Tips Jual Mobil Bekas agar Cepat Laku

Informasi mengenai tips jitu untuk menjual mobil bekas dengan harga tinggi dan cepat laku

Tips Jual Mobil Bekas – Bursa jual beli mobil bekas di Indonesia, tampaknya memang menjadi salah satu pangsa pasar yang cukup menjanjikan. Karena, banyaknya peminat mobil bekas di Indonesia.

Maka dari itu, kondisi seperti itu tentunya akan membuat pasar mobil bekas menjadi sangat ketat dan kompetitif. Sehingga, sangat diperlukan tips jual mobil bekas yang jitu untuk membuat agar mobil menjadi cepat laku.

Perlunya cara jitu untuk menjual mobil bekas tersebut tentu saja tidaknya hanya sekedar menjual saja. Namun, harus mengenal dan memahami trik bagaimana cara penjualan yang tepat agar bisa menarik konsumen.

Tips Jual Mobil Bekas

Tak hanya itu, tips jual mobil bekas juga bisa menjadi langkah tepat bagi Anda yang tengah menjual mobil Anda, baik secara online maupun offline. So, tak perlu pergi ke showroom yang dibeli dengan harga rendah. Anda bisa menjualnya secara mandiri dengan harga yang sesuai ekspektasi dan realistis.

Nah, mengenai soal itu, berikut akan Mas Sena ungkap beberapa langkah jitu dalam tips jual mobil bekas Anda dengan cara tepat dan mudah supaya cepat laku.

Tips Jual Mobil Bekas

Ada beberapa trik dan tips jual mobil bekas yang bisa Anda praktekan secara mandiri. Untuk lebih jelasnya, berikut tipsnya.

Jual Mobil Bekas

Survey Harga Pasar Dulu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam tips jual mobil bekas adalah dengan menyelidiki harga pasaran mobil yang akan Anda jual. Langkah ini sebagai referensi untuk menentukan harga jual mobil Anda agar sesuai dan realistis dengan kisaran harga di pasaran.

Informasi mengenai harga pasaran dari mobil bekas yang akan Anda jual sangat penting mengingat Anda nantinya bisa mematok harga terbaik, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

So, cari harga pasaran dari mobil bekas Anda, sesuaikan harga dengan kondisi mobil yang bakal Anda jual.

Siapkan Kondisi Mobil Sebaik Mungkin

Sebelum menjual atau memasarkan mobil bekas Anda, ada baiknya untuk menyiapkan mobil sebaik mungkin. Salah satunya dengan menjaga kebersihan, baik dari segi eksterior maupun kabin interiornya.

Bukan tanpa alasan mengingat kebersihan atas mobil bekas yang akan Anda jual tersebut pastinya bakal mendongkrak nilai lebih bagi calon konsumen. Setidaknya, memiliki tampilan yang layak jual. Ini tentu menjadi bagian dari tips jual mobil bekas.

Tentu saja, Anda bisa membersihkan bagian eksterior dan ruang kabin. Rapikan pula beberapa bagian yang dirasa merusak pandangan sehingga mobil bekas yang akan dijual memiliki kesan terawat.

Cuci dan Rawat Detailing Mobil

Sementara itu, tips jual mobil bekas sebelum Anda memasarkannya adalah dengan rajin mencuci mobil.

Kebersihan mobil tentu saja akan memberikan asumsi kepada calon konsumen bahwa kondisi mobil terawat dengan baik. Ini tentu jadi trik jitu dari segi psikologi calon konsumen terhadap daya tarik dari kesan bersih yang ditampilkan mobil Anda.

Di sisi lain, selain sekedar mencuci mobil, Anda juga bisa mencuci wax, coating, dan mengganti kaca film yang lebih bagus dan baru agar mobil tampil lebih bersih dan tentunya menarik di mata calon pembeli.

Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Lalu, tips jual mobil bekas agar laku, sebelumnya Anda harus menjaga dengan rutin membersihkan bagian ruang mesin.

Pasalnya, kebersihan di bagian ruang mesin juga menjadi salah satu trik cukup jitu untuk memberikan kesan kepada calon pembeli bahwa tak hanya sektor eksteriornya saja melainkan juga pada bagian ruang mesin pun turut terawat pula.

Untuk membersihkan bagian ruang mesin, Anda bisa melakukannya secara mandiri di rumah dengan mudah. Karena, Anda hanya perlu alat-alat seperti sabun, ember, busa, dan sikat kecil, dan lap bersih kering.

Bersihkan seluruh area yang terjangkau dengan menggunakan busa dan air sabun secara erlahan pada setiap bagian yang dirasa kotor/terkena oli. Untuk sabun, usahakan menggunakan sabun cuci piring yang mengandung jeruk nipis agar bisa mudah menghilangkan kandungan minyak, misalnya dari oli yang merembes.

Cara ini tentu saja menjadi salah satu hal yang sepatutnya Anda lakukan secara rutin. Paling tidak seminggu sekali atau sebelum Anda jual ke pembeli.

Cara Menjual Mobil Bekas

Foto Mobil dengan Sudut Pandang yang Tepat

Siapa sangka, ternyata foto mobil yang diambil dengan cara tepat, tentu sanggup memicu konsumen tertarik untuk membelinya.

Tak perlu menggunakan kamera mewah, Anda hanya cukup menggunakan kamera smartphone dengan sudut pandang yang pas dan kondisi cahaya yang sedang.

Ambil foto secara sejajar dari setiap sisi, dari depan, samping, dan belakang.

Jika perlu, edit foto dengan menggunakan aplikasi namun tanpa mengubah tampilan aslinya. Hanya sekedar memberikan kesan yang lebih clean supaya daya tariknya bertambah kuat.

Cara ini tentu jadi tips jual mobil bekas ketika akan menjualnya di situs online atau media sosial.

Mulai Jual di Internet

Pasar di dunia maya adalah segmen pasar yang sangat efektif, apalagi di era modern seperti sekarang ini.

Anda bisa mulai meng-upload foto mobil bekas yang akan Anda jual ke beberapa platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Selain itu, Anda juga bisa turut menjualnya ke situs e-commerce yang menawarkan slot untuk menjual kendaraan.

Tulis keterangan berupa kelebihan dan beberapa kekurangannya sebagai bahan pertimbangan konsumen. Informasi lengkap yang Anda tulis dalam keterangan saat menjualnya ke internet, tentu akan menambah referensi bagi konsumen.

Cara ini dinilai sangat jitu untuk menarik konsumen sehingga masuk sebagai salah satu tips jual mobil bekas yang bisa Anda terapkan agar cepat laku di pasaran.

Minta Tolong Teman/Rekan

Selain itu, tips jual mobil bekas yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminta bantuan kawan Anda untuk memasarkan atau menawarkannya.

Cara ini tentu cukup efektif, apalagi teman Anda paham tentang jual beli mobil yang memiliki akses jaringan luas. Sehingga, akan memicu mudahnya Anda mendapat konsumen yang sesuai dengan target pasar.

Hanya saja, jikalau kurang memungkinkan, Anda cukup menjualnya secara online di situs marketplace yang memiliki rating tinggi dengan jumlah visitor tinggi pula agar peluang mobil bekas Anda terjual menjadi lebih besar.

Jual Mobil Bekas Online

Dari sekian banyak tips jual mobil bekas di atas, salah satu langkah yang tidak bisa Anda tinggalkan adalah soal pemasaran melalui online. Dimana, dalam hal ini, Anda harus bisa menjualnya ke beberapa platform, tidak hanya satu platform saja.

Langkah ini ditujukan untuk memperluas atau memperbesar potensi mobil bekas Anda cepat laku.

Apalagi, jika perlu, Anda bisa membayar beberapa platform e-commerce yang menawarkan fitur penjualan premium yang mana akan mengantarkan mobil Anda ke beberapa visitor web. Dengan demikian, potensi iklan mobil bekas Anda memicu banyaknya konsumen yang melihat atau tertarik pada mobil Anda.

Demikian beberapa langkah sederhana mengenai tips jual mobil bekas yang bisa Anda lakukan sendiri. Semoga bisa menjadi tips otomotif yang bermanfaat. Sampai jumpa.

Bagan