempurna dan tidak mudah habis saat dikonsumsi oleh mesin ketika bekerja.

Dalam soal ini, Anda bisa menggunakan bahan baakr Pertamax atau Pertamax Plus sebagai tipe bahan bakar yang digunakan pada mobil matic Anda.

Bahan Bakar Yang Bagus Untuk Mobil Matic

Jika melirik beberapa tips hemat bahan bakar mobil matic di atas, agaknya memang cukup mudah dan simple dilakukan.

Meskipun tidak semua bisa diterapkan oleh para pengendara karena tergantung keadaan atau kondisional.

Yang jelas bahwa tips di atas setidaknya bisa membantu kawan-kawan dalam menghemat bahan bakar pada mobil matic milik Anda.

Nah, demikian tadi penjelasan mengenai tips hemat bahan bakar mobil matic yang bisa Anda terapkan secara mandiri pada mobil matic pribadi Anda. Selamat mencoba dan sampai berjumpa kembali di lain kesempatan.

Bagan