Tips Jual Motor Bekas yang Efektif agar Cepat Laku

Berbagai macam langkah terbaik dalam menjual motor supaya cepat laku dibeli konsumen.

Tips Jual Motor Bekas – Bagi sebagian orang, membeli motor bekas merupakan salah satu cara terbaik yang mungkin dinilai menguntungkan, khususnya dari sisi harganya yang sudah barang tentu jauh lebih murah ketimbang yang baru.

Di sisi lain, banyaknya dealer yang menjual motor bekas pun juga menjadi salah satu tanda jika minta konsumen terhadap motor bekas terbilang tinggi.

So, kondisi seperti ini sebenarnya menjadi sebuah kesempatan atau peluang bagi beberapa orang yang tengah berniat untuk menjual motornya. Hanya saja, tak sedikit yang mengalami kendala dari sisi penjualan.

Tips Jual Motor Bekas

Maka oleh sebab itu, diperlukan tips jual motor yang sudah barang tentu bisa dijadikan patokan bagi Anda semua agar cepat laku dan tentunya sesuai dengan target pembeli yang kita inginkan.

Jadi, sangat perlu sekali memahami tips jual motor yang benar dan tepat agar lebih aman dan tentunya cepat laku tanpa perlu harus menjualnya terlebih dahulu ke dealer.

Nah, untuk mengenal lebih jauh apa saja tips jual motor bekas yang benar, mari kita simak bersama ulasan lengkapnya.

Tips Jual Motor Bekas

Berikut di bawah ini merupakan langkah-langkah tepat dalam penerapan tips jual motor yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Antara lain adalah sebagai berikut.

Tips Jual Beli Motor Bekas

Timing Tepat

Tips jual motor bekas terbaik yang pertama adalah saat timing atau waktu yang benar-benar tepat. Maksudnya adalah waktunya sesuai dengan gerak fluktuasi harga dari motor tersebut.

Dimana, Anda bisa menjual motor yang ingin Anda jual tersebut saat harga jualnya tidak terlalu berbeda dengan harga yang baru atau pas lagi tinggi-tingginya harga.

Akan tetapi, jika Anda sedang dalam kondisi darurat dan sesegera mungkin untuk menjual motor maka jual motor di saat harganya jatuh. Meski rugi namun dipastikan motor Anda akan cepat laku.

Hanya saja, sekali lagi bahwa langkah ini adalah cara jika kondisinya mulai darurat.

Berkas Lengkap

Salah satu tips jual motor bekas supaya cepat laku adalah melengkapi berkas atau surat-surat yang diperlukan.

Maka dari itu, jangan anggap remeh soal kelengkapan berkas yang dimiliki kendaraan bermotor yang akan dijual.

Pastikan kembali bahwa berkas motor yang Anda bawa, seperti STNK, BPKB bahkan kartu servis rutin juga masih ada agar pembeli yakin bahwa motor anda bukanlah motor bodong dan benar-benar motor terawat.

Ketahui Rentang Harganya

Dalam menjual motor supaya bisa cepat laku dan dilirik, Anda perlu mengethaui rentang atau pasaran harga dari motor yang hendak dijual.

Namun, penentuan nominal harga juga harus melihat kondisi dari motor tersebut. Umumnya, orang yang sudah berniat membeli akan menawar ke harga yang lebih rendah.

Maka dari itu, sedikit pasang harga tinggi agar nanti sampai pada titik nominal yang disepakati bersama antara Anda selaku penjual dengan pembeli yang menawar harga diturunkan.

Misal harga rata-rata motor 10 juta sampai 12 juta. Maka, pasang di harga 11.5 juta, jika nantinya ada pembeli yang menawar, kemungkinan besar penawaran yang diajukan pembeli akan berada di kisaran 10 jutaan. Jadi, Anda tidak akan rugi dan menjual motor sesuai dengan harga pasar.

Ini merupakan tips jual motor bekas yang jitu sehingga Anda tidak perlu susah payah

Jual Langsung tanpa Perantara

Jika Anda ingin motor cepat laku, sebaiknya menjualnya secara mandiri. Artinya, Anda tidak memerlukan jasa makelar untuk menjual motor.

Cara ini merupakan tips jual motor bekas yang lebih aman dan bisa cepat laku. Mengingat, Anda tidak perlu menyisihkan bujet sendiri untuk komisi makelar yang sudah mencarikan pembeli.

Walaupun dalam proses jual motor nantinya menjadi lebih cepat kalau menggunakan makelar namun keuntungan yang disisihkan untuk si makelar pun jumlahnya lumayan. Ada konsekwensinya sendiri.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin mendapat nominal harga yang pas dan sesuai ekspektasi maka sebaiknya jual motor sendiri. Contohnya melalui marketpace online yang menyediakan slot untuk menjual barang bekas, termasuk motor.

Perbaiki Kondisi Motor ke Standar Pabrik

Selain itu, tips jual motor bekas terbaik yang bisa dilakukan adalah menjual motor bekas Anda dalam kondisi yang masih standar dari pabrik.

Jika motor Anda sudah dimodifikasi maka sebaiknya kembalikan ke kondisi seperti dari pabrik. Pasalnya, konsumen jauh lebih tertarik membeli motor yang masih dalam kondisi standar dibandingkan yang sudah mendapat sentuhan modifikasi.

Hal ini perlu dilakukan supaya motor Anda cepat laku di pasaran meski ada konsekwensi biaya yang harus ditanggung saat dikembalikan ke kondisi standar. Itu menjadi resiko atau konsekwensi yang harus diterima saat akan menjualnya lagi.

Cara Jual Beli Motor Bekas Yang Aman

Tawarkan ke Media Sosial

Media sosial saat ini menjadi ruang publik yang sangat populer. Tak bisa dipungkiri, beberapa penjualan barang pun semua ada di media sosial, seperti Facebook, Twitter atau pun Instagram.

Gunakan media sosial tersebut untuk memasarkan motor yang hendak Anda jual. Cara ini dinilai paling efektif untuk memancing para calon konsumen yang tengah mencari motor bekas.

Satu yang harus Anda lakukan adalah mengambil gambar terbaik ketika diposting ke media sosial. Gambar dari motor yang henda dijual, jika tampak menarik maka secara tak langsung akan menarik para pembeli pula.

Selalu Rawat secara Rutin

Meski akan dijual, ada baiknya Anda selalu menjaga penampilan motor tersebut. Karena, penampilan motor yang bersih dan rapi akan memiliki daya tarik di mata konsumen.

Selain itu, perlu juga melakukan perawatan mesin motor agar kondisi motor tetap dalam kondisi prima ketika dicoba oleh calon konsumen yang sedang mencari motor bekas.

Maka dari itu, selalu menjaga dan melakukan perawatan rutin pada motor bisa menjadi salah satu tips jual motor bekas yang perlu untuk Anda lakukan supaya calon konsumen tertarik untuk membelinya.

Perbaiki Bagian Motor yang Mulai Rusak

Kondisi motor bekas umumnya tidak sebagus motor baru. Hal itu yang memicu terjadinya penyusutan harga jual motor di pasar motor bekas.

Meski ada penyusutan, setidaknya Anda bisa mempertahankan harga tertinggi dari harga pasaran. Misal harga tertinggi 15 jutaan maka sebisa mungkin harga motor Anda tidak kurang dari 14.5 juta.

Untuk mencapai nilai jual tinggi, Anda bisa memperbaiki kondisi motor. Seperti mengganti beberapa komponen yang sudah mulai rusak, contohnya spakbor, speedometer, velg, knalpot, ban, dan beberapa komponen lain.

Cara ini terbilang cukup efektif sebagai salah satu langkah dari tips jual motor bekas di pasaran.

Cara Menual Motor Bekas Agar Laku

Melihat beberapa cara jitu dalam menerapkan tips jual motor yang benar agar bisa laku cepat seperti yang Mas Sena sarankan di atas, tentu saja bisa menjadi salah satu hal yang patut untuk Anda coba.

Karena, beberapa tips tersebut merupakan cara menjual motor bekas yang dinilai cukup efektif dan aman agar bisa mencapai target pasar yang sesuai. So, jangan ragu untuk mencobanya satu per satu.

Demikian ulasan mengenai tips jual motor bekas yang telah Mas Sena ungkap di atas. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kawan.

Bagan